Ini Cara Main Olahraga Bridge, Anda Harus Coba!

0,0
31 Dec 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Olahraga bridge tidak membutuhkan kartu JokerBukan sekadar main kartu, olahraga bridge dapat meningkatkan kemampuan otak
Olahraga bridge bukan sekedar ajang main kartu untuk senang-senang. Kegiatan ini merupakan salah satu cabang olahraga yang diakui oleh dunia yang membutuhkan kejelian dalam melihat peluang maupun penyusunan strategi, yang pastinya bakal mengasah otak para pemainnya.Sebagai salah satu cabang olahraga, bridge bernaung di bawah World Bridge Federation (WBF) yang telah berdiri sejak 1958. Sementara itu di Indonesia, para atlet nasional olahraga bridge dipayungi oleh induk organisasi bernama Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) yang sudah ada pada 1953 dan mulai bergabung di WBF pada 1960.

Olahraga bridge dimainkan beregu

Berbeda dari catur yang bisa dimainkan satu lawan satu, olahraga bridge harus dilakukan oleh tim yang terdiri atas 2 orang. Satu permainan wajib diikuti oleh 2 tim, sehingga terdapat 4 pemain (player), dengan setiap pemain dalam 1 tim duduk berhadapan serta membentuk tim Utara-Selatan serta Timur-Barat.Di Indonesia, olahraga bridge seperti mencapai puncak popularitasnya pada perhelatan Asian Games 2018 lalu. Kala itu, orang terkaya di Tanah Air, Michael Bambang Hartono, yang juga merupakan salah satu atlet bridge nasional, meraih medali perunggu di cabor ini.Meski kurang populer di Tanah Air, Indonesia sudah memiliki juara dunia di cabang olahraga ini, yaitu Eddy Manopo dan (alm) Henky Lasut. Duet atlet Merah-Putih itu berhasil menjadi yang terbaik dalam Kejuaraan Dunia Bridge pada 2014.

Bagaimana cara bermain olahraga bridge?

Olahraga bridge dimainkan tanpa kartu Joker
Olahraga bridge dimainkan dengan menggunakan deck standar yang terdiri atas 52 kartu (tanpa Joker). Pada prinsipnya, permainan ini terdiri atas 3 bagian, yaitu:
  • Lelang (auction): tahapan ketika para pemain melakukan penawaran (bidding) dimulai dari salah satu pemain, kemudian berlanjut bergantian sesuai arah jarum jam.
  • Bermain (play): tahapan ketika salah satu sisi (Timur-Barat atau Utara-Selatan) yang memenangi penawaran melakukan trik untuk memenuhi kontrak.
  • Mencatat skor (scoring)
Lelang atau auction harus dilakukan untuk menentukan kontrak pada sebuah permainan dalam olahraga bridge. Pada tahap ini, Anda dan partner akan menawarkan suit yang akan dijadikan trump untuk berjuang menjadi declarer.Untuk memenangkan auction, Anda dan partner harus membeli kontrak dengan menawarkan suit yang setinggi-tingginya. Lawan juga akan melakukan hal yang sama dan Anda bisa menawar lebih tinggi lagi untuk membeli kontrak dan menjadi declarer atau pass, dan membiarkan lawan yang menjadi declarer.Penawaran dalam olahraga bridge sendiri disimbolkan dengan angka yang diikuti dengan huruf, yaitu:
  • No Trump (NT)
  • Spade (S)
  • Heart (H)
  • Diamond (D)
  • Club (C)
Tawaran paling rendah adalah 1C, sedangkan yang tertinggi adalah 7NT. Auction akan selesai ketika 3 pemain melakukan pass secara bergantian setelah bid terakhir.Meskipun demikian, orang yang melakukan penawaran terakhir belum tentu menjadi declarer. Predikat declarer bisa jatuh kepada partner, jika penawaran tertinggi yang dilakukan pemain merupakan bentuk dukungan pada sang partner yang sudah menawar warna sama terlebih dahulu.Contoh:
Penawaran tertinggi dilakukan oleh Pemain Selatan dengan kontrak 4H, maka yang akan menjadi declarer bisa Selatan, bisa pula Utara (partnernya) yang mengawali penawaran warna Heart (H). Jika Utara yang mengawali warna H, maka Utara menjadi declarer. Apabila Selatan yang mengawali tawaran H, maka Selatan bertindak sebagai declarer.
Setelah memenangkan auction, tim harus memenuhi penawarannya. Untuk dicatat sebagai declarer sukses, kontrak penawarannya harus memenuhi rumus:Jumlah trik = level kontrak ditambah 6Misalnya, jika declarer menawarkan kontrak 3S, maka level kontraknya adalah 3 dan jumlah trik yang harus dipenuhi adalah 9. Warna spade akan menjadi kartu trump.

Manfaat olahraga bridge untuk kesehatan

Olahraga bridge dapat meningkatkan kemampuan berpikir
Olahraga bridge memang bukan tipe latihan yang membutuhkan gerak fisik, melainkan kemampuan otak untuk menyusun strategi dan membaca peluang. Oleh karena itu, memainkan olahraga kartu yang satu ini akan memberi manfaat pada Anda antara lain:

1. Melatih kemampuan berpikir

Penelitian mengungkap anak yang gemar main olahraga bridge kerap mendapat nilai lebih bagus pada mata pelajaran kognitif, seperti matematika dan IPA, dibanding rekannya yang tidak pernah main bridge. Hal ini disebabkan berkembangnya pola pikir inferensial, yakni kemampuan otak untuk melakukan kalkulasi dan menarik kesimpulan yang rasional.

2. Mencegah demensia

Demensia identik sebagai penyakit degeneratif, tapi orang tua yang suka bermain bridge terbukti dapat menghindari kondisi ini. Pasalnya, olahraga bridge bisa meningkatkan memori serta mengasah otak pemainnya.

3. Meningkatkan skill sosial

Memainkan olahraga bridge dengan teman-teman Anda dapat mempererat hubungan. Tidak sedikit juga pebisnis yang memainkan bridge sambil membicarakan kontrak kerja sama.

Catatan dari SehatQ

Olahraga bridge tidak diragukan lagi akan memeras otak selama permainan berlangsung. Jika Anda ingin mencoba bentuk latihan otak yang cukup menantang, cobalah bergabung dengan komunitas atau klub bridge terdekat.
olahragaolahraga lansiatips olahragademensia
Institut Teknologi Bandung. https://kemahasiswaan.itb.ac.id/welcome/tampil_berita/875/bridge,-permainan-kartu-yang-tak-sekadar-menguras-pikiran
Diakses pada 17 Desember 2020
ACBL. https://www.acbl.org/learn_page/how-to-play-bridge/
Diakses pada 17 Desember 2020
GABSI. http://www.gabsi.or.id/sejarah
Diakses pada 18 Desember 2020
GABSI. http://www.gabsi.or.id/uploads/file_47fda3f.pdf
Diakses pada 18 Desember 2020
WBF. http://www.worldbridge.org/what-is-bridge/#1485522284686-b84be010-9717
Diakses pada 18 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait