logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

5 Obat Sipilis yang Efektif Serta Anjuran Pemakaiannya

open-summary

Obat sipilis yang paling umum dipakai adalah antibiotik penisilin. Penderita yang berada pada tahapan sipilis primer, sekunder, dan laten awal masih dapat diobati dengan satu kali suntikan penisilin. Namun, jika ada riwayat alergi penisilin, dokter bisa memberikan obat sipilis lain seperti doxycycline, tetracycline, ceftriaxone, dan azithromycin.


close-summary

9 Sep 2022

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Obat sipilis yang paling sering dipakai adalah penisilin

Obat sipilis yang diberikan adalah antibiotik karena sipilis merupakan infeksi bakteri

Table of Content

  • Berbagai jenis obat sipilis
  • Cara mengobati sipilis pada ibu hamil
  • Selama proses pengobatan sipilis

Sipilis adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang sering terjadi. Jika dibiarkan, sipilis atau yang dikenal juga dengan istilah "raja singa" bisa menimbulkan komplikasi yang serius. Karena itu, Anda perlu mengetahui berbagai jenis obat sipilis yang bisa digunakan.

Advertisement

Berbagai jenis obat sipilis

Obat sifilis yang paling sering digunakan adalah penisilin
Obat sipilis yang paling sering diresepkan adalah penisilin

Sipilis adalah salah satu penyakit menular secara seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini hanya bisa disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Berikut beberapa jenis obat sipilis yang biasa digunakan:

1. Penisilin

Penisilin adalah pilihan utama dalam pengobatan sipilis. Penderita yang berada pada tahapan sipilis primer, sekunder, dan laten awal masih dapat diobati dengan satu kali suntikan penisilin. Namun, penderita yang sudah berada dalam tahapan sipilis laten yang parah memerlukan penyesuaian dosis suntikan penisilin.

Penderita tahapan sipilis laten yang parah biasanya diberikan terapi berupa injeksi penisilin per minggu.

Jika Anda punya riwata alergi penisilin, maka dokter baru akan meresepkan antibiotik lain yang juga dianggap efektif untuk mengobati sipilis. 

2. Doxycycline

Bagi penderita sipilis yang alergi terhadap penisilin, dokter biasanya akan menggantinya dengan meresepkan doxycycline 100 mg yang diminum dua kali sehari selama 14 hari untuk sipilis stadium awal, dan 28 hari untuk sifilis stadium lanjut.

Jika dibandingkan dengan tetrasiklin, umumnya pasien memiliki kepatuhan yang lebih baik untuk minum doxycyline karena frekuensi minumnya yang lebih jarang dan efek samping pencernaan yang lebih sedikit. Namun, studi terhadap doxycycline untuk pengobatan sipilis masih jarang, dengan hasil yang sebagian juga bertentangan.

3. Tetracycline

Tetracycline adalah antibiotik yang sering digunakan dalam mengobati penyakit menular seksual seperti sipilis, gonore, atau klamidia. Dalam beberapa kasus, tetrasiklin digunakan ketika penisilin atau antibiotik lain tidak dapat digunakan untuk mengobati infeksi serius.

Untuk mengobati sipilis, dosis tetracycline yang diresepkan biasanya 500 mg yang diminum 4 kali per hari selama 14 hari dalam kondisi perut kosong, yakni 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

Ibu hamil dan menyusui serta anak berusia di bawah 8 tahun juga tidak dianjurkan menggunakan obat ini. Salah satu efek samping tetracycline pada anak-anak adalah perubahan warna gigi.

4. Ceftriaxone

Berdasarkan studi klinis terbatas, ceftriaxone adalah obat antibiotik yang efektif untuk mengobati sipilis stadium awal atau sipilis yang sudah lama. Obat ini tersedia dalam injeksi.

Untuk mengobati sipilis, ceftriaxone diberikan 1 gram setiap hari selama 10 hari secara intravena atau intramuskular. Namun, dosis optimal dan durasi terapi ceftriaxone belum ditentukan.

5. Azithromycin

Obat sipilis lain yang dapat diberikan jika alergi penisilin adalah azithromycin. Obat ini termasuk ke dalam kelas obat antibiotik makrolida yang bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Dosis yang diberikan dapat tergantung pada kondisi medis, usia dan formulasi azithromycin yang digunakan serta faktor lainnya. Dosis khas untuk orang dewasa adalah 500 miligram (mg) sehari pada hari pertama, dilanjutkan dengan 250 mg sehari pada hari kedua hingga kelima.

Penggunaan azithromycin dapat menyebabkan kulit menjadi lebih mudah terbakar matahari. Karena itu, selama masih dalam perawatan obat ini, sebaiknya gunakan pelindung dan tabir surya saat berada di luar ruangan.

Baca Juga: Gejala Sipilis pada Wanita dari Fase Awal hingga Akhir

Cara mengobati sipilis pada ibu hamil

Obat sifilis ibu hamil adalah antibiotik penisilin
Obat sipilis untuk ibu hamil adalah penisilin

Pada ibu hamil, pengobatan sipilis sama dengan mengobati sipilis pada umumnya, yaitu dengan penisilin. Akan tetapi, penisilin dianggap sebagai satu-satunya obat antibiotik yang aman untuk mengobati sipilis pada ibu hamil.

Pada ibu yang sedang dalam trimester ketiga kehamilannya dan terdiagnosis dengan ciri-ciri sipilis pada tahapan awal, cara mengobatinya adalah dengan menggunakan antibiotik penisilin yang disuntikkan setiap minggu dalam jangka waktu dua minggu.

Jika penderita memiliki alergi penisilin, maka penderita akan diberikan desensitisasi (prosedur pengurangan alergi) terlebih dahulu sebelum diberikan injeksi penisilin.

Bayi yang lahir dari penderita sipilis yang telah menyelesaikan pengobatannya lebih dari empat minggu sebelum persalinan tetap perlu mendapat pemeriksaan.

Namun, jika penderita menyelesaikan pengobatannya kurang dari empat minggu, tidak menggunakan pengobatan penisilin, memiliki riwayat penanganan tidak jelas, atau setelah lahir pemeriksaan terhadap bayi tidak dapat dipastikan, maka bayi akan diberikan suntikan penisilin.

Baca Juga: Gejala Sipilis pada Pria yang Perlu Diwaspadai

Selama proses pengobatan sipilis

Setelah menjalani proses pengobatan dengan minum obat sipilis, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

1. Saat pengobatan penyakit sipilis

Sementara dalam masa pengobatan, penderita mungkin akan mengalami reaksi Jarisch-Herxheimer yang biasanya berlangsung kurang lebih satu hari.

Saat mengalami reaksi ini, penderita akan mengalami mual, demam, menggigil, sakit kepala, dan sakit pegal.

Sementara melakukan pengobatan, penderita yang mengalami penyakit ini tidak boleh melakukan hubungan seksual sampai dokter menyatakan bahwa penderita sudah boleh melakukan hubungan intim.

2. Setelah pengobatan penyakit sipilis

Setelah menyelesaikan pengobatan yang diberikan, dokter akan meminta penderita untuk melakukan uji darah secara berkala untuk melihat apakah tubuh penderita merespons pengobatan penisilin yang diberikan atau tidak.

Selain uji darah, penderita juga akan diminta untuk melakukan uji HIV. Penderita yang mengalami penyakit sipilis juga dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan seksual sampai hasil uji darah memperlihatkan bahwa penderita sudah tidak terinfeksi sipilis.

Baca Juga

  • Penyakit Kelamin yang Disebabkan oleh Bakteri Harus Dihindari
  • Inilah Dampak Seks Bebas bagi Kesehatan Fisik dan Mental
  • Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar pengobatan sipilis, konsultasikan langsung dengan dokter lewat fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh gratis di App Store dan Google Play.

Advertisement

penyakit menular seksualinfeksi menular seksualsifilis

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved