Sekilas Mirip Kasti, Ini Serunya Olahraga Kriket


Sekilas, olahraga kriket mirip seperti kasti. Hanya saja, ada perbedaan pada aturan mainnya. Berasal dari Hampshire, Inggris, olahraga ini sudah menjadi populer di penjuru dunia hingga India, Afrika Selatan, dan Australia.

0,0
13 Sep 2021|Azelia Trifiana
Olahraga kriketOlahraga kriket
Sekilas, olahraga kriket mirip seperti kasti. Hanya saja, ada perbedaan pada aturan mainnya. Berasal dari Hampshire, Inggris, olahraga ini sudah menjadi populer di penjuru dunia hingga India, Afrika Selatan, dan Australia.Pada kompetisi kriket, ada dua tim yang bertanding memperebutkan gelar juara. Menariknya, pertandingan ini bisa berlangsung mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari.

Aturan dasar olahraga kriket

Olahraga kriket dimainkan di lapangan khusus, dengan dua tim masing-masing beranggotakan 11 pemain. Mereka memegang peran masing-masing, yaitu sebagai:
  • Kapten
  • Pemukul bola (batsman)
  • Pelempar bola (bowler)
  • Penangkap bola (fielders)
  • Penjaga di belakang pemukul (wicket keeper)
  • Penjaga area kanan dan kiri pemukul (mid on dan mid off)
Ketika bermain, pemukul akan menggunakan kayu pemukul seperti bat, sarung tangan, pelindung area kelamin, pelindung kaki, dan juga helm.Selain pemain di atas, ada pula satu orang pemain cadangan yang akan menjadi pengganti ketika terjadi cedera. Pemain ke-12 ini tidak diperbolehkan melempar, memukul, menjaga, dan juga menjadi kapten tim.Untuk memastikan peraturan dijalankan selama pertandingan berlangsung, ada dua orang wasit yang duduk di pinggir sebagai umpire. Mereka punya otoritas untuk mengambil keputusan terkait skor. Selain itu, ada satu orang umpire lagi yang berada di luar lapangan dan mengambil pertimbangan berdasarkan rekaman video jika dibutuhkan.

Cara permainan olahraga kriket

Lalu, bagaimana cara permainannya?Pertama-tama, penjaga dan pemukul masuk ke lapangan. Setiap pemukul berdiri di depan area stump masing-masing. Seperti kasti, kedua pemukul dalam posisi berseberangan.Lalu, pemukul yang pertama bersiap memukul bola. Di saat yang sama, pemukul kedua bersiap untuk menuju ujung stump lain yaitu mengarah ke pemukul pertama.Apabila bola belum diambil oleh kelompok fielding, artinya masih bisa terus berlari. Namun ketika pemukul sudah dinyatakan mati, maka akan digantikan pemukul berikutnya.Intinya, tiap pemukul berusaha memukul bola sebanyak-banyaknya demi mencetak skor. Apabila tim pertama berhasil memukul bola dan seluruh pemukul dinyatakan out, maka saatnya bertukar posisi dengan tim kedua.Lalu, cara bermainnya sama seperti tadi. Tim kedua akan mengejar skor yang telah dikumpulkan tim pertama demi bisa memenangkan pertandingan.

Peralatan yang digunakan

Menarik juga untuk mengulik apa saja peralatan yang digunakan dalam olahraga kriket, seperti:
  • Tongkat pemukul

Seorang pemukul atau batsman akan memegang tongkat dengan bentuk seperti papan kayu datar. Panjangnya sekitar 96 centimeter dengan lebar 10 centimeter.
  • Bola

Ada dua jenis bola dalam olahraga kriket. Bola berwarna merah digunakan dalam tes kriket dan format lainnya. sementara bola berwarna putih biasanya digunakan ketika pertandingan digelar di malam hari. Umumnya, lapisan terluar dari bola ini adalah bahan kulit.
  • Gawang

Tidak menggunakan jaring, gawang dalam permainan kriket terdiri dari tiga buah tiang. Ketiganya berdiri paralel dan menancap ke tanah. Tingginya sekitar 71 centimeter.
  • Helm

Pemukul biasanya memakai helm untuk melindungi bagian atas kepala. Di bagian depannya, terdapat besi-besi yang juga menjadi pelindung.
  • Pelindung kaki dan tangan

Area betis dari pemukul dan juga pemain kriket lainnya akan dilapisi pelindung cukup tebal. Bahkan jika dilihat, ukurannya lumayan besar. Fungsinya sama seperti helm, untuk melindungi dari cedera.Sementara untuk di tangan, juga ada pelindung tebal. Cara memakainya sama seperti memakai sarung tangan, hanya saja melindungi tangan hingga lengan. Biasanya, bahannya adalah spandex.
  • Sarung tangan

Pemain juga harus mengenakan sarung tangan tebal untuk melindungi dari hantaman bola yang datang. Ada lapisan karet tipis di bagian telapak tangan untuk membantu menggenggam secara maksimal.
  • Sepatu

Penting sekali memastikan sepatu yang dikenakan saat bermain kriket sudah tepat. Pemain akan memilih sepatu ringan atau berat bergantung pada gaya permainan mereka. Ada spike di sol sepatu yang penting untuk memastikan gerakan pemain tetap kokoh. Sepatu yang tepat juga dapat melindungi pemain dari cedera.Tentu selain beberapa peralatan di atas, ada banyak lagi yang digunakan dalam permainan kriket. Setiap peralatan memiliki spesifikasi masing-masing yang harus diikuti.

Manfaat bermain kriket

Dalam bermain kriket, pemain dituntut untuk bergerak dengan cepat. Koordinasi mata dan tangan juga harus cepat agar pukulan dan juga lemparan bisa presisi. Ini membuat pemain memiliki keseimbangan dan juga koordinasi yang baik.Selain itu, daya tahan dan juga stamina tentu sangat terlatih ketika harus aktif bergerak memainkan kriket. Ini akan menunjang kebugaran tubuh pemain.Lebih jauh lagi, mengingat kriket adalah olahraga yang dimainkan dalam tim, maka aspek sosial juga akan berkembang. Ini memberikan wadah bagi pemain untuk saling bekerja sama, berkomunikasi, serta belajar bagaimana menghadapi kemenangan dan juga kekalahan.Bonusnya, ada kerja sama tim yang juga terasah. Interaksi sosial pun pasti menjadi nilai plus dari olahraga tim semacam ini.

Catatan dari SehatQ

Bagi yang penasaran ingin mencoba olahraga kriket, pastikan mengikuti seluruh aturan main demi menghindari cedera. Selain itu, sempatkan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga.Tubuh juga harus tetap terhidrasi selama melakukan olahraga kriket. Bagi pemula, biasanya akan ada panduan dari pelatih atau pemain profesional untuk mengenal olahraga ini dengan lebih baik.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait manfaat aktif berolahraga dalam tim, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragamenjaga kesehatan
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/cricket-health-benefits
Diakses pada 30 Agustus 2021
Rookie Road. https://www.rookieroad.com/cricket/equipment-list/
Diakses pada 30 Agustus 2021
Cricket Rules. https://www.cricket-rules.com/
Diakses pada 30 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait