Obat Tetes Mata Merah dan Mata Kering Serta Cara Pemakaian yang Tepat


Meski telah membatasi aktivitas di luar ruangan selama pandemi, bukan berarti Anda pasti terhindar dari risiko mata merah dan mata kering. Oleh karena itu, selalu sediakan obat tetes mata yang mampu meredakan kedua kondisi tersebut.

(0)
22 Apr 2021|Maria Yuniar
Pastikan tangan sudah bersih sebelum meneteskan obat tetes mataKini telah tersedia obat tetes mata untuk mata merah sekaligus mata kering
Masa pandemi saat ini mengharuskan banyak orang untuk membatasi aktivitas di luar tempat tinggal. Bahkan, kegiatan work from home (WFH) sudah bukan menjadi hal asing lagi saat ini. Lebih sering menjalani kegiatan di dalam rumah mungkin memang akan menghindarkan Anda dari debu dan sumber polutan penyebab mata merah. Namun ingat, masih ada faktor lain seperti penggunaan pendingin ruangan alias AC di rumah yang tetap berpotensi menyebabkan mata merah, kering, maupun lekas lelah. Oleh karena itu, selalu sediakan obat tetes mata selama WFH.

Obat tetes mata merah dan cara kerjanya

Ketika mengalami mata merah, Anda bisa mencoba mengatasinya terlebih dahulu dengan obat tetes mata yang dapat dibeli secara bebas di apotek maupun minimarket. Obat tetes mata ini pun bisa menjadi pilihan ketika mata merah akibat alergi bulu hewan peliharaan di rumah. Obat tetes mata merah bekerja dengan cara mempersempit pembuluh darah pada permukaan mata. Proses yang disebut sebagai vasoconstriction ini, mampu membantu menyembuhkan kemerahan pada mata. Biasanya, obat tetes mata jenis ini mengandung bahan untuk meredakan alergi, serta pelumas mata yang sifatnya ringan.Sesuai namanya, obat tetes mata merah mampu meredakan kemerahan pada mata akibat iritasi. Obat ini aman digunakan sesekali. Misalnya, ketika Anda mengalami gejala mata merah yang sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

Obat tetes mata kering dan kegunaannya

Selain obat tetes mata khusus mata merah, ada juga obat tetes mata kering yang terasa sangat gatal. Obat tetes mata yang juga dikenal sebagai air mata buatan ini, mampu menjaga mata tetap lembap dan terlubrikasi.Obat tetes mata kering mengandung elektrolit dan lubrikan yang mampu meniru layaknya air mata asli. Gunakan obat tetes mata ini sesuai kebutuhan, misalnya ketika mata kering, mengalami alergi ringan, maupun iritasi akibat pemakaian lensa kontak.

Tips memakai obat tetes mata

Periksa ujung botol tetes mata
Memakai obat tetes mata memang gampang-gampang susah. Apalagi untuk Anda yang tidak terbiasa menggunakannya. Namun tenang saja. Berikut ini tips memakainya, yang bisa Anda ikuti.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  • Periksa ujung botol tetes mata dan pastikan tidak rusak.
  • Tengadahkan kepala, gunakan jari telunjuk untuk menarik kantong mata ke bawah.
  • Dengan tangan lainnya, pegang botol obat tetes mata sedekat mungkin dengan mata.
  • Tekan botol obat tetes secara perlahan, sesuai jumlah tetes yang diperlukan mata.
  • Biarkan tetes obat mata masuk ke kantong mata dan jangan berkedip dulu.
  • Setelah obat tetes mata masuk, tutup mata selama 2-3 menit.
  • Seka cairan obat yang menetes di luar mata dengan tisu.
  • Jangan lupa memasang kembali tutup botol obat tetes dengan rapat.
  • Cuci kembali tangan dengan sabun dan air mengalir untuk memastikan tidak ada tetesan obat yang menempel.

Rekomendasi obat tetes mata

Setelah mengetahui jenis obat tetes mata dan cara pemakaiannya, kini Anda tak perlu lagi bingung mencari yang sesuai kebutuhan. Sebab, telah tersedia obat tetes mata Rohto untuk mengatasi mata yang kering, merah, maupun kelelahan.Anda bisa memilih Rohto V-Extra untuk obat tetes mata merah dan obat tetes mata kering, serta Rohto EyeFlush sebagai cairan pembilas dan penyegar mata.

1. Rohto V-Extra

Rohto V-Extra
 Mampu membantu meredakan mata merah dan mata kering, Rohto V-Extra mengandung Tetrahidrozolin HCl 0,05% untuk mengatasi mata merah karena iritasi ringan, dan Macrogol 400 1% yang mampu melembapkan mata kering. Selain itu, ada tambahan vitamin B6 dan vitamin E. Nikmati pula sensasi kesejukan Rohto V-Extra pada mata Anda. Teknologi click & push pada kemasannya mempermudah dalam membuka maupun menutup botol obat tetes mata hanya dengan memutar dan menekan tutup hingga bunyi, “klik”.

2. Rohto EyeFlush

Rohto EyeFlush
Rohto EyeFlush bisa digunakan untuk mencuci mata sekaligus mencegah iritasi mata ringan. Anda disarankan untuk tidak mengucek mata, dan rajin membersihkan mata dengan produk yang satu ini, yang diperkaya dengan Distilled Witch Hazel 13% serta vitamin E.Botolnya dilengkapi mangkuk eyebath yang diimpor dari Jepang dan hak patennya sudah didaftarkan. Dengan eyebath ini, Anda akan jadi lebih nyaman saat menggunakan Rohto EyeFlush dan tidak perlu khawatir cairan ini akan tumpah. Selain itu, mangkuk kecil ini memungkinkan untuk membersihkan mata dengan efektif.Selalu ikuti petunjuk pemakaian obat tetes mata dan cairan pembilas mata. Apabila mata masih merah maupun kering setelah beberapa kali memakai produk tersebut, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter, untuk pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.
mata keringmata merahadv rohto
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/choosing-right-eye-drops-itchy-dry-watery-eyes/
Diakses pada 8 April 2021
ITB. https://yankes.itb.ac.id/informasi/cara-menggunakan-obat-tetes-mata/
Diakses pada 8 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait