Obat Vertigo yang Bisa Dicoba: Dari Bahan Alami Hingga Resep Dokter

Mulai dari yang alami hingga resep dokter, ini obat vertigo
Obat untuk atasi vertigo yang mengganggu

Vertigo adalah suatu gangguan yang menyebabkan sensasi berputar-putar luar biasa di kepala yang dirasakan oleh penderitanya. Kondisi ini dapat memengaruhi keseimbangan tubuh.

Pusing dan sensasi berputar-putar luar biasa di kepala Anda yang berasal dari vertigo dapat membatasi aktivitas dan membuat Anda tak berdaya. Namun, tak perlu khawatir, ada berbagai pilihan obat vertigo yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi Anda.

Apa penyebabnya vertigo?

Penyebab vertigo pada setiap orang cenderung berbeda-beda. Pertama, vertigo disebabkan oleh masalah cara kerja bagian telinga dalam yang mengatur keseimbangan tubuh. Kemudian, vertigo disebabkan pula oleh masalah pada bagian otak tertentu, maupun gerakan kepala tertentu yang dapat memicu vertigo. 

Jika terdapat masalah pada bagian dalam telinga, maka Anda akan merasakan sakit dan pusing. Beberapa penyebab vertigo lainnya adalah sebagai berikut:

  • Migrain atau sakit kepala
  • Labyrinthitismerupakan infeksi pada bagian dalam telinga yang dapat mempengaruhi pendengaran dan keseimbangan tubuh Anda.
  • Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) adalah gangguan keseimbangan yang dapat menjadi penyebab vertigo saat posisi kepala berubah.
  • Penyakit Meniere adalah gangguan telinga bagian dalam yang disebabkan oleh penumpukan cairan dan perubahan tekanan pada bagian dalam telinga. Hal ini dapat menjadi penyebab vertigo bersamaan dengan munculnya denging pada telinga (tinnitus) dan gangguan pendengaran.
  • Neuritis vestibular atau labirinitis, merupakan gangguan pada telinga bagian dalam akibat infeksi (biasanya disebabkan oleh virus) di sekitar saraf yang penting untuk membantu keseimbangan tubuh.

Gejala paling umum dari vertigo adalah mual, muntah, sakit kepala, telinga berdengung (tinitus), dan sensasi kepala berputar-putar atau melayang.

Langkah sederhana untuk mengobati vertigo di rumah

Sebelum meredakan gejala vertigo dengan obat-obatan dari dokter, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu meredakan gejala tanpa menggunakan obat vertigo. Apakah itu?

1. Manuver Epley

Jika vertigo muncul berasal dari sisi telinga kiri, maka lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Duduk di pinggir ranjang. Kemudian, miringkan kepala hingga 45 derajat ke kiri (jangan sampai menyentuh bahu).
  • Tempatkan bantal empuk di bawah tubuh Anda sehingga saat Anda rebahan, bantal akan menyempil di antara bahu dan bukan terletak di bawah kepala Anda.
  • Dengan satu gerakan cepat, baringkan tubuh Anda (dengan kepala di ranjang, tetapi masih dalam posisi miring 45 derajat). Bantal seharusnya akan berada di bawah bahu. Tunggu selama 30 detik hingga gejala vertigo perlahan menghilang.
  • Tengokkan kepala Anda 90 derajat ke kanan tanpa mengangkatnya. Tunggu sampai 30 detik.
  • Lalu, ubah posisi kepala dan tubuh dengan menyamping ke kanan, sehingga Anda akan memandang lantai. Tunggu selama 30 detik.
  • Duduk secara perlahan, tetapi tetap berada di tempat tidur, selama beberapa menit.
  • Jika vertigo muncul berasal dari telinga kanan, maka lakukan langkah yang sama dari arah sebaliknya.

Anda dapat melakukan langkah-langkah di atas sebanyak tiga kali sesaat sebelum tidur di malam hari hingga pusing berangsur hilang.

2. Manuver Semont

  • Duduk di pinggir ranjang. Lalu, miringkan kepala hingga 45 derajat ke kanan.
  • Dengan satu gerakan cepat, baringkan tubuh Anda ke kiri. Tahan selama 30 detik.
  • Ubah posisi tubuh ke arah sebaliknya, tetapi jangan mengubah arah kepala Anda. pertahankan posisi kepala tetap 45 derajat dan berbaring selama 30 detik. Lalu, lihat ke arah lantai.
  • Duduk secara perlahan dan tunggu selama beberapa menit.
  • Anda dapat melakukan langkah yang sama untuk meringankan gejala vertigo muncul berasal dari telinga kanan.

3. Manuver Foster

  • Anda dapat berlutut dan mendongak ke atas menatap langit-langit selama beberapa detik.
  • Sentuh lantai dengan kepala, selipkan dagu ke dalam dada sehingga kepala Anda masuk ke dalam lutut. Tunggu selama 30 detik, atau saat gejala vertigo hilang.
  • Tengokkan kepala Anda menuju telinga yang menjadi sumber vertigo (misalnya, jika vertigo berasal dari telinga kiri, maka tengokkan wajah ke siku kiri). Tunggu 30 detik.
  • Dengan satu gerakan cepat, angkat kepala sehingga menjadi sejajar dengan punggung, seperti dalam posisi merangkak. Jaga agar posisi kepala tetap pada sudut 45 derajat. Tunggu 30 detik.
  • Selanjutnya, angkat kepala dengan satu gerakan cepat sehingga benar-benar tegak. Namun, jaga agar posisi kepala tetap menengok ke sisi tubuh yang menjadi sumber vertigo. Kemudian, berdirilah secara perlahan.

Anda mungkin dapat mengulangi gerakan manuver ini beberapa kali untuk membantu meringankan vertigo. Setelah sesi pertama, Anda bisa beristirahat terlebih dahulu selama 15 menit sebelum mencoba lagi untuk kedua kalinya.

4. Latihan Brandt-Daroff

  • Duduklah dengan posisi tegak di atas tempat tidur.
  • Miringkan kepala Anda 45 derajat menuju telinga yang menjadi sumber vertigo.
  • Lalu, berbaringlah ke sisi yang berlawanan. Tahan posisi ini selama 30 detik atau hingga gejala vertigo mereda.
  • Duduklah secara perlahan dan menghadap ke depan.

Sederet obat vertigo dari bahan-bahan alami yang dapat dicoba

Selain dengan melakukan gerakan sederhana di atas, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah untuk meringankan serangan vertigo muncul mendadak. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Minum teh jahe

Manfaat jahe sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu obat alami yang ampuh mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Mulai dari pusing, rasa mual, hingga vertigo.

Jahe diyakini dapat melancarkan peredaran darah sehingga otak dan telinga bagian dalam akan mendapatkan suplai oksigen dari darah.

Untuk membantu mengatasi vertigo dengan rempah jahe, Anda dapat menyeduh jahe yang sudah diparut atau jahe bubuk dengan air hangat atau teh. Anda juga dapat menambahkan sedikit daun mint dalam seduhan tersebut untuk membantu menghilangkan rasa mual. 

2. Konsumsi ginkgo biloba

Ginkgo biloba dapat dijadikan sebagai obat vertigo alami yang bisa Anda coba. Ginkgo biloba berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah ke otak dengan meredakan pusing dan sensasi berputar-putar luar biasa di kepala.

Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Otolaryngology melaporkan bahwa ginkgo biloba sama efektifnya dengan obat betahistine yang bekerja dengan meredakan gejala vertigo.

Anda bisa mengonsumsi ekstrak ginkgo biloba yang dijual di apotek. Meski demikian, Anda perlu berhati-hati dan berkonsultasi terlebih dahulu pada tenaga medis.

3. Perbanyak minum cairan

Salah satu penyebab vertigo adalah kekurangan asupan cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memperbanyak asupan air mineral yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat terhindari dari gejala vertigo.

4. Menghirup minyak esensial

Menghirup minyak esensial adalah obat vertigo alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Beberapa jenis minyak esensial yang bisa Anda hirup, di antaranya minyak peppermint, lavender, atau lemon.

Minyak esensial dipercaya dapat meringankan gejala vertigo yang kambuh, seperti sakit kepala, pusing, dan rasa mual. Anda bisa menggunakan minyak esensial dengan cara dihirup atau dioleskan ke kulit.

Namun, sebelum mengoleskannya ke kulit, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap minyak esensial. Cara memeriksa alergi, yakni dengan mengoleskan minyak esensial ke area pergelangan tangan bagian dalam.

5. Lakukan akupresur

Akupresur adalah terapi pengobatan alternatif yang dilakukan dengan menekan titik-titik tubuh tertentu menggunakan jari untuk meringankan rasa nyeri. Cara ini dipercaya dapat meredakan gejala penyakit sebagai obat vertigo alami.

6. Daun selasih

Daun selasih juga menjadi tanaman obat vertigo alami. Para ahli percaya bahwa tanaman yang banyak tumbuh di India dan negara-negara Asia lainnya ini berfungsi untuk meringankan gejala vertigo yang muncul karena daun selasih memiliki sifat antibakteri dan antiradang.

Selain itu, daun selasih juga bisa mengurangi sensasi kepala berputar-putar dan menjaga kesehatan pembuluh darah Anda.

Pilihan obat vertigo yang umum disarankan oleh dokter

Pada beberapa kasus, gejala vertigo dapat sembuh dengan sendirinya. Meski demikian, tak sedikit penderita vertigo yang memilih mengonsumsi obat vertigo. Beberapa zat aktif yang digunakan sebagai obat vertigo yang umum dianjurkan oleh dokter, di antaranya:

  • Meclizine adalah obat tablet yang digunakan untuk mengobati gejala vertigo dengan meredakan gejala pusing, serta rasa mual dan muntah.
  • Benzodiazepine, seperti diazepam. Obat vertigo ini juga efektif untuk mengurangi gejala mual dan muntah. Meski demikian, benzodiazepine dapat menimbulkan efek samping berupa rasa kantuk.

Catatan dari SehatQ

Obat vertigo dari bahan-bahan alami dapat menjadi salah satu cara untuk membantu meredakan gejala penyakit dalam jangka pendek. Namun, segera konsultasikan dengan dokter apabila vertigo tak kunjung hilang selama beberapa hari.

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan penanganan secara saksama sesuai penyebab penyakit, termasuk obat vertigo yang tepat untuk Anda.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320492.php
Diakses pada 27 November 2019

Web Md. https://www.webmd.com/brain/home-remedies-vertigo#1
Diakses pada 27 November 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/339384-herbs-vertigo/
Diakses pada 27 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-vertigo
Diakses pada 27 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/meclizine-oral-tablet#about
Diakses pada 27 November 2019

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/vertigo_overview/article.htm
Diakses pada 27 November 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4099171/
Diakses pada 27 November 2019

Artikel Terkait