Mengenal Olahraga Rounders, Olahraga Permainan yang Mirip Kasti


Menyerupai permainan kasti, olahraga rounders dimainkan secara beregu dengan lapangan berbentuk segi lima. Olahraga ini pernah dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 1969 di Surabaya.

(0)
14 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Olahraga rounders dimainkan dengan bola dan tongkat pemukulOlahraga rounders dimainkan secara beregu
Mayoritas orang Indonesia kenal dengan olahraga kasti, tapi kurang familiar dengan olahraga rounders. Padahal, kedua jenis olahraga ini sangat mirip, terutama dari segi penggunaan bola, teknik yang digunakan, serta lapangan untuk memainkan olahraga ini.Olahraga rounders adalah jenis permainan bola kecil dan dilakukan oleh 2 regu, yakni regu pemukul dan regu penjaga, dengan masing-masing regu berisi 6-15 orang pemain (di Indonesia biasanya 12 pemain). Kendati demikian, hanya maksimal 9 pemain yang diizinkan untuk berada di lapangan dalam satu kali permainan.Rounders dimainkan di lapangan berbentuk segi lima dengan panjang sisinya 15 meter dan tiap-tiap sudut diberi bidai (base) berbentuk bujur sangkar sebagai tempat hinggap. Durasi permainan ditentukan dengan inning atau waktu, yakni ketika masing-masing regu telah sama-sama satu kali menjadi tim pemukul atau tim penjaga.

Sejarah olahraga rounders

Menurut sejarah, rounders pertama kali diperkenalkan oleh George Hanchock pada tahun 1887 di Chicago, Amerika Serikat. Sementara itu di Indonesia, permainan rounders memang kurang populer, tapi banyak daerah di Tanah Air sudah memiliki klub rounders.Olahraga ini sendiri sudah mulai dipertandingkan secara nasional pada 1967 di Jakarta. Rounders juga merupakan salah satu cabang yang pernah dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) 1969 di Surabaya.

Perlengkapan yang digunakan dalam olahraga rounders

Olahraga rounders membutuhkan tongkat pemukul dan bola
Sebelum bermain olahraga rounders, Anda harus menyiapkan peralatan yang digunakan, terutama tongkat pemukul dan bola. Tongkat rounders mirip dengan tongkat kasti dengan panjang 50-80 cm dan diameter 7 cm, sedangkan bola resmi rounders berbentuk bulat kecil dan keras. Namun Anda juga bisa menggunakan bola kasti yang lebih lunak demi alasan keamanan.Sementara itu, kelengkapan lapangan yang harus disiapkan antara lain tempat hinggap (base) yang terbuat dari sabut kelapa, tiang bendera batas yang dipancangkan pada tiap base, hingga garis pembatas yang digambar menggunakan serbuk kapur.

Bagaimana cara bermain olahraga rounders?

Secara umum, cara bermain olahraga rounders dapat dibagi berdasarkan 2 tim, yakni tim pemukul dan bertahan. Untuk tim pemukul, berikut ini adalah cara bermainnya.
  • Tiap pemain berhak melakukan pukulan sebanyak 3 kali.
  • Setelah berhasil memukul, pemukul harus berlari menuju tiang hinggap berikutnya dengan membawa serta tongkat pemukulnya.
  • Jika pukulan ketiga tidak berhasil, pemukul harus berlari menuju base berikutnya.
  • Tiap pemukul akan mendapat nilai satu untuk atas setiap base yang dilewatinya.
  • Setiap pemukul yang dapat kembali ke ruang bebas tanpa pernah dimatikan oleh tim penjaga akan mendapat nilai 5.
  • Jika berhasil memukul bola dengan baik, kemudian melewati semua base kembali ke ruang bebas atas pukulannya sendiri, maka pemukul akan mendapat nilai 6. Peristiwa ini disebut homerun.
Dalam olahraga rounders, tim penjaga mempunyai dua cara mematikan lawan, yaitu:
  • Membakar base: dilakukan dengan cara menangkap bola dan menguasai base dengan menginjaknya sebelum pelari sampai ke base.
  • Melakukan tik: tindakan lanjut setelah membakar base kemudian menyentuhkan bola ke tubuh pelari sebelum menginjak base. Saat melakukan tik, bola tidak boleh terlepas dari tangan.
Sementara itu, tim pemukul dapat menjadi tim penjaga jika:
  • Tim pemukul telah mati 6 kali.
  • Tim penjaga berhasil menangkap bola yang dipukul oleh tim pemukul sebanyak 5 kali.
  • Alat pemukul terlepas dari tangan pemukul dan dianggap membahayakan pemain oleh wasit.
  • Tim yang menang adalah tim yang paling banyak mencetak angka salah satu ronde (inning).

Manfaat bermain olahraga rounders

Cobalah olahraga rounders untuk meredakan stres
Sama halnya dengan kasti, olahraga rounders paling cocok dimainkan oleh anak-anak di sekolah. Namun, orang dewasa juga bisa memainkan jenis olahraga permainan ini karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti:

1. Menghilangkan stres

Olahraga rounders memiliki aturan yang sederhana dan menyenangkan ketika dimainkan bersama rekan-rekan Anda. Stres pun akan berkurang dengan melakukan aktivitas ini.

2. Membuat bergerak aktif

Saat melakukan olahraga ini, Anda akan menggerakkan tangan (memukul dan menangkap bola), kaki (berlari), dan seluruh badan sehingga tubuh terasa lebih bugar.

3. Mengasah kemampuan menyusun strategi

Bukan hanya akurasi pukulan atau tangkapan bola, tim Anda juga harus menyusun strategi agar keluar sebagai pemenang.

4. Meningkatkan skill sosial

Bermain olahraga rounders bersama rekan-rekan dapat meningkatkan hubungan pertemanan.Jika Anda ingin melakukan olahraga tim yang lain dari biasanya, olahraga rounders bisa jadi alternatif yang menyenangkan.
olahragatips olahragahidup sehatpola hidup sehat
Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/55098/1/Sudiro%20Husodo.pdf
Diakses pada 31 Desember 2020
Core. https://core.ac.uk/download/pdf/33538357.pdf
Diakses pada 31 Desember 2020
Masters of Games. https://www.mastersofgames.com/rules/rounders-rules.htm
Diakses pada 31 Desember 2020
Rounders England. https://www.roundersengland.co.uk/play/rounders-rules/
Diakses pada 31 Desember 2020
Rounders England. https://www.roundersengland.co.uk/10-reasons-to-play-rounders-in-school/
Diakses pada 31 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait