Olahraga Triathlon Bukan Hanya untuk Atlet, Ini Strategi Berlatihnya


Olahraga triathlon adalah rangkaian tiga olahraga sekaligus yang bisa diikuti atlet, kombinasi berenang, bersepeda, dan berlari. Bukan hanya atlet, sekarang siapapun bisa mengikutinya.

0,0
16 Aug 2021|Azelia Trifiana
TriathlonTriathlon
Olahraga triathlon adalah rangkaian tiga olahraga sekaligus yang bisa diikuti atlet, kombinasi berenang, bersepeda, dan berlari.Kata “triathlon” berasal dari bahasa Yunani yaitu “treis” yang berarti tiga dan “athlos” yang berarti kompetisi.Awal mula olahraga triathlon ini digelar di Prancis pada tahun 1920-an. Kemudian menginjak tahun 1970-an, aturan spesifik mulai diberlakukan. Namun, popularitas triathlon tak membatasi penikmatnya hanya dari kalangan atlet saja. Siapa saja kini bisa melakukan latihan triathlon untuk tubuh yang kian bugar.

Jenis olahraga triathlon

lari maraton
Lari maraton
Sebenarnya siapa saja tentu bisa menuntaskan triathlon selama ada motivasi dan komitmen. Sebab, ini bukalah olahraga ekstrem dan targetnya pun bisa dicapai berdasarkan kelasnya masing-masing.Jadi, orang yang baru mulai mencoba triathlon tentu tantangannya berbeda dengan mereka yang sudah berkompetisi bertahun-tahun. Berikut klasifikasinya:
  • Enticer/Novice: Renang <750 meter, sepeda <20 km, lari <5 km
  • Sprint: Renang 750 meter, sepeda 20 km, lari 5 km
  • Olympic/Classic: Renang 1.500 meter, sepeda 40 km, lari 10 km
  • Half Iron Distance: Renang 2.500-3.800 meter, sepeda 180 km, lari 42 km
  • Iron Distance: Renang 3.800 meter, sepeda 180 km, lari 42 km
Variasi lain dari triathlon adalah duathlon yang merupakan kombinasi lari dan bersepeda, serta aquathlon yaitu lari dan berenang.Berbeda dengan lomba renang, sepeda, atau lari saja, triathlon dilakukan secara beruturan. Pertama renang, kedua bersepeda, dan ketiga lari. Pemenangnya adalah yang bisa menuntaskan kompetisi paling cepat, termasuk waktu transisinya.Biasanya, olahraga triathlon dilakukan di area dekat perairan terbuka seperti sungai, danau, atau kolam buatan luar ruangan. Kemudian dilanjutkan dengan rute sepeda di jalan raya. Sementara untuk lari adalah di pantai, tanah, trail, bisa juga di pegunungan.Mengingat orang yang mengikuti kompetisi triathlon harus melakukan tiga jenis cabang olahraga dalam waktu singkat, pakaian yang mereka kenakan pun khusus. Pakaian ini cepat kering dan tidak mengganggu gerak sehingga tidak perlu berganti baju di tengah-tengah kompetisi.

Apa saja manfaatnya?

olahraga renang
Oahraga renang
Ada banyak sekali manfaat dari melakukan olahraga triathlon, di antaranya:
  • Cross-training

Ketika seseorang berlatih hanya satu cabang olahraga saja, bisa saja kekuatan menjadi kurang seimbang. Namun dengan latihan triathlon, Anda melakukan cross-training karena harus mempersiapkan diri untuk tiga cabang olahraga sekaligus. Hasilnya, tentu kekuatan tubuh lebih optimal.
  • Menjaga berat badan

Bagi yang sedang ingin menurunkan berat badan, latihan triathlon dapat membantu memenuhi rekomendasi aktivitas fisik setiap minggunya. Sebab, olahraga seperti berenang, bersepeda, dan berlari sama-sama punya benang merah membakar kalori.
  • Menyehatkan jantung

Rutin melakukan olahraga berintensitas sedang akan berdampak positif bagi kesehatan jantung. Tak hanya itu, kualitas hidup pun juga meningkat dengan sehatnya tubuh secara umum.
  • Meningkatkan kepercayaan diri

Tentu memuaskan rasanya ketika berhasil melewati garis finish dan merasa percaya diri atas pencapaian selama ini. Ingat, triathlon bukanlah olahraga ekstrem yang mustahil dilakukan. Jadi, selebrasi ringan setelah berhasil berkomitmen dan termotivasi menuntaskan triathlon tentu sah-sah saja.Beragam manfaat ini pula yang membuat triathlon menjadi semakin populer dalam beberapa tahun ke belakang. Dalam riset industri yang dimuat di Reuters, terdapat kenaikan minat melakukan olahraga triathlon hingga 60% dalam satu dekade terakhir sejak tahun 2013.

Kunci sukses latihan triathlon

Terlepas dari apakah Anda bermain triathlon untuk kompetisi atau sekadar latihan, berikut ini kunci suksesnya:
  • Konsistensi

Kekuatan fisik tentu tidak terjadi secara instan. Perlu ada latihan konsisten untuk ketiga cabang olahraga itu setidaknya selama 8-12 pekan sebelumnya. Program latihan pun tentu harus terstruktur sehingga kecepatan dan kelincahan semakin optimal. Demi mewujudkannya, tentu perlu konsistensi.
  • Istirahat

Di sisi lain, tetap saja latihan harus diselingi dengan pemulihan atau recovery. Alokasikan satu hari untuk beristirahat atau rest day. Dalam rentang waktu lebih panjang, turunkan volume latihan setiap 3-6 minggu sekali. Dengan demikian, tubuh bisa beradaptasi dengan baik.
  • Kesehatan mental

Motivasi yang mendasari seseorang untuk konsisten berlatih triathlon akan menjadi bahan bakar suksesnya olahraga ini. Artinya, ini berkaitan erat dengan motivasi. Selain konsistensi dan mengatur kapan harus beristirahat, harus disertai pula dengan semangat secara mental.

Catatan dari SehatQ

Selain mengatur rancangan latihan untuk menguasai olahraga triathlon, jangan lupa cari cara untuk memaksimalkan motivasi. Ekspektasi harus positif namun tetap realistis. Kemudian, kendalikan apa yang ada di ranah Anda seperti mengatur konsistensi dan waktu istirahat.Jika sudah berhasil, triathlon tentu akan memberikan manfaat tiga kali lipat lebih banyak ketimbang hanya menekuni satu cabang olahraga saja.Jangan lupa strategi penting lain seperti meletakkan perlengkapan di satu area kecil, kira-kira seluas handuk kecil. Tujuannya agar menghemat waktu sekaligus menjaga agar tidak memakai area atlet lain.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara mulai mencoba triathlon, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragapola hidup sehat
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/the-complete-beginners-guide-to-sprint-triathlon-training-4172578
Diakses pada 2 Agustus 2021
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/triathlons-popularity-participant-all-time-high_n_3670543?guccounter=1&guce_referrer=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZ2xlLmNvbS8&guce_referrer_sig=AQAAAMoNCNL3ZD083s46aRu5MRVUv5_Pu7tgDikFKMvNcswxhgShuRMULivqdoqiJkUoDAkAjiHas2MYfNOJPj-dPq0X7ydHNoipxNWxvPvm8b5komS83KhVPvzILnz-Zc4ysw8lRtdQmw8SaMygj23sk81VPQ6yzGMdi6NgIYTmsGCW
Diakses pada 2 Agustus 2021
Triathlon. https://www.triathlon.org.au/State_Associations/NSW/Getting_Started/What_is_Triathlon_.htm
Diakses pada 2 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait