Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat dan Cara Aman Menggunakannya


Bawang putih untuk jerawat ternyata dianggap ampuh sebagai obat jerawat alami. Cara menggunakannya bisa dioleskan secara langsung atau dicampur dengan bahan-bahan alami. Namun, ingat bahaya yang mungkin mengintai di baliknya.

(0)
Manfaat bawang putih untuk jerawat bisa digunakan dengan cara mengoleskan langsungGunakan beberapa siung bawang putih mentah sebagai obat jerawat alami
Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu masak yang wajib tersedia di dapur rumah. Selain untuk menyedapkan masakan, bawang putih untuk jerawat ternyata dianggap ampuh sebagai obat jerawat alami. Penasaran seperti apa manfaat bawang putih untuk jerawat? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini.

Manfaat bawang putih untuk jerawat

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang digadang-gadang memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, tak terkecuali untuk mengobati jerawat. Adapun beberapa manfaat bawang putih untuk jerawat berdasarkan hasil penelitian yang ada, yaitu:

1. Berkat kandungan allicin

Salah satu manfaat bawang putih untuk jerawat berasal dari kandungan senyawa aktif bernama allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik. Sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Angewandte Chemie mengemukakan bahwa senyawa bernama allicin yang terkandung pada bawang putih memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.Pada penelitian yang dimuat dalam Food and Chemical Toxicology, disebutkan bahwa bawang putih memiliki sifat antiradang. Zat inilah yang dipercaya dapat mengurangi peradangan kulit akibat jerawat.
Manfaat bawang putih untuk jerawat berasal dari kandungan allicin di dalamnya
Bawang putih punya sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat
Sebuah penelitian lain yang dilakukan pada 2017 mencoba menguji khasiat bawang putih untuk jerawat. Penelitian ini diikuti oleh 20 orang peserta dari berbagai rentang usia.Partisipan penelitian diminta untuk mengoleskan bawang putih mentah dengan kandungan 7,5% dalam bentuk gel sebanyak 0,25 gram, ke punggung tangan kiri dan kanan mereka selama 60 menit. Langkah tersebut bertujuan untuk melihat tanda-tanda iritasi kulit setiap peserta. Hasilnya, sebagian besar peserta mengungkapkan tidak ada tanda-tanda iritasi pada kulit.Gejala iritasi primer ditunjukkan segera setelah penggunaan, sementara tanda iritasi sekunder diperlihatkan beberapa jam setelah penggunaan. Akan tetapi, tidak terdapat rincian laporan selengkapnya mengenai hal ini.Di samping itu, peneliti juga melihat bahwa gel bawang putih dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, P.acnes, berkat kandungan alkaloid di dalamnya. Peneliti juga mengemukakan bahwa gel bawang putih memiliki sifat antibakteri yang sama dengan antibiotik untuk jerawat, yakni clindamycin

2. Adanya kandungan vitamin dan mineral

Selain allicin, manfaat bawang putih untuk jerawat disebut-sebut berasal dari berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.Misalnya, vitamin C, vitamin B6, selenium, tembaga, dan zinc (yang dapat mengendalikan produksi minyak berlebih), yang dipercaya dapat melawan jerawat.

3. Membersihkan wajah

Manfaat bawang putih untuk jerawat juga bisa didapat berkat kandungan thiosulfinate di dalamnya.Thiosulfinate berfungsi sebagai zat antimikroba yang diyakini dapat membersihkan kulit wajah dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat.

4. Mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah

Manfaat bawang putih untuk jerawat berasal dari kandungan zincZinc berfungsi untuk mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah yang menjadi salah satu penyebab jerawat.Meski hasil penelitian yang tersedia menyebutkan ada khasiat bawang putih untuk jerawat, tetap dibutuhkan studi lebih lanjut guna melihat keefektifannya pada kulit wajah berjerawat.

Manfaat bawang putih untuk wajah

Selain khasiat bawang putih untuk jerawat, ada beberapa manfaat bawang putih untuk wajah lainnya, yaitu:

1. Mengatasi kulit wajah yang meradang

Selain manfaat bawang putih untuk jerawat, juga ada manfaat bawang putih untuk wajah
Zat antiradang pada bawang putih bisa mengatasi kulit meradang
Salah satu manfaat bawang putih untuk wajah adalah mengatasi kulit wajah meradang.Beberapa orang mungkin pernah ada yang mengalami kulitnya terkena bintik-bintik merah, bahkan terasa sangat gatal. Tak jarang, bintik-bintik merah tersebut muncul di area wajah. Sebagai solusi alaminya, Anda dapat mengoleskan bawang putih.Bawang putih mengandung zat antiradang yang diklaim ampuh mengatasi kulit wajah yang mengalami peradangan.

2. Mencegah penuaan dini

Ada khasiat lain selain manfaat bawang putih untuk jerawat
Bawang putih dapat melindungi kulit dari kerusakan dan keriput
Manfaat bawang putih untuk wajah berikutnya adalah mencegah penuaan dini. Pada dasarnya, tanda-tanda penuaan dini sebenarnya mirip dengan penuaan kulit secara normal, hanya terjadi lebih awal. Ciri-ciri penuaan dini, antara lain:
  • Munculnya keriput ataupun kerutan
  • Mengendurnya kulit
  • Menipisnya kulit yang membuat kulit tampak transparan dan mudah lebam
  • Kulit yang mengering dan kasar
  • Kulit menjadi lebih rapuh
  • Berkurangnya pigmen kulit yang membuat warna kulit memudar
Kandungan senyawa sulfur aktif s-allyl cysteine pada bawang putih mampu melindungi kulit dari kerusakan dan keriput akibat paparan sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari.Tak hanya itu, kandungan antioksidan dan senyawa antiradang pada bawang putih dapat meningkatkan oksigen sehingga mengurangi stres penyebab penuaan dini.Anda dapat merasakan manfaat bawang putih untuk wajah satu ini dengan cara mengonsumsi campuran 1 siung bawang putih putih mentah, madu, dan lemon setiap pagi hari.

Berbagai cara menggunakan bawang putih untuk jerawat 

Memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan bawang putih untuk jerawat. Namun, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakannya ke kulit, sah-sah saja bila dilakukan. Pastikan Anda menerapkan cara menggunakan bawang putih untuk jenis jerawat yang ringan. Sebaiknya, jangan gunakan untuk kondisi jerawat yang meradang, berjumlah banyak, dan ada benjolan kecil di permukaan kulit yang berisi nanah (pustula). 
Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat bisa dioleskan secara langsung
Anda bisa menggunakan bawang putih mentah untuk jerawat
Sebuah studi yang dimuat dalam Dermatology Reports mengungkapkan bahwa khasiat bawang putih untuk jerawat bisa didapatkan melalui berbagai cara. Mulai dari menggunakan langsung bawang putih mentah, air halusan bawang putih, hingga penggunaan bubuk bawang putih. Akan tetapi, penggunaan bawang putih mentah dan bubuk bawang putih tentu memiliki efektivitas zat aktif yang berbeda sehingga khasiat bawang putih untuk jerawat yang didapat bisa jadi tidak akan sama. Berikut adalah beberapa cara menggunakan bawang putih untuk jerawat. 

1. Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat secara langsung ke kulit

Salah satu cara mendapatkan khasiat bawang putih untuk jerawat adalah dengan mengoleskannya secara langsung pada kulit berjerawat. Begini caranya:
  • Parut atau haluskan 3-4 siung bawang putih mentah.
  • Oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada area permukaan kulit berjerawat yang sudah dibersihkan. Diamkan selama beberapa menit.
  • Jika sudah, bilas kulit menggunakan air bersih.
  • Keringkan kulit dengan lembut menggunakan handuk bersih.

2. Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat dengan air perasan bawang putih

Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat dengan airnya
Anda bisa gunakan beberapa siung bawang putih untuk dibuat airnya
Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat bisa pula dengan air perasan bawang putih. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:
  • Haluskan atau tumbuk 5 siung bawang putih mentah.
  • Diamkan bawang putih yang sudah dihaluskan selama 10 menit. 
  • Gunakan kain tipis dan bersih untuk memeras sari dari bawang putih yang dihaluskan. 
  • Oleskan perasan air bawang putih tersebut ke area kulit berjerawat yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Bilas kulit dengan air sampai bersih.

3. Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat dengan air

Bagi Anda yang memiliki kulit cenderung sensitif, sebaiknya lakukan cara menggunakan bawang putih untuk jerawat dengan langkah berikut ini. 
  • Cincang 2 siung bawang putih mentah.
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan bawang putih cincang dengan 1 sendok makan air mengalir, atau Anda juga bisa menggunakan air mawar. 
  • Oleskan campuran tersebut pada area kulit berjerawat yang sudah dibersihkan.
  • Diamkan selama beberapa menit.
  • Bilas kulit dengan air sampai bersih. 

4. Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat dengan yogurt dan madu

Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat dengan yogurt dan madu
Masker bawang putih untuk jerawat ini bisa mengangkat penumpukan sel kulit mati
Anda juga bisa mendapatkan khasiat bawang putih untuk jerawat melalui bahan-bahan alami. Yogurt, misalnya. Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat dengan yogurt bertujuan untuk mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab pori-pori wajah tersumbat sehingga tmbul jerawat. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.
  • Haluskan 4 siung bawang putih mentah.
  • Campurkan bawang putih mentah yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan yogurt tanpa rasa dan ½ sendok teh madu. Aduk sampai merata.
  • Oleskan ke permukaan kulit yang sudah dibersihkan, seraya memijat kulit perlahan. 
  • Diamkan selama beberapa menit.
  • Bilas kulit dengan air sampai bersih.

5. Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat dengan madu manuka dan kunyit

Anda bisa menggunakan bawang putih untuk jerawat dengan madu
Bawang putih untuk jerawat bisa digunakan dengan madu dan kunyit
Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat dengan madu manuka dan kunyit adalah sebagai berikut:
  • Haluskan atau tumbuk 3-4 siung bawang putih mentah. 
  • Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok teh madu manuka dan ¼ sendok teh bubuk kunyit. 
  • Oleskan ke permukaan kulit yang sudah dibersihkan.
  • Diamkan selama 20 menit. 
  • Bilas kulit dengan air sampai bersih. 

6. Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat dengan lidah buaya

Lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan khasiat bawang putih untuk jerawat dengan lidah buaya.
  • Dalam sebuah mangkuk, campurkan 2-3 bawang putih mentah yang sudah dihaluskan dengan ½ gelas air mengalir. 
  • Diamkan campuran tersebut selama 5 menit.
  • Tambahkan 1 sendok teh gel lidah buaya. 
  • Oleskan ke permukaan kulit yang sudah dibersihkan.
  • Diamkan sampai mengering.
  • Bilas kulit dengan air sampai bersih. 
Anda dapat melakukan berbagai cara menggunakan bawang putih untuk jerawat di atas secara rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal. 

Bahaya bawang putih untuk jerawat dan cara aman menggunakannya

Perlu diingat bahwa manfaat bawang putih untuk jerawat belum tentu efektif dan aman untuk seluruh jenis kulit. Pasalnya, bagi orang-orang dengan jenis wajah atau kondisi kulit tertentu, bahaya bawang putih untuk jerawat yang dioleskan secara langsung bisa saja menimbulkan reaksi kulit tertentu.Beberapa risiko bahaya bawang putih untuk jerawat bila dioleskan secara langsung ke kulit adalah sebagai berikut.Selain itu, pada orang yang memiliki kulit sensitif, mengoleskan bawang putih pada jerawat justru dapat “memanen” jerawat lebih banyak. Bahkan, bukan tidak mungkin bila bahaya bawang putih untuk jerawat berisiko menyebabkan kulit terasa panas dan perih pada orang dengan kulit sensitif.Nah, guna mengecek apakah kulit Anda cocok menggunakan bawang putih untuk jerawat, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut sebagai cara aman menggunakannya.
  • Oleskan sedikit bawang putih yang sudah dihaluskan ke area kulit lengan bawah terlebih dahulu.
  • Tunggu selama 24-48 jam untuk melihat reaksi efek sampingnya pada kulit Anda.
  • Jika kulit tidak mengalami reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya maka Anda aman menggunakan bawang putih untuk jerawat.
  • Sebaliknya, apabila muncul reaksi alergi, berhentilah menggunakannya. Lalu, segera bilas kulit menggunakan air bersih.
Ingatlah untuk senantiasa berhati-hati sebelum menggunakan bahan-bahan alami atau produk apa pun pada wajah. Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum mendapatkan manfaat bawang putih untuk jerawat.Dokter kulit dapat membantu dalam menentukan apakah Anda bisa menggunakan bawang putih untuk jerawat atau tidak. Dengan ini, khasiat bawang putih untuk jerawat pun bisa Anda gunakan secara aman, efektif, dan optimal.Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk berdiskusi lebih lanjut seputar bawang putih untuk jerawatCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
pengobatan jerawatbawang putihjerawatmasalah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/garlic-for-acne#garlic-for-pimples
Diakses pada 7 April 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/beauty-benefits-of-garlic/
Diakses pada 7 April 2020
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/6-surprising-ways-garlic-boosts-your-health/
Diakses pada 7 April 2020
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-aging-skin#2
Diakses pada 7 April 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23057778
Diakses pada 7 April 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0278691513002287
Diakses pada 7 April 2020
Angewandte Chemie. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/ange.200804560
Diakses pada 7 April 2020
Medical Daily. Medical Daily. https://www.medicaldaily.com/garlic-good-you-7-surprising-benefits-garlic-optimal-health-324114
Diakses pada 7 April 2020
Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research. https://www.researchgate.net/publication/318855135_Development_and_evaluation_of_anti-acne_gel_containing_garlic_Allium_sativum_against_Propionibacterium_acnes
Diakses pada 27 Oktober 2020
Dermatology Report. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4211483/
Diakses pada 27 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait