Olahraga Setelah Makan, Amankah Bagi Kesehatan?


Olahraga setelah makan masih menjadi perdebatan hingga sekarang. Lantas, bagaimana sebenarnya dari sisi kesehatan? Apakah olahraga sesudah makan ini bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh?

0,0
24 Apr 2021
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pisang dan sereal bisa jadi pilihan jika Anda ingin olahraga setelah makanOlahraga setelah makan bisa dilakukan, asal Anda mengikuti panduannya
Bolehkah olahraga setelah makan? Mungkin sebagian orang kerap mempertanyakan hal tersebut. Sebagian lagi mungkin saja menganggap bahwa olahraga setelah makan dapat membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menurunkan berat badan.Namun, benarkah demikian? Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan? Temukan jawabannya di sini!

Olahraga setelah makan, apakah boleh?

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk olahraga. Energi tersebut berasal dari makanan maupun cadangan energi dari dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukan perbedaan respons tubuh ketika Anda melakukan olahraga sebelum dan sesudah makan.Ketika berolahraga dengan perut kosong atau sebelum makan, tubuh cenderung menggunakan cadangan lemak sebagai energi. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan pembakaran lemak tubuh sehingga cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Namun, respons ini dapat berbeda pada tiap individu.Sementara itu, ketika Anda memilih olahraga sesudah makan, nutrisi dari makanan yang baru saja dikonsumsi masih berada pada konsentrasi tinggi dalam darah. Hal ini dapat membantu pemulihan zat gizi segera, selama dan setelah berolahraga.Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga setelah makan!

1. Perhatikan jarak waktu makan dan olahraga

Beri jeda waktu makan dan olahraga
Setelah makan, tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Dalam hal ini, tidak dianjurkan melakukan olahraga segera setelah makan. Hal ini bertujuan untuk menghindari muntah, gangguan pencernaan, hingga kram perut yang mungkin terjadi.Jika ingin mengonsumsi makanan berat, beri jeda 3-4 jam setelah makan untuk dapat melakukan olahraga. Sementara itu, jika mengonsumsi kudapan ringan atau camilan, Anda dianjurkan untuk menunggu 30 menit-2 jam sebelum berolahraga.

2. Perhatikan jenis dan jumlah makanan Vs. olahraga

Selain memperhatikan jarak waktu makan dan olahraga, jenis dan jumlah makanan juga penting untuk menjaga performa ketika olahraga setelah makan. Dalam hal ini, kudapan ringan dan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lebih dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga.Mengapa demikian? Sebab, konsumsi kudapan ringan serta karbohidrat kompleks sebelum olahraga memungkinkan Anda untuk memiliki energi yang lebih banyak dan menjaga kadar gula dalam darah. Hal ini penting untuk menjaga fokus dan performa, serta mencegah cedera akibat terjatuh.Kate Patton, seorang ahli gizi olahraga dari Cleveland Clinic di Ohio, Amerika Serikat, merekomendasikan konsumsi makanan kombinasi karbohidrat dan protein sebelum berolahraga karena dapat mempertahankan energi dan membentuk otot. Selain itu, hindari makanan yang mengandung lemak dan serat tinggi karena dapat menyebabkan sakit dan kram perut.Jangan juga makan dalam jumlah besar sebelum berolahraga. Sebab, hal ini akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare dan kram perut. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dalam jumlah yang kecil sebelum berolahraga lebih dianjurkan.

3. Perhatikan waktu dan durasi olahraga

Sesuaikan makanan berdasarkan waktu olahraga
Jennifer McDaniel seorang ahli gizi olahraga dari Missouri, Amerika Serikat, juga memberikan anjuran terkait makan setelah olahraga yang disesuaikan dengan waktu dan durasi olahraga, seperti berikut ini. berikut ini.
  • Olahraga kurang dari 1 jam di pagi hari

    Sebagian orang mungkin tidak terlalu punya banyak waktu di pagi hari untuk menyiapkan makanan sebelum berolahraga. Hal ini tidak masalah jika olahraga yang akan Anda lakukan kurang dari 1 jam. Dalam hal ini, Anda cukup minum segelas air putih dan madu.

    Namun, jika ketika bangun tidur Anda merasa lapar hingga merasakan nyeri pada perut, tidak ada salahnya untuk membuat camilan ringan yang mudah dicerna sebelum berolahraga. Anda bisa mengonsumsi jus buah atau pisang 10-15 menit sebelum berolahraga.
  • Olahraga lebih dari 1 Jam di pagi hari

    Jika Anda akan melakukan olahraga lebih dari 1 jam di pagi hari, tidak ada salahnya untuk bangun lebih awal dan menyiapkan makanan sebelum berolahraga. Paling tidak Anda membutuhkan makanan dengan karbohidrat kompleks yang mudah dicerna.

    Anda bisa menyiapkan sereal beserta yogurt dan  granola atau kudapan ringan seperti muffin dengan irisan pisang. Konsumsi makanan tersebut 30 menit sebelum olahraga untuk mempertahankan energi saat latihan.
  • Olahraga di siang atau sore hari

    Tidak masalah melakukan olahraga di siang atau sore hari setelah Anda menyantap makanan berat, asalkan beri jeda 3-4 jam setelah makan.

    Selain itu, jangan lupa untuk menjaga hidrasi tubuh dengan minum yang cukup sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

Catatan dari SehatQ

Jadi, bolehkah olahraga setelah makan? Boleh, asalkan memperhatikan jarak waktu makan dan olahraga, jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi, serta waktu maupun durasi olahraga.Karena bersifat personal, respons tubuh terhadap anjuran dalam artikel ini mungkin berbeda pada tiap individu. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter atau personal trainer Anda, ya!Untuk mengetahui lebih banyak tentang olahraga setelah makan, Anda bisa bertanya langsung kepada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
olahragatips olahragahidup sehat
Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/eating-before-or-after-workout
Diakses pada 13 April 2021
Healthline.
https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/how-long-to-wait-after-eating-to-run
Diakses pada 13 April 2021
Everyday Health.
https://www.everydayhealth.com/fitness/what-eat-before-after-your-workout/#:~:text=If%20you've%20just%20eaten,to%20go%20fat%2Dfree)
Diakses pada 13 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait