Ingin Lakukan Olahraga Sepatu Roda? Ini Panduannya


Olahraga sepatu roda kini kembali naik daun. Bukan sekadar bersenang-senang sembari meluncur, main sepatu roda pun membawa berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

0,0
28 Apr 2021
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Olahraga sepatu roda baik untuk menjaga kesehatan jantungMelakukan olahraga sepatu roda membawa berbagai manfaat bagi kesehatan
Akhir-akhir ini mungkin Anda menyadari bahwa olahraga sepatu roda kembali menjadi tren di kalangan masyarakat. Permainan yang juga menjadi tren di tahun ‘80-‘90-an ini ternyata termasuk cabang olahraga, lho.Permainan sepatu roda sendiri berasal dari Belanda pada abad ke-17 yang kemudian dipatenkan oleh “Bapak Sepatu Roda” James Leonard Plimtons dari Amerika Serikat pada tahun 1863.Masyarakat Belanda inilah yang membawa permainan sepatu roda sampai ke Indonesia. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1981-1985 dibentuk kepengurusan Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi). Dari sinilah, olahraga sepatu roda mulai diikutsertakan dalam perlombaan nasional maupun internasional.

Olahraga sepatu roda dan manfaatnya

Olahraga sepatu roda termasuk aktivitas aerobik yang baik untuk segala usia. Olahraga ini melibatkan berbagai unsur di antaranya kemampuan teknik, taktik, dan mental. Tidak hanya seru dan menyenangkan, olahraga ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya?

1. Baik untuk kesehatan jantung

Karena termasuk aktivitas aerobik, olahraga sepatu roda dapat memberi manfaat bagi kesehatan jantung atau kardiovaskular. Permainan sepatu roda yang dilakukan dalam waktu 20-30 menit ini bisa memperkuat fisik dan menurunkan risiko penyakit jantung.Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa olahraga sepatu roda yang dilakukan dengan benar dapat memberikan manfaat aerobik lebih baik dibandingkan dengan berlari atau bersepeda.

2. Membakar kalori dan menciptakan tubuh ideal

Olahraga sepatu roda yang teratur dengan cara yang benar dapat membakar kalori dan membentuk bagian-bagian tubuh ideal. Dalam hal ini, olahraga sepatu roda dalam 30 menit dengan kecepatan tetap dapat membakar 285 kalori bahkan lebih. Dengan menggunakan teknik interval, Anda bahkan mampu membakar kalori sebesar 450 kalori dalam waktu 30 menit.Selain itu, gerakan zig-zag dalam permainan sepatu roda membantu melatih otot paha dalam dan bokong. Kombinasi gerakan maju, mundur, dan berbagai manuver saat meluncur juga membantu membangun otot punggung bawah dan perut, serta memperkuat otot lengan atas.Untuk mencapai hasil maksimal, usahakan untuk merencanakan rutinitas olahraga sepatu roda yang konsisten.

3. Memiliki risiko cedera lebih rendah

Olahraga sepatu roda juga memiliki risiko cedera lebih rendah, seperti benturan pada sendi, tendon, dan ligamen yang biasa ditimbulkan ketika berlari. Anda sebaiknya memilih permukaan yang halus, serta menghindari gerakan tiba-tiba, seperti memutar atau berhenti mendadak.

4. Melatih keseimbangan dan koordinasi

Olahraga sepatu roda mengasah keseimbangan tubuh
Karena melibatkan berbagai kerja otot secara bersamaan, olahraga sepatu roda juga baik untuk melatih saraf motorik Anda, sehingga keseimbangan dan koordinasi tubuh pun terasah.

5. Memperbaiki mood dan kesehatan mental

Bukan hanya manfaat bagi kesehatan tubuh, permainan sepatu roda juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Karena dilakukan seperti bermain, olahraga ini mampu memperbaiki mood dan suasana hati.Dengan intensitas yang rendah dan santai, permainan sepatu roda ini bisa meningkatkan kejernihan pikiran dan fokus, serta mengurangi risiko stres hingga depresi.Olahraga yang dilakukan di luar ruangan ini juga memungkinkan Anda refreshing dan menenangkan pikiran. Tidak ada salahnya memilih lokasi yang indah, serta komunitas yang nyaman saat main sepatu roda.

6. Membangun hubungan sosial

Jika termasuk orang yang mudah bosan dengan berolahraga sendiri di rumah atau di tempat kebugaran dengan kondisi statis, Anda bisa mencoba olahraga sepatu roda sebagai alternatif.Melakukan olahraga sepatu roda akan membuat Anda terus bergerak sehingga serasa bermain. Olahraga sepatu roda yang biasa dilakukan di luar rumah juga memungkinkan Anda bertemu dengan orang lain atau komunitas sepatu roda lainnya. Hal ini tentu akan menciptakan dan memperluas hubungan sosial.

Catatan dari SehatQ

Itulah berbagai manfaat olahraga sepatu roda yang penting untuk Anda ketahui. Sekarang, semakin semangat untuk main sepatu roda, bukan? Jangan lupa untuk tetap melakukan pemanasan dan pendinginan saat sebelum dan sesudah olahraga ya. Hal ini penting untuk menjaga fleksibilitas, mengurangi ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi, dan menghindari cedera olahraga.Jika ingin menanyakan tentang risiko cedera akibat main sepatu roda, silakan bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
olahragaberat badan idealtips olahragakaki
Live About.
https://www.liveabout.com/inline-skating-fitness-benefits-1963683
Diakses pada 19 April 2021
WebMD.
https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/find-the-best-workout-for-you#1
Diakses pada 19 April 2021
Universitas Pembangunan Indonesia.
http://repository.upi.edu/16623/4/S_IKOR_0909021_Chapter%201.pdf
Diakses pada 19 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait