Obati Kolesterol dengan 10 Sayuran Penurun Kolesterol Ini

Wortel, kale, dan bayam menjadi segelintir sayuran penurun kolesterol yang bisa Anda coba.
Sayuran penurun kolesterol ini tidak hanya menjadi obat alami kolesterol, tapi juga menyehatkan badan secara keseluruhan.

Sayuran penurun kolesterol adalah pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari obat alami kolesterol tinggi. Sebab, tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, bisa menyebabkan berkumpulnya lemak di pembuluh darah dan terjadi penyumbatan, hingga akhirnya dapat mengakibatkan serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer.

Jangan hanya dilihat, cobalah rutinkan mengonsumsi beberapa sayuran penurun kolesterol ini, agar kolesterol tinggi bisa dihindari.

Sayuran penurun kolesterol tinggi

Sayuran menjadi sumber serat yang baik dan rendah kalori. Faktor inilah yang bisa menjaga berat badan Anda tetap aman, sehingga kolesterol tinggi bisa ditinggalkan. Apakah Anda semakin tidak sabar untuk berkenalan dengan sayuran penurun kolesterol itu?

1. Wortel

Wortel
Selain menyehatkan mata, wortel juga bisa
menurunkan kolesterol.

Wortel mengandung serat (selulosa, hemiselulosa, lignin) yang bisa memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran cerna. Sehingga, kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan. Menurut studi, wortel terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

2. Kacang polong

Para peneliti dari Kanada melakukan riset tentang kacang polong dan melihat kaitannya dengan penurunan kadar kolesterol. Penelitian ini melibatkan 1.000 responden. Hasilnya, kacang polong terbukti berhasil menurunkan kadar kolesterol LDL, dalam jumlah 5%.

Tidak hanya rendah lemak dan kaya serat, ternyata kacang polong dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh.

3. Kentang

Kentang dikenal sebagai makanan pengganti nasi yang kaya akan serat larut. Perlu diketahui, serat larut bisa membantu Anda menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Satu kentang berukuran sedang sudah memiliki sekitar 5 gram serat larut. Jika Anda ingin mendapatkan khasiat serat larut yang dimiliki kentang, makanlah bersama dengan kulitnya.

4. Lobak

Lobak adalah sayuran yang masih “satu darah” dengan wortel. Setiap setengah cangkir porsinya, lobak memiliki 3 gram serat. Bayangkan saja, jika serat yang dikandungnya sebanyak itu, Anda bisa terhindar dari penyakit gula darah dan tekanan darah tinggi.

5. Kacang panjang

Kacang panjang merupakan sayuran penurun kolesterol yang kaya akan serat. Sekitar 150 gram kacang panjang, mengandung 2,6 gram serat.

Selain itu, kacang panjang juga rendah lemak dan kalori. Itulah sebabnya, kacang panjang masuk ke dalam daftar sayuran penurun kolesterol.

6. Terong

Dalam sebuah penelitian pada hewan uji, jus terong sebanyak 10 mililiter (ml) terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Satu cangkir terong seberat 94 gram mengandung serat sebanyak 2,4 gram. Tidak heran kalau terong masuk ke dalam salah satu sayuran penurun kolesterol yang ampuh.

Walau begitu, penelitian pada manusia masih diperlukan untuk membuktikan manfaat terong sebagai sayuran penurun kolesterol.

7. Okra

Okra adalah sayuran yang dikenal dengan sebutan “jari wanita” dan mengandung banyak serat. Menurut American Heart Association (AHA), makanan yang tinggi akan serat bisa mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah. Dalam setiap 100 gram porsi okra, terkandung 3,2 gram serat. Oleh karena itu, okra dianggap sebagai sayuran penurun kolesterol yang efektif menjadi obat alami kolesterol tinggi.

8. Bayam

Bayam
Bayam, si sayuran hijau yang turunkan kolesterol

Sayuran berdaun hijau seperti bayam juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Tidak hanya lezat jika diolah menjadi masakan sayur bening, bayam ternyata mengandung serat yang sangat banyak dan pantas masuk ke dalam golongan sayuran penurun kolesterol. Setiap satu cangkir bayam mengandung 6 gram serat yang siap menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh.

9. Kale

Kale adalah sayuran penurun kolesterol yang mirip seperti bayam. Keduanya adalah sayuran berdaun hijau yang cocok untuk menu makan penderita kolesterol tinggi.

Kale mengandung lutein dan karotenoid yang terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, lutein juga bisa mencegah kolesterol terikat ke dinding arteri.

Sejatinya, sayuran berdaun hijau memiliki kemampuan untuk mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan kolesterol lebih banyak.

10. Bawang putih

Banyak studi yang membuktikan bahwa bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya, bawang putih begitu populer sebagai bumbu wajib yang hampir ada di dalam setiap makanan. Beruntunglah Anda sebagai orang Indonesia, yang bisa merasakan manfaat bumbu dapur serba guna ini!

Gaya hidup sehat untuk menurunkan kolesterol

Selain dengan mengonsumsi makanan seperti buah atau sayuran penurun kolesterol saja, gaya hidup yang sehat juga bisa menurunkan kolesterol LDL di dalam tubuh Anda!

Berikut ini adalah gaya hidup sehat yang bisa Anda ikuti untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh:

  • Menghentikan kebiasaan merokok

Berhenti merokok bisa meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh Anda. Banyak manfaat kolesterol baik yang bisa Anda rasakan secara instan, seperti sirkulasi darah yang lancar, fungsi paru-paru membaik, hingga tekanan darah yang normal.

  • Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan berlebih, berkontribusi terhadap tingginya kadar kolesterol buruk di dalam tubuh. Menurunkan berat badan dengan berolahraga dan mengurangi makanan yang manis, bisa membantu menurunkan berat badan.

  • Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Bahkan, olahraga juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Jika dokter sudah mengizinkan Anda untuk berolahraga, setidaknya luangkan waktu selama 30 menit, sebanyak 5 kali dalam seminggu untuk melakukannya.

  • Menjalani pola makan yang sehat

Selain sayuran penurun kolesterol di atas, ada pola makan sehat yang bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Seperti mengurangi lemak jenuh, berhenti mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans, dan perbanyak makanan yang kaya serat.

Jika keempat perubahan gaya hidup ini sudah Anda lakukan, teruslah konsisten dalam menjalaninya dan lihatlah hasil baik yang akan dirasakan tubuh.

Catatan dari SehatQ

Untuk mengetahui kadar kolesterol LDL maupun HDL di dalam tubuh, Anda disarankan untuk terus menjalani tes darah atau medical check-up. Dengan begitu, Anda bisa lebih waspada dalam mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain itu, walau sudah mengonsumsi sayuran penurun kolesterol ini, ada baiknya Anda tetap melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui langkah lain yang bisa ditempuh untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Heart. https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/hdl-good-ldl-bad-cholesterol-and-triglycerides
Diakses pada 3 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-that-lower-cholesterol-levels#section6
Diakses pada 3 Februari 2020

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=177788
Diakses pada 3 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15570030
Diakses pada 3 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/279359.php#benefits
Diakses pada 3 Februari 2020

Web MD. https://www.webmd.com/diet/features/top-foods-lower-cholesterol#1
Diakses pada 3 Februari 2020

Artikel Terkait