Seperti Apa Olahraga Renang Indah? Ini Penjelasannya


Renang indah merupakan olahraga dengan perpaduan gerakan renang, senam, hingga tari. Gerakannya cukup rumit. Seorang atlet renang indah harus mampu mengontrol kecepatan, daya tahan, serta fleksibilitas tubuh.

0,0
Renang indah merupakan cabang olahraga yang bisa dipertandingkan secara bereguPara atlet renang indah tidak diperbolehkan menyentuh dasar kolam
Anda pernah membayangkan melakukan gerakan atletik, akrobat, menahan napas, mengikuti irama musik, dan harus tetap terlihat anggun? Inilah yang terjadi pada para atlet renang indah.Tidak heran, olahraga renang indah cukup menarik perhatian saat Asian Games 2018 digelar. Yuk, simak penjelasan lengkap tentang renang indah dan para atletnya di sini!

Renang indah dan pengertiannya sebagai olahraga

Renang indah atau artistic swimming adalah olahraga yang memadukan unsur renang, senam, dan tari. Jenis olahraga ini memiliki gerakan dasar yang cukup kompleks karena harus memperhatikan kecepatan, daya tahan, dan fleksibilitas tubuh.Pada dasarnya, gerakan renang indah merupakan gerakan atletik yang dilakukan di air dan dikoreografikan dengan musik. Perlu stamina dan keterampilan khusus untuk dapat mengikuti olahraga ini.Selain itu, para atlet renang indah membutuhkan kekuatan untuk melakukan berbagai gerakan seperti memutar dan mengangkat sambil menahan napas. Mereka pun harus mampun menafsirkan musik melalui speaker bawah air sambil menyelaraskannya dengan berbagai gerakan.

Manfaat renang indah bagi kesehatan

Renang indah meningkatkan kemampuan kerjasama tim
Karena menggabungkan unsur renang, senam, dan tari, olahraga renang ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan kemampuan aerobik

Aerobik merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan penggunaan oksigen secara tepat. Dengan melakukan olahraga renang indah, Anda dapat meningkatkan kapasitas aerobik Anda.Para atlet renang indah rata-rata memiliki kemampuan menahan napas hingga 3 menit. Hal ini dapat membantu kapasitas paru-paru, sehingga baik untuk meringankan gangguan pernapasan seperti asma.

2. Meningkatkan fleksibilitas

Olahraga renang indah dapat membantu tubuh lebih fleksibel atau lentur dalam berbagai olahraga, baik di kolam renang maupun di darat. Para atlet renang indah menempati peringkat kedua sebagai atlet paling fleksibel setelah atlet gimnastik.

3. Meningkatkan stamina dan ketahanan

Gerakan renang indah yang kompleks dan melibatkan semua anggota tubuh dapat membangun stamina Anda. Bayangkan saja, ketika melakukan olahraga ini, Anda harus melakukan berbagai kombinasi gerakan dan mengerahkan semua anggota tubuh tanpa menyentuh dasar kolam.Gerakan yang kompleks tersebut berpadu dengan jadwal latihan yang ketat tentu dapat meningkatkan ketahanan para atlet renang indah. Dalam hal ini, para atlet berlatih delapan jam sehari dalam enam hari seminggu.

4. Meningkatkan kekuatan otot

Kolaborasi berbagai gerakan dalam olahraga renang tentu melibatkan berbagai otot tubuh. Tidak dapat dipungkiri, gerakan yang dilakukan dalam latihan tersebut dapat meningkatkan kekuatan otot.

5. Mengasah kemampuan otak

Olahraga renang indah tentu membutuhkan koordinasi, fokus, serta kemampuan menghafal gerakan-gerakan yang semuanya melibatkan kerja otak.

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Olahraga renang indah yang sebagian besar melibatkan kerja tim, memungkinkan Anda untuk bertemu, mengenal, dan berdiskusi dengan pelatih, sesama atlet, dan banyak orang. Hal ini dapat melatih kepercayaan diri dan kemampuan kerja tim.

7. Meningkatkan kesehatan mental

Kegiatan renang indah yang melibatkan olahraga dan seni memungkinkan tubuh mengeluarkan hormon kebahagiaan yaitu endorfin selama beraktivitas. Hal ini baik untuk memperbaiki suasana hati, meredakan depresi, maupun menjaga kesehatan mental.

Peraturan dalam olahraga renang indah

Para atlet tidak boleh memakai kacamata google
Dengan gerakan yang cukup kompleks, olahraga renang indah memiliki aturan-aturan dasar yang perlu dipatuhi oleh para atlet renang indah. Apa saja peraturannya?
  • Perenang tidak boleh menyentuh bagian dasar kolam.
  • Perenang dilarang memakai perhiasan, make up, atau kostum yang mencolok.
  • Perenang tidak boleh menggunakan kacamata google, kecuali pada kompetisi tertentu.
  • Perenang harus menjaga kekompakan tim. Olahraga renang indah kelompok biasanya terdiri dari 4-6 orang dalam satu tim, sehingga perlu sinkronisasi dan menjaga kekompakan satu sama lain.
  • Perenang harus mematuhi jadwal yang telah ditentukan. Biasanya, perenang yang melanggar akan mendapatkan sanksi tertentu.

Atlet renang indah Indonesia dan internasional

Kini saatnya Anda mengenal beberapa atlet renang indah Indonesia maupun internasional yang menginspirasi. Siapa saja mereka?

1. Isabelle Thorpe

Isabelle Thorpe adalah atlet renang indah berkebangsaan Inggris yang paling menjanjikan saat ini. Ia telah memenangkan gelar nasional pada tahun 2016 dan 2017. Wanita yang lahir pada 4 Maret 2001 ini, telah mengukir berbagai prestasi di kancah nasional maupun internasional.Ia telah mengumpulkan berbagai medali emas dan perak dari berbagai pertandingan baik solo, duet, maupun tim, di antaranya National Age Group Champion sejak tahun 2011 hingga 2016, National Championship pada tahun 2016 dan 2017, World Championship pada tahun 2017, European Championship pada tahun 2016, World Junior Championship pada tahun 2018, dan European Junior Championship pada tahun 2019.

2. Kate Shortman

Kate Shortman adalah atlet renang indah berkebangsaan Inggris yang menjuarai berbagai juara duet dan solo pada tingkat senior dan junior. Wanita kelahiran Bristol pada 19 November 2001 ini, telah mengukir berbagai prestasi di kancah nasional maupun internasional.Ia telah mengumpulkan berbagai medali emas dan perak dari berbagai pertandingan baik solo, duet, maupun tim, di antaranya National Age Group Champion sejak tahun 2011 hingga 2016, National Championship pada tahun 2016 dan 2017, World Championship pada tahun 2017, European Championship pada tahun 2016, World Junior Championship pada tahun 2018, dan European Junior Championship pada tahun 2019.

3. Naima Syeeda Sharita

Naima Syeeda Sharita adalah atlet renang indah dengan spesialisasi duet dan tim. Wanita kelahiran Jakarta pada 20 Oktober 2020 ini mengukir berbagai prestasi di kancah nasional maupun internasional.Ia telah mengumpulkan berbagai medali emas dan perak dari berbagai pertandingan renang indah, di antaranya kejuaraan renang indah di Singapura tahun 2013 dan 2016, kejuaraan terbuka renang indah di Hongkong pada 2015, Sea Games di Malaysia tahun 2017, dan kejuaraan Jogja terbuka 2018.

4. Andriani Shintya

Andriani Shintya adalah seorang putri Indonesia sekaligus atlet pada cabang olahraga renang indah. Wanita kelahiran Jakarta, 4 September 1995 ini, mencetak prestasi di lingkat nasional maupun internasional.Ia mengumpulkan berbagai medali emas dan perak dari berbagai pertandingan renang indah, termasuk Festival Akuatik Indonesia 2017 di Palembang, Indonesia Open Aquatic Championship 2017, Panasonic Pan Asia Synchronised Swimming Championship di Hongkong, dan Sea Games Singapore 2015.

Catatan dari SehatQ

Olahraga renang indah memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Tentunya perlu keterampilan khusus yang membutuhkan keuletan dan kedisiplinan dalam menjalani olahraga ini.
olahragatips olahragaberenang
Universitas Negeri Yogyakarta.
http://eprints.uny.ac.id/67349/2/Bab%20I.pdf
Diakses pada 24 April 2021
Swimming.
https://www.swimming.org/artistic-swimming/about-artistic-swimming/
Diakses pada 24 April 2021
Team USA.
https://www.teamusa.org/USA-Artistic-Swimming
Diakses pada 24 April 2021
Bina Nusantara.
https://www.binus.edu/2018/08/08/andriani-shintya-binusian-for-asian-games-2018/
Diakses pada 24 April 2021
Bisnis Indonesia.
https://sport.bisnis.com/read/20180816/402/828692/pesona-naima-syeeda-sharita-atlet-renang-indah-sepupu-acha-septriasa
Diakses pada 24 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait