7 Olahraga Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan


Terdapat berbagai macam jenis olahraga mengecilkan perut setelah melahirkan, mulai dari jalan kaki, yoga, hingga senam aerobik. Sudahkah Bunda mencobanya?

0,0
20 Sep 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Olahraga mengecilkan perut setelah melahirkanYoga menjadi salah satu jenis olahraga mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa dicoba.
Mengembalikan bentuk perut dan berat badan ideal setelah melahirkan bukanlah hal yang mustahil. Sebab, ada banyak olahraga mengecilkan perut setelah melahirkan yang mudah dilakukan.Selain bisa membantu menurunkan berat badan, berbagai jenis olahraga mengecilkan perut setelah melahirkan ini juga dianggap membawa pengaruh baik bagi kesehatan dan menurunkan risiko depresi setelah persalinan.

7 olahraga mengecilkan perut setelah melahirkan

Setelah proses persalinan, sebenarnya tubuh mulai bekerja untuk mengembalikan ukuran perut seperti sebelum hamil. Namun, dilansir dari Very Well Fit, proses ini memakan waktu yang tidak sebentar. Dibutuhkan 4-6 minggu sampai rahim Anda kembali ke ukuran normalnya.Untuk memperlancar proses penurunan berat badan ini, terdapat berbagai jenis olahraga mengecilkan perut setelah melahirkan yang dapat Anda coba.

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Meski intensitasnya tidak tinggi seperti lari, jalan kaki dianggap sebagai olahraga yang bisa mengembalikan kebugaran tubuh wanita setelah melahirkan.Untuk mencobanya, Anda hanya perlu berjalan kaki dengan santai di taman atau berkeliling kompleks perumahan. Anda juga bisa mendorong bayi dengan stroller atau sambil menggendongnya selama berjalan kaki.Olahraga mengecilkan perut setelah melahirkan ini dapat divariasikan. Misalnya, Anda dapat berjalan secara zig-zag atau berjalan mundur.

2. Pernapasan perut dalam

Bernapas dalam-dalam lewat perut sambil mengencangkan perut termasuk salah satu latihan yang dipercaya dapat mengecilkan perut setelah melahirkan.Dilansir dari Web MD, pernapasan perut dalam dapat dilakukan hingga satu jam dan membantu otot-otot tubuh rileks. Ditambah lagi, gerakan olahraga mengecilkan perut setelah melahirkan ini dinilai mampu memperkuat dan membentuk otot perut.Untuk mencobanya, Anda hanya perlu duduk dengan posisi tegak dan tarik napas dalam-dalam dari perut. Saat melakukannya, jangan lupa untuk mengencangkan dan memegang perut. Setelah itu, hembuskan napas dan buatlah tubuh jadi rileks.

3. Mengangkat kepala (head lifts)

Baringkan tubuh secara telentang dan taruhlah kedua tangan di samping tubuh. Usahakan bagian punggung Anda tetap menempel di permukaan, kemudian tekuk lutut dengan kaki tetap menempel di lantai.Buatlah perut menjadi rileks saat Anda menarik napas. Saat Anda ingin mengembuskan napas, angkat kepala dan leher perlahan-lahan. Tarik napas ketika Anda ingin menurunkan kepala lagi.

4. Mengangkat bahu (shoulder lifts)

Jika Anda mampu melakukan head lifts sebanyak 10 kali, Anda boleh melakukan gerakan lain yang lebih menantang seperti shoulder lifts.Tidurlah secara telentang, lalu tarik napas dan buat perut menjadi rileks. Jangan lupa untuk menekuk lutut ke atas dan jagalah kaki tetap menempel di lantai.Saat Anda mengembuskan napas, angkat kepala dan bahu Anda perlahan-lahan. Kemudian, raih lutut Anda dengan kedua tangan.Akan tetapi, jika gerakan ini membuat leher Anda tegang, cobalah untuk menaruh kedua tangan di belakang kepala saat Anda melakukannya. Terakhir, tariklah napas saat Anda kembali menurunkan kepala dan bahu.

5. Meringkuk (curl-ups)

Jika Anda sudah bisa melakukan shoulder lifts sebanyak 10 kali, kini Anda bisa mencoba gerakan meringkuk atau curl-ups.Gerakan olahraga mengecilkan perut setelah melahirkan ini cukup mudah. Anda perlu tidur dalam posisi telentang, lalu angkat tubuh ke atas hingga posisinya di tengah-tengah lutut dan lantai di belakang. Tahan posisi ini selama 2-5 detik, lalu kembalikan tubuh ke posisi semula.

6. Boat pose

Boat pose atau navasana adalah gerakan yoga untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Dilansir dari Healthline, gerakan yoga ini mampu berdampak baik pada seluruh bagian tubuh, terutama perut, dan membantu Anda mengurangi perasaan stres.Untuk melakukan gerakan ini, pertama-tama Anda perlu duduk di lantai atau yoga mat sambil meluruskan kaki.Selanjutnya, luruskan kedua tangan Anda ke depan dan lekuk lutut serta angkatlah kedua kaki sehingga posisinya sampai setinggi lutut.Saat menaikkan kaki, mundurkan bagian tubuh ke bagian belakang sedikit saja. Tahan posisi ini selama 30 detik.

7. Senam aerobik

Olahraga senam mengecilkan perut setelah melahirkan dianggap efektif untuk membakar lemak berlebih. Jika dilakukan secara konsisten (2-3 kali seminggu), gerakan senam dinilai bisa membantu tubuh membakar kalori dan menstabilkan metabolisme tubuh.Cobalah untuk melakukan senam dengan intensitas rendah terlebih dahulu. Anda dapat meningkatkan intensitasnya seiring berjalannya waktu.Sebelum melakukan berbagai olahraga mengecilkan perut setelah melahirkan di atas, pastikan bahwa tubuh Anda telah siap. Jika perlu, berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum Anda berolahraga.Jika Anda mengalami perdarahan, sakit kepala, rasa nyeri yang berlebihan, atau gejala lain setelah berolahraga, segera berhenti olahraga dan periksakan diri ke dokter.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
olahragakehamilanpersalinantips olahraga
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/losing-weight-after-pregnancy-1230912
Diakses pada 5 September 2021
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/6-exercises-for-new-moms#1
Diakses pada 5 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/yoga-for-weight-loss#sample-workout
Diakses pada 5 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait