Olahraga Panahan Tawarkan Berbagai Manfaat Kesehatan, Berani Coba?


Olahraga panahan memiliki berbagai manfaat, mulai dari membakar kalori hingga melatih fokus Anda. Sudah siap mencobanya?

0,0
22 Nov 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Olahraga panahan membutuhkan peralatan berupa target dan anak panahOlahraga panahan ternyata bisa melatih kesabaran
Olahraga panahan bisa dibilang bukan salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Namun bukan berarti olahraga ini bisa diabaikan begitu saja. Bagi Anda yang ingin mencoba tantangan baru sambil menyehatkan tubuh, panahan bisa menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan tubuh.Panahan adalah olahraga yang menantang skill Anda dalam menggunakan busur untuk menembakkan anak panah. Dahulu, keterampilan ini paling banyak digunakan oleh pemanah maupun prajurit yang bertempur di medan perang, tapi sekarang lebih banyak dijadikan hobi.Di Olimpiade Tokyo 2021 mendatang, panahan juga akan menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Ada delapan atlet yang mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas), sebagai persiapan menjelang olimpiade.

Olahraga panahan membutuhkan perlengkapan ini

Busur dan anak panah termasuk perlengkapan dasar panahan
Anda mungkin akan kebingungan saat pertama kali ingin menjajal olahraga panahan. Sebelum mencoba olahraga ini sebagai hobi, beberapa alat dasar yang bisa Anda persiapkan adalah:
  • Busur panah

    Ada 3 kategori busur panah yang digunakan dalam olahraga panahan, yakni recurve, compound, dan longbow. Pemula biasanya dianjurkan menggunakan busur recurve karena paling mudah untuk digunakan dan dipelajari.
  • Target

    Ini adalah sasaran tembak Anda saat memanah. Target berbentuk bulat dengan lingkaran berlapis berwarna kuning, merah, biru, hitam, dan putih.
  • Anak panah

    Anak panah bisa terbuat dari kayu, aluminium, karbon, atau kombinasinya. Apapun bahan yang Ada pilih, pastikan panjangnya pas untuk meminimalisir terjadinya cedera atau tembakan meleset yang merusak busur panah.
Ketika sudah semakin mahir, Anda bisa menambah penggunaan peralatan demi kenyaman dan keamanan saat melakukan olahraga panahan ini.Alat tambahan yang bisa Anda pertimbangkan antara lain bracer (pelindung dada), quiver (tempat meletakkan anak panah di pinggang atau lantai), pelindung jari, dan tempat menyimpan busur panah saat tidak digunakan.Jika tidak memungkinkan untuk berlatih panahan di rumah, Anda dapat bergabung dalam klub panahan. Di sini, Anda akan mendapat bimbingan cara memanah yang benar dari pelatih berpengalaman.

Apa saja manfaat melakukan olahraga panahan?

Olahraga panahan bermanfaat dalam melatih fokus
Panahan memang tidak seperti olahraga pada umumnya yang menguras kekuatan fisik, seperti lari, sepak bola, tenis, dan sebagainya. Kendati demikian, olahraga panahan membutuhkan kontrol, fokus, dan akurasi yang baik, sehingga juga memiliki manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental Anda.Berikut ini beberapa manfaat olahraga panahan bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan.

1. Membakar kalori

Menarik busur panah, berjalan menuju target, dan mengumpulkan kembali anak panah yang berceceran di lapangan panahan merupakan aktivitas yang dapat membakar kalori. Menurut riset, rata-rata atlet panahan harus berjalan 8 km per hari dan membakar 100-150 kalori per 30 menit setiap kali berlatih maupun bertanding.

2. Mengencangkan otot

Olahraga panahan dilakukan dengan bertumpu pada otot-otot inti (core) ketika Anda menarik busur panah. Gerakan ini membuat otot di daerah dada, tangan, dan punggung bagian atas menjadi kencang dan kokoh jika olahraga panahan dilakukan secara rutin.

3. Melatih kontrol dan fokus

Seorang pemanah harus mampu menaklukkan angin, suara bising, dan tekanan dari lawan agar mampu tetap fokus melesatkan anak panahnya tepat sasaran. Kemampuan untuk mengontrol lingkungan ini juga dapat berguna bagi kehidupannya sehari-hari.

4. Melatih kesabaran

Memanah adalah latihan yang mudah dilakukan, tapi sulit disempurnakan. Namun, kesabaran dan keyakinan bisa membuat Anda sukses melakukan olahraga ini.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Musuh terbesar dalam olahraga memanah adalah diri sendiri. Jika Anda tidak percaya diri, maka tembakan anak panah yang dilepaskan dari busur sangat mungkin tidak akan tepat sasaran. Namun, kepercayaan diri ini bisa dilatih seiring dengan Anda melakukan olahraga panahan secara rutin.

6. Mengasah skill sosial

Ketika bergabung di klub panahan, Anda akan bertemu dengan banyak orang dengan minat yang sama. Di sini, Anda pun bisa menjalin hubungan pertemanan yang baru atau bahkan bertemu dengan pasangan masa depan.

Catatan dari SehatQ

Olahraga panahan tetap berisiko menimbulkan cedera, terlebih bagi pemula. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara menghindari cedera akibat panahan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragamenurunkan berat badancara membentuk otot perut
Let’s Move School Organization. https://www.letsmoveschools.org/archery-for-beginners/
Diakses pada 10 November 2020
Archery Great Britain. https://www.archerygb.org/shoot-compete/shoot/start-to-shoot/basic-guide-equipment/
Diakses pada 10 November 2020
World Archery. https://worldarchery.org/news/147916/8-health-benefits-archery
Diakses pada 10 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait