Mengenal Olahraga Kano, dari Peralatan, Manfaat, hingga Risiko Cederanya


Olahraga kano dapat dibagi menjadi jenis sprint dan slalom. Manfaat kano untuk kesehatan antara lain baik untuk kesehatan jantung, otot, dan mental.

0,0
18 Sep 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Olahraga kano baik untuk kesehatan jantung dan ototOlahraga kano baik untuk kesehatan jantung, otot, dan mental
Anda mungkin sering menemukan fasilitas untuk melakukan olahraga kano di tempat-tempat wisata air. Olahraga ini memang sering dijadikan sebagai pelepas penat sambil bermain di atas air dan menikmati pemandangan. Akan tetapi, nyatanya kano juga diperlombakan bahkan hingga tingkat olimpiade.Olahraga kano atau yang dalam bahasa inggris disebut canoeing, selain bisa menghibur, juga dapat memberikan serangkaian manfaat untuk kesehatan. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai kano yang bisa Anda ketahui.

Apa itu olahraga kano?

Kano adalah olahraga kano yang dilakukan menggunakan perahu khusus lancip di kedua ujungnya dan digerakkan menggunakan tubuh serta dayung untuk menuju tempat tertentu. Kano sering dilakukan dengan tujuan hiburan.Menurut organisasi kano Inggris, perlombaan kano secara garis besar bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Sprint kano

Sprint kano dimainkan di atas perairan yang tenang. Sesuai namanya, perlombaan kano ini mengadu kecepatan.Orang maupun tim yang bertanding harus mencapai garis finish terlebih dahulu untuk ke luar sebagai pemenang.
Perlombaan kano sprint dimainkan dalam berbagai nomer, dari single, double, hingga quadruple.

2. Slalom kano

Perlombaan kano jenis slalom dilakukan di perairan yang berarus. Pemain harus mengatur perahunya agar tetap berada di dalam jalur.Jalur lomba dibatasi dengan tiang di kedua sisi. Jika dayung mengenai tiang, pemain akan diberi penalti berupa penambahan waktu akhir.Pemain yang bisa sampai garis akhir paling cepat akan keluar sebagai pemenang. Ini adalah perlombaan melawan kekuatan alam yang memadukan kecepatan, teknik mendayung dan mengendalikan perahu dan presisi.

Perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan olahraga kano

Berikut ini perlengkapan yang dibutuhkan untuk bermain kano:
  • Perahu kano
  • Dayung yang ukurannya pas sesuai pemain
  • Jaket pengaman atau pelampung
  • Helm
  • Pakaian renang atau pakaian selam
  • Sepatu renang
  • Penutup perahu agar air tidak masuk ke dalam perahu

Manfaat olahraga kano untuk kesehatan

Kano bisa melatih otot lengan
Kano bisa melatih otot
Kano adalah olahraga air yang memiliki intensitas rendah hingga sedang. Olahraga kano dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan Anda, seperti:

1. Baik untuk kesehatan jantung

Kano termasuk sebagai olahraga kardio intensitas rendah. Jika dilakukan secara teratur, ini akan baik untuk kesehatan jantung Anda.

2. Meningkatkan kekuatan otot

Menggerakkan dayung dengan konstan akan melatih kekuatan otot di tubuh, terutama otot punggung, tangan, bahu, dan dada.

3. Melatih kaki dan pinggang menjadi lebih kuat

Untuk bisa mengarahkan kano, Anda akan menggunakan kekuatan pinggang dan kaki. Nah, itu sebabnya olahraga kano juga bermanfaat melatih otot kaki dan pinggang jika dilakukan secara teratur.

4. Baik untuk kesehatan mental

Olahraga kano yang dilakukan di perairan yang tenang dan dikelilingi alam yang hijau dan sejuk dapat memberikan efek menenangkan.Kegiatan ini bahkan bisa memberikan efek yang serupa dengan meditasi. Jika dilakukan untuk rekreasi, kano akan membuat kita lebih bahagia.

Cedera yang bisa terjadi saat olahraga kano

Cedera bahu adalah salah satu risiko olahraga kano
Kano rentan menyebabkan cedera bahu
Kano termasuk salah satu olahraga yang rentan memicu cedera. Apalgi, kalau dilakukan di perairan dengan arus yang deras.Berikut ini beberapa risiko yang perlu Anda waspadai saat bermain kano:

• Cedera otot bahu dan tangan

Mendayung mungkin terlihat mudah, tapi tanpa pemanasan dan teknik yang tepat, risiko terjadinya cedera otot bahu dan pergelangan tangan cukup tinggi.Jenis cedera yang paling sering terjadi adalah otot yang tertarik atau kram, maupun keseleo.

• Benturan

Saat melakukan olahraga kano, ada risiko perahu terbalik atau Anda terjatuh ke air. Ini membuat Anda berisiko terbentur dengan benda-benda yang ada di perairan, seperti batang kayu yang mengapung atau bebatuan.

• Dehidrasi dan terbakar sinar matahari

Berada di tengah-tengah perairan di bawah sengatan sinar matahari membuat risko dehidrasi ketika bermain kano tidak bisa diremehkan. Maka dari itu, biasanya Anda akan disarankan untuk minum yang banyak sebelum, saat, dan sesudah bermain kano.Anda juga sebaiknya mengenakan tabir surya untuk mencegah kulit terbakar matahari. Lebih dari sekadar kulit gelap, paparan matahari bisa menyebabkan luka bakar di kulit.

• Tenggelam

Kano dimainkan di atas perairan yang dalam, jadi risiko tenggelam selalu ada. Itu sebabnya, jika Anda ingin mencoba bermain kano, pastikan sudah menggunakan alat pengaman dengan tepat dan mengikuti instruksi dari pengawas sarana kano.

Tips aman untuk mencoba olahraga kano

Sebelum melakukan olahraga kano sebaiknya pemanasan dulu
Pemanasan penting untuk mencegah cedera saat bermain kano
Agar Anda bisa terhindar dari risiko cedera yang telah disebutkan di atas, ada beberapa tips aman bermain kano, yaitu:
  • Lakukan pemanasan dengan baik sebelum mulai main kano
  • Gunakan pakaian dan perlengkapan yang tepat sesuai kondisi tempat bermain kano. Jika areanya dingin, gunakan pakaian renang yang menutupi seluruh badan. Jika cuaca panas, gunakan pakaian yang lebih longgar dan berwarna cerah.
  • Pakai sunscreen dengan SPF minimal 30 dan tahan air untuk mencegah kulit terbakar matahari
  • Apabila tidak bisa berenang, sebaiknya jangan mencoba olahraga kano
  • Jika ingin bermain kano di perairan bebas, jangan sendirian agar ada yang bisa menolong apabila terjadi kecelakaan atau cedera
  • Pilih perairan yang bisa Anda hadapi. Jangan memaksakan perairan dengan arus deras apabila tidak kuat atau belum mahir.
  • Apabila terjatuh dari kano, tetaplah berada di dekat perahu sambil memegang dayung dengan erat
  • Periksa ramalan cuaca sebelum bermain kano agar bisa memprediksi kekuatan arus atau arah angin
Olahraga kano bisa dijadikan saran hiburan sekaligus untuk meningkatkan kebugaran. Pastikan Anda melakukan kano di area atau sarana yang aman dan memiliki pengawas profesional yang siap mengajarkan cara bermain kano yang tepat dan aman.
tips olahragaberenang
British Canoeing. https://www.britishcanoeing.org.uk/olympic-paralympic/slalom-intro
Diakses pada 6 September 2021
Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/canoeing-and-kayaking-preventing-injury
Diakses pada 6 September 2021
Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/canoeing-and-kayaking-health-benefits
Diakses pada 6 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait