Berbagai Olahraga Permainan Ini Sangat Menyenangkan untuk Dilakukan


Olahraga permainan bisanya dilakukan secara beregu. Melakukan olahraga jenis ini adalah mencari cara untuk menyusun strategi demi mengalahkan lawan. Yang termasuk jenis olahraga ini antara lain sepak bola, bulu tangkis, sepak takraw, dan bola voli.

(0)
22 Feb 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Olahraga permainan yang bisa jadi pilihan adalah bulu tangkisBulu tangkis adalah salah satu pilihan olahraga permainan
Ketika membicarakan tentang olahraga, Anda mungkin akan langsung berpikir tentang berbagai latihan yang menguras tenaga. Namun, tahukah Anda ada jenis olahraga permainan, baik modern maupun tradisional, yang dapat menyehatkan fisik sekaligus menyenangkan untuk dilakukan?Olahraga permainan adalah jenis olahraga yang biasanya dilakukan secara beregu atau tim (lebih dari satu orang), sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik antarpemain dalam sebuah tim. Tujuan utama permainan olahraga ini adalah mencari kemenangan sehingga pemain atau tim harus memutar otak untuk menyusun strategi yang tepat.

Olahraga permainan yang bisa dipilih

Salah satu cabang olahraga permainan yang populer di Indonesia adalah sepak bola. Selain itu, ada juga permainan olahraga tradisional yang termasuk di dalamnya. Apa saja macam-macam permainan olahraga yang dimaksud?

1. Sepak bola

Sepak bola terkenal di seluruh penjuru dunia
Seperti disinggung di atas, sepak bola merupakan salah satu permainan olahraga yang sangat digandrungi oleh mayoritas masyarakat Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Anda mungkin familiar dengan nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang merupakan ikon dari olahraga permainan ini di era modern.Pada dasarnya, sepak bola adalah jenis permainan yang mempertemukan 2 tim (masing-masing terdiri atas 11 pemain) di atas lapangan rumput. Mereka harus berlomba-lomba untuk menceploskan bola ke gawang lawan. Tim yang paling banyak memasukkan bola dalam 90 menit (atau hingga extra time dan adu penalti) akan keluar sebagai pemenang.Sepak bola sendiri merupakan olahraga yang sangat menguras fisik, mental, serta adu strategi dari kedua tim. Teknik yang harus dikuasai oleh pemain sepak bola adalah:
  • Lari
  • Lompat
  • Menendang bola
  • Menahan bola
  • Mengontrol bola
  • Menggiring bola
Di level dunia, menguasai teknik dasar saja tidak cukup. Anda juga harus menguasai teknik tambahan, seperti menyundul (heading), menggocek, melakukan gerak tipu, dan memaksimalkan kecepatan serta kelincahan untuk mengelabui lawan.

2. Bulu tangkis

Masyarakat Indonesia telah akrab dengan bulu tangkis
Sama seperti sepak bola, bulu tangkis juga merupakan jenis olahraga permainan yang dikenal luas di seluruh penjuru Tanah Air. Bedanya, bulu tangkis juga sudah bicara banyak di level internasional dan merupakan cabang olahraga andalan Indonesia untuk meraup medali emas di pentas Olimpiade.Olahraga ini bisa dimainkan secara individu (tunggal putra dan tunggal putri) maupun beregu (ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran). Bulu tangkis atau badminton merupakan permainan olahraga yang membutuhkan kecepatan, kelincahan, hingga ketahanan fisik pemain.Dengan sistem rally point yang berlaku saat ini, pemain atau tim harus memperoleh 21 poin dalam 2 dari 3 game yang dimainkan. Teknik pukulan dasar yang harus Anda kuasai dalam olahraga ini adalah:
  • Servis
  • Lob
  • Smash
  • Netting
  • Dropshot

3. Sepak takraw

Bola sepak takraw terbuat dari rotan
Tahukah Anda bahwa sepak takraw yang sudah sering dimainkan di ajang internasional ini merupakan salah satu olahraga tradisional dari Indonesia? Asal mula dari olahraga permainan ini memang masih simpang siur. Namun yang jelas nenek moyang kita sudah mengenal permainan olahraga ini sejak lama, tapi dengan nama sepak raga.Baik sepak takraw maupun sepak raga sama-sama dimainkan menggunakan bola rotan (takraw) dengan mengandalkan seluruh anggota tubuh, kecuali tangan. Bentuk lapangannya sendiri mirip dengan lapangan bulu tangkis, yakni berbentuk persegi panjang dan memiliki net di bagian tengah yang memisahkan kedua tim.Tim sepak takraw sendiri terdiri atas masing-masing 3 orang (inter regu) atau 2 orang (double event). Tim yang dapat memenangi 2 set (masing-masing 21 poin) keluar sebagai pemenang. Jika kedudukan 1-1 setelah memainkan 2 set, maka pertandingan dilanjutkan ke set ketiga yang memperebutkan 15 poin saja.

4. Bola voli

Ada sejumlah jenis pukulan dalam permainan bola voli
Olahraga bola voli juga termasuk salah satu olahraga permainan yang digemari banyak orang, mungkin Anda salah satunya. Olahraga ini dimainkan oleh 2 tim, masing-masing terdiri atas 6 pemain yang berposisi sebagai libero, spiker, tosser, dan blocker.Beberapa jenis pukulan yang dikenal dalam permainan olahraga ini ialah:
  • Servis
  • Pass
  • Set
  • Spike
  • Dig
  • Block
Setelah mengetahui bermacam-macam jenisnya, olahraga permainan mana yang menjadi favorit Anda?

Catatan dari SehatQ

Meski berbagai olahraga permainan tersebut terlihat menyenangkan, ada baiknya Anda mempertimbangkannya lagi jika ingin melakukannya di masa pandemi. Tundalah rencana untuk berolahraga yang melibatkan banyak orang, demi kesehatan bersama.
olahragatips olahragamanfaat sepak bolasepak bola
Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/54115/3/Aisyah_Winda_Syafitri_22010113120042_Lap.KTI_Bab_2.pdf
Diakses pada 10 Februari 2021
Universitas Pembangunan Indonesia. http://repository.upi.edu/19744/4/s_pgsd_penjas_1101373_chapter2.pdf
Diakses pada 10 Februari 2021
Universitas Pembangunan Indonesia. http://repository.upi.edu/6674/5/S_KOR_0804655_Chapter2.pdf
Diakses pada 10 Februari 2021
Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/198207112008121003/pendidikan/mk-sepaktakraw.pdf
Diakses pada 10 Februari 2021
Gold Medal Squared. https://www.goldmedalsquared.com/coaching-resources/volleyball-terms
Diakses pada 10 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait