Dari Bahan Alami hingga Antibotik, Ini Obat Sinusitis yang Ampuh

Sinusitis dapat ditangani dengan obat sinusitis alami atau antibiotik
Sinusitis kerap mengganggu keseharian penderitanya

Setiap orang yang pernah mengalami infeksi sinus alias sinusitis, paham bahwa kondisi ini sangat menyiksa karena dapat menimbulkan hidung mampet hingga sakit kepala. Ketika infeksi sinus sudah mengganggu aktivitas Anda, inilah saatnya Anda mengonsumsi obat sinusitis.

Sinus merupakan bagian hidung yang berisi udara dan tersebar di beberapa titik, seperti di dalam tulang pipi, di belakang dahi dan alis, di kedua didi tulang hidung, dan di belakang hidung yang sejajar dengan otak.

Ketika sinus dalam kondisi bersih, rongga ini dapat dilalui oleh cairan hidung yang membawa debu atau bakteri dengan mudah. Namun, ketika cairan ini terjebak di kantung udara tersebut, virus, bakteri, maupun jamur bisa berkembang biak sehingga mengakibatkan infeksi pada sinus atau sinusitis.

Apakah ada obat sinusitus alami?

Meski kehadirannya sangat mengganggu, infeksi sinus biasanya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa Anda harus minum obat sinusitis apa pun. Namun, Anda bisa mempercepat proses penyembuhan itu dengan melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Minum air putih

Minum air putih setidaknya 8 gelas per hari dipercaya mampu membuang virus penyebab sinusitis dari tubuh Anda.

  • Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan yang dapat bertindak sebagai obat sinusitis alami, misalnya bawang putih, jahe, maupun madu. Bahan-bahan ini dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh yang mampu memerangi virus maupun bakteri penyebab sinusitis.

  • Melembapkan udara di hidung

Lembapkan udara di hidung agar hidung mampet akibat sinusitis dapat membaik. Anda juga dapat menggunakan cairan saline yang disemprot ke hidung untuk meredakan hidung mampet atau setidaknya mandi air hangat untuk melonggarkan jalan napas.

  • Gunakan minyak esensial

Minyak esensial, misalnya minyak eukaliptus (kayu putih), dipercaya dapat mengencerkan lendir sehingga bisa digunakan sebagai obat sinusitis alami. Caranya, hirup langsung minyak esensial dari botolnya atau Anda menggunakan diffuser. Pastikan minyak esensial yang Anda gunakan aman untuk dikonsumsi.

Selain dengan obat alami di atas, Anda juga dapat meredakan gejala sakit kepala yang menyertai sinusitis lewat kompres hangat. Gunakan handuk yang telah dicelup ke air hangat, kemudian tempelkan di pipi atau sekitar hidung dan mata.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda telah mencoba obat sinusitis seperti disebutkan di atas, namun penyakit Anda tidak mereda dalam 10 hari, maka itu saatnya untuk memeriksakan diri pada dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT). Jika Anda merasa gejala makin parah sebelum 10 hari tersebut, jangan menunda untuk pergi ke THT.

Anda juga sebaiknya langsung menemui dokter, jika sinusitis diikuti dengan demam yang lebih dari 38 derajat celcius. Bila Anda mengalami sinusitis kronis alias infeksi sinus yang berlangsung lebih dari 8 minggu atau berulang sebanyak 4 kali dalam setahun, periksakan diri ke tenaga medis yang kompeten.

Dokter akan merekomendasikan beberapa jenis obat sinusitis yang bisa Anda gunakan, seperti:

  • Antibiotik

Obat sinusitis ini digunakan ketika bakteri menjadi penyebab infeksi Anda. Antibiotik harus dikonsumsi selama 3-28 hari, tergantung jenis antibiotiknya dan berapa lamanya Anda telah menderita sinusitis.

  • Semprotan dekongestan

Obat sinusitis ini dapat meredakan pembengkakan pada rongga hidung yang membuat cairan hidung tidak bisa keluar dan terjebak pada sinus. Namun, jangan gunakan semprotan ini lebih dari 4 hari berturut-turut karena dikhawatirkan mengakibatkan ketergantungan obat.

  • Antihistamin

Obat sinusitis ini bekerja dengan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi. Alergi merupakan salah satu pemicu sinusitis, yakni dengan membuat saluran sinus membengkak sehingga cairan tidak bisa keluar dari lubang udara tersebut.

  • Obat kortikosteroid

Obat sinusitis ini biasanya berbentuk semprot (spray) dan digunakan untuk meredakan peradangan dan bengkak di saluran hidung serta mulut sinus. Kortikosteroid semprot juga aman digunakan setelah Anda sembuh karena dapat mencegah sinus datang kembali. Hanya saja, perhatikan dosis pemakaiannya agar tidak berlebihan.

Dokter mungkin akan mengombinasikan beberapa obat untuk meredakan sinusitis Anda. Kombinasi yang digunakan, misalnya antibiotik dengan cairan saline yang disemprot ke hidung, atau obat semprot dekongestan dengan antihistamin.

Jika obat sinusitis di atas tidak mempan juga, dokter akan menyarankan Anda melakukan operasi hidung sebagai jalan terakhir mengobati sinusitis. Lewat operasi, dokter dapat membetulkan anatomi tulang hidung, mengangkat polip (jika ada), dan membersihkan sinus dari cairan yang terjebak di dalamnya.

American College of Allergy, Atshma, and Immunology. https://acaai.org/allergies/types/sinus-infection
Diakses pada 9 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-sinus-infection
Diakses pada 9 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324743.php
Diakses pada 9 Desember 2019

Artikel Terkait