Olahraga Bola Volly dan Teknik Dasar untuk Memainkannya

(0)
22 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Olahraga bola volly mempunyai 4 teknik dasarOlahraga bola volly dilakukan melalui 4 teknik dasar
Olahraga bola volly adalah salah satu jenis permainan yang cukup populer di Indonesia serta memiliki penggemar tersendiri, bahkan Anda mungkin salah satunya. Untuk melakukan olahraga ini, Anda perlu menguasai 4 teknik dasar yang tidak terlalu sulit dipelajari oleh pemula.Olahraga bola volly merupakan permainan yang sangat fleksibel karena bisa dimainkan di berbagai lokasi, mulai dari lapangan aspal, rumput, maupun pasir di pinggir pantai. Anda pun bisa melakukannya bersama satu teman lainnya, atau mengajak seluruh anggota keluarga untuk terlibat dalam kegiatan kompetitif ini.

Olahraga bola volly dan teknik dasarnya

Blocking adalah salah satu teknik dasar olahraga bola volly
Di Indonesia, penggemar olahraga bola volly sempat dimanjakan oleh siaran langsung kompetisi profesional klub voli se-Indonesia, yaitu Proliga. Di sana, para atlet mempertontonkan berbagai teknik tinggi yang membuat permainan ini kian menarik untuk diikuti.Bagi pemula, teknik tingkat tinggi itu mungkin terlalu sulit dilakukan. Namun, Anda tetap dapat mempelajari teknik dasar olahraga bola volly dan mempraktikkannya ketika bermain bersama teman-teman.

1. Servis

Servis adalah modal awal dalam membangun serangan kepada lawan. Servis yang baik dapat mengacaukan pertahanan lawan dan menyulitkan mereka untuk melakukan serangan kepada Anda.
Pada praktiknya, ada 2 jenis servis yang dikenal dalam olahraga bola voli, yaitu servis bawah dan servis atas.
  • Servis bawah

    Dalam servis ini, pemain memukul bola dengan satu tangan di bawah atau sejajar pinggang agar bola melambung melewati net. Servis bawah sering digunakan oleh pemain pemula dan pemain wanita, karena dinilai sebagai cara servis yang paling mudah.
  • Servis atas

    Servis ini dilakukan dengan melambungkan bola ke atas kepala pemain sebelum dipukul hingga melewati net. Teknik ini bertujuan membuat bola menukik tajam ke bidang permainan lawan. Teknik ini membutuhkan skill yang lebih tinggi dibanding servis bawah.

2. Passing

Passing dalam olahraga bola voli bisa berarti mengumpan atau mengoper bola ke rekan sendiri. Passing juga terdiri atas 2 jenis, yaitu passing bawah dan passing atas.
  • Passing bawah

    Teknik ini dilakukan jika bola yang datang jatuh di depan atau samping badan, setinggi perut ke bawah.
  • Passing atas

    Ini adalah teknik operan bola dengan menggunakan ujung jari-jemari saat bola datang setinggi bahu atau lebih. Tujuannya adalah membangun serangan sehingga rekan satu tim bisa melakukan spike atau smash.

3. Spike (smash)

Ini adalah bagian paling menantang dalam teknik dasar olahraga bola volly, karena Anda harus memaksimalkan kekuatan tangan untuk menghasilkan pukulan yang keras. Spike atau smash dilakukan untuk menghasilkan poin dengan cara menjatuhkan bola lewat pukulan yang tajam dan menukik.

4. Blocking

Selain menyerang, Anda juga harus pandai bertahan lewat teknik block di depan net. Blocking dilakukan dengan mengangkat lengan setinggi mungkin di atas jaring, demi menghalangi datangnya bola yang dipukul musuh ketika sedang melakukan serangan di depan net.Teknik dasar dalam olahraga bola volly ini mungkin harus dilatih berulang-ulang hingga Anda mahir melakukannya. Namun jangan menyerah, karena olahraga ini bagus untuk kesehatan fisik maupun mental.

Manfaat olahraga bola volly untuk kesehatan

Olahraga bola volly bisa membentuk otot lengan
Seperti disinggung di atas, olahraga bola volly merupakan alternatif yang baik untuk membakar lemak tubuh. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan banyak manfaat, seperti:
  • Mempercepat metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan.
  • Memperbaiki kecepatan dan keseimbangan. Gerakan dalam olahraga bola volly, seperti memukul, melempar, serta berlari, ikut melatih kecepatan dan keseimbangan tubuh.
  • Membentuk otot. Ingin tubuh lebih padat? Olahraga bola volly bisa jadi pilihan karena permainan ini akan melatih kekuatan lengan hingga dada dan betis, sehingga otot lebih kuat.
  • Melatih skill sosial. Bola volly adalah jenis olahraga tim yang tentu saja membutuhkan kerja sama yang baik bila Anda ingin menang.
  • Memperbaiki mood. Bermain bola volly bersama teman-teman dapat menghilangkan stres dan memperbaiki mood, sekalipun Anda tidak keluar sebagai pemenang.
Jadi, kapan Anda akan mulai berlatih olahraga bola volly?Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang cara menghindari dan mengatasi cedera ketika melakukan olahraga bola volly, Anda juga bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragacederacedera fisiktips olahraga
Red River College. https://www.rrc.ca/wellness/2016/04/06/top-10-health-benefits-of-volleyball/
Diakses pada 9 Oktober 2020
Universitas Negeri Malang. http://fik.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/buku-6.pdf
Diakses pada 9 Oktober 2020
Living in Wellbeing. https://www.livinginwellbeing.org/health-benefits-playing-volleyball/
Diakses pada 9 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait