3 Olahan Daging Kambing yang Lebih Sehat dan Patut Dicoba

(0)
03 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Beberapa olahan daging kambing bahkan lebih sehat dari daging sapiSop kambing termasuk olahan daging kambing yang sehat dan bergizi
Daging kambing identik dengan sate ataupun gulai yang rasanya lezat, namun kurang ramah bagi kesehatan. Nah, bagi Anda yang ingin menghindari kedua jenis olahan daging kambing tersebut, ada cara lain untuk tetap menikmati daging yang satu ini.Dari segi nutrisi, daging kambing sebetulnya relatif lebih sehat dibanding daging sapi sehingga lebih tepat dijadikan alternatif daging yang bisa dikonsumsi demi kesehatan. Berikut beberapa perbandingan nutrisi yang terdapat pada 100 gram daging kambing dan daging sapi:
  • Kalori: kambing 122 kalori, sapi 179 kalori
  • Total lemak: kambing 2,6 gram, sapi 8,2 gram
  • Lemak jenuh: kambing 0,79 gram, sapi 3 gram
  • Kolesterol: kambing 63,8 mg, sapi 73,1 mg
  • Protein: kambing 23 gram, sapi 25 gram.
Dari perbandingan di atas, terlihat bahwa daging kambing memiliki jumlah kalori dan kolesterol yang lebih sedikit dari daging sapi. Penelitian lain juga mengonfirmasi bahwa daging kambing memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi, namun sodium yang lebih rendah dibanding daging sapi.Untuk menikmati berbagai kandungan yang menyehatkan ini, Anda pun dapat mencoba olahan daging kambing yang sehat dan tetap enak. Apa saja olahan yang dimaksud?

Prinsip mengolah daging kambing yang sehat

Sebelum Anda mengeksplorasi resep daging kambing yang ada di luar sana, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memasak daging yang satu ini, seperti:

1. Masak daging kambing dengan api kecil

Hal ini dilakukan karena daging kambing hanya memiliki sedikit lemak sehingga olahan daging kambing akan jadi cepat kehilangan kelembapan, daging menjadi keras dan alot jika dimasak langsung dengan api besar.

2. Merebus daging kambing

Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kelembapan agar olahan daging bisa lebih empuk.

3. Marinasi

Untuk menambah cita rasa pada olahan daging kambing, pastikan daging dimarinasi atau dibumbui dan didiamkan beberapa saat terlebih dahulu sebelum dimasak.Beberapa orang juga kerap membungkus daging kambing dengan daun pepaya terlebih dahulu sebelum dimasak. Daun pepaya mengandung enzim papain yang memang mampu memecah protein, karbohidrat, dan lemak sehingga dapat membuat daging kambing lebih empuk saat diolah.

Contoh olahan daging kambing yang menyehatkan

Berdasarkan cara mengolah daging kambing di atas, berikut beberapa contoh olahan daging kambing yang sehat dan lezat yang dapat Anda coba di rumah:

1. Sop kambing

Olahan daging kambing klasik ini selalu mengundang selera karena rasanya yang gurih, dagingnya yang empuk, dan kuah yang lezat. Anda pun dapat mencampur berbagai rempah, seperti cengkeh, jahe, atau kayu manis, untuk menaikkan cita rasa dari sop tersebut.Bukan hanya dagingnya yang bisa diolah menjadi sop, bagian kaki dan buntutnya pun sama enaknya. Tertarik mencoba?

2. Kambing panggang

Bagi penggemar sate, olahan daging kambing yang satu ini bisa dijadikan alternatif yang lebih sehat. Kambing panggang masih menyisakan aroma bakaran, namun tidak menyisakan rasa arang di lidah karena daging memang dipanaskan dengan arus listrik atau api kompor (pada oven tangkring).Kambing panggang juga aman dinikmati oleh ibu hamil asalkan daging dipastikan matang hingga ke dalam dan tidak menyisakan bagian yang mentah. Pastikan juga ibu hamil mengurangi takaran garam yang digunakan dalam mengolah daging ini, terutama pada wanita hamil yang memiliki risiko hipertensi.

3. Nasi kebuli

Mencampur nasi dengan daging kambing plus berbagai rempah akan mengeluarkan aroma yang membuat air liur Anda menetes. Membuatnya pun tidak sulit karena Anda dapat mencampur semua bahan di magic jar kemudian menyetelnya seperti layaknya Anda masak nasi.Bagaimana, olahan kambing di atas sangat menggiurkan, bukan? Di samping lezat, olahan daging kambing ini juga relatif lebih sehat ketimbang varian hidangan lainnya. Bagi Anda yang masih memiliki sisa daging kambing setelah idul adha, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu menu olahan kambing di atas.
makanan sehat
Alabama A&M and Auburn Universities. https://ssl.acesag.auburn.edu/pubs/docs/U/UNP-0061/UNP-0061-archive.pdf
Diakses pada 3 Agustus 2020
Merdeka. https://www.merdeka.com/gaya/resep-daging-kambing-kln.html
Diakses pada 3 Agustus
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-488/papaya
Diakses pada 3 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait