Susah Tidur? Coba 5 Obat Tidur Alami yang Minim Efek Samping Ini

Obat tidur alami bisa berbentuk suplemen maupun tanaman herbal, seperti teh chamomile
Teh chamomile merupakan salah satu obat tidur alami

Obat tidur sering dipilih sebagai jalan pintas untuk membuat seseorang segera terlelap. Namun, tidak jarang muncul efek samping dari obat yang mengandung bahan-bahan kimia ini sehingga orang kini beralih pada obat tidur alami yang lebih minim risiko.

Merasakan tidur berkualitas sama pentingnya dengan menerapkan pola makan sehat maupun berolahraga. Tidur berkualitas dapat meningkatkan kinerja otak, serta menurunkan risiko berbagai jenis penyakit, seperti jantung, diabetes, stroke, dan obesitas.

Bagi sebagian orang, tidur berkualitas harus diraih dengan melakukan kebiasaan tertentu, misalnya minum susu hangat sebelum tidur atau berolahraga di siang hari. Namun bagi sebagian lainnya, mengonsumsi suplemen yang dikatakan sebagai obat alami susah tidur merupakan satu-satunya jalan keluar.

Apa saja yang dikatakan sebagai obat tidur alami?

Obat tidur alami ialah suplemen maupun bahan-bahan herbal yang dapat membantu Anda mengantuk sehingga merangsang tubuh Anda untuk segera masuk mode tidur. Obat tidur alami ini memiliki prinsip kerja yang lebih mirip dengan makanan dibanding obat, meski diproduksi oleh pabrik dan dijual di pasar bebas.

Berikut beberapa jenis obat alami untuk susah tidur yang bisa Anda coba.

  • Suplemen melatonin

Mengapa manusia pada umumnya mengantuk di malam hari? Itu karena terdapat homon melatonin yang diproduksi oleh otak dan bekerja berdasarkan rangsangan cahaya yang Anda rasakan.

Saat gelap, otak akan memproduksi lebih banyak melatonin sehingga Anda akan merasa mengantuk, begitu pula sebaliknya. Kadar melatonin dalam tubuh juga dipengaruhi oleh faktor usia, yakni semakin sedikit seiring dengan pertambahan usia Anda.

Hormon melatonin ini banyak digunakan dalam suplemen yang diklaim sebagai obat tidur alami. Melatonin memang terbukti efektif untuk mengatasi gangguan tidur karena jet lag, susah tidur di malam hari, atau orang yang bekerja di malam hari, namun tidak bisa menyembuhkan insomnia.

Melatonin aman dikonsumsi sebanyak 1-5 mg per hari dan diminum sebelum tidur. Obat alami susah tidur ini bisa Anda dapatkan di apotek, toko obat, supermarket, hingga online shop.

  • Akar valerian

Akar valerian adalah tanaman herbal yang diklaim merupakan obat tidur alami paling ampuh. Bahan alami ini terbukti mempersingkat waktu yang Anda butuhkan untuk merasa mengantuk serta membuat tidur Anda berkualitas sehingga Anda bangun tidur dalam kondisi segar.

Meski demikian, tidak ada bukti yang menunjukkan konsumsi akar valerian dalam jangka panjang terus-menerus (misalnya lebih dari 4 minggu) bisa semakin meningkatkan kualitas tidur Anda dibanding hanya meminumnya sekali-sekali. Lagipula, akar valerian hanya memberi manfaat pada orang yang benar-benar memiliki gangguan tidur.

  • Chamomile

Chamomile merupakan tanaman herbal yang dikenal memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri yang sudah digunakan selama berabad-abad sebagai obat tidur alami. Tanaman ini paling baik dikonsumsi sebagai teh hangat sehingga memunculkan efek relaksasi dan mengantuk.

  • Suplemen magnesium

Studi menunjukkan bahwa magnesium memiliki efek relaksasi bagi tubuh, terutama karena ia juga bisa memengaruhi produksi melatonin pada otak. Ketika tubuh kekurangan magnesium, Anda bisa mengalami gangguan tidur hingga insomnia. Untuk menambah asupan magnesium di dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi suplemen magnesium.

  • Lavender

Bunga berwarna ungu ini memiliki aroma yang diklaim bisa membuat Anda merasa rileks. Saat ini, banyak produk yang terbuat dari lavender, misalnya minyak aromaterapi atau lilin, yang efektif digunakan oleh wanita dan anak-anak selama 30 menit sebelum tidur untuk menimbulkan rasa kantuk.

Riset pun membuktikan lavender memiliki efek yang sama seperti obat tidur konvensional, namun dengan efek samping yang lebih sedikit.

Selain kelima bahan alami di atas, suplemen lain yang mengandung triptophan, ginko biloba, dan L-Theanine juga bisa menjadi obat tidur lelap. Hanya saja, ketiga bahan ini masih perlu pembuktian yang lebih dalam lagi.

Tips agar Anda bisa tidur nyenyak

Selain mengonsumsi obat tidur alami, Anda juga bisa melakukan berbagai kebiasaan untuk membuat tidur lebih nyenyak. Kebiasaan tersebut, di antaranya:

  • Lebih banyak beraktivitas di luar ruangan pada siang hari
  • Mengurangi paparan sinar biru (misalnya dari telepon genggam atau televisi) pada sore hari
  • Jangan konsumsi kafein pada sore hari
  • Kurangi tidur siang
  • Atur jadwal tidur dan bangun dengan lebih rutin
  • Jangan minum alkohol
  • Pastikan kamar tidur Anda nyaman, baik dari segi suhu maupun pencahayaan
  • Jangan banyak pikiran, terutama menjelang waktu tidur
  • Mandi air hangat
  • Melakukan olahraga ringan paling lama 2 jam sebelum tidur

Jika gangguan tidur Anda tetap berlangsung setelah melakukan cara-cara di atas, konsultasikan dengan dokter. Mungkin memang sudah saatnya Anda meminum obat kimia yang memiliki efek lebih kuat dibanding obat tidur alami di atas.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sleep-aids
Diakses pada 10 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323775.php
Diakses pada 10 September 2019

WebMD. https://www.webmd.com/women/natural-sleep-remedies#1
Diakses pada 10 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/17-tips-to-sleep-better#section16
Diakses pada 10 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed