Pilihan Obat Sesak Napas Herbal dan Cara Alami Mengatasinya


Beberapa bahan herbal, seperti jahe, kunyit, dan madu punya efek anti-inflamasi yang berguna untuk obat sesak napas alami. Selain konsumsi bahan herbal, beberapa cara lain seperti menghirup uap hangat juga dapat melegakan pernapasan.

0,0
Ditinjau olehdr. Reni Utari
obat herbal alami untuk sesak napasBerbagai bahan herbal yang mengandung antiperadangan dapat menjadi obat pelengkap sesak napas
Sesak napas atau dispnea bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari penyakit pernapasan, masalah lambung, hingga anemia. Sesak napas sangat membuat tidak nyaman bahkan bisa mengarah ke kondisi yang lebih serius. Sebagai pertolongan pertama, Anda mungkin bisa menggunakan obat sesak napas alami, bahkan dari dapur rumah Anda. 

Pilihan obat sesak napas alami

Ketika mengalami sesak napas ringan hingga sedang, mungkin Anda tidak berpikir untuk segera ke dokter. Beberapa dari Anda mungkin memilih beristirahat sejenak untuk meredakan gejalanya.Selain beristirahat, nyatanya ada beberapa bahan herbal yang bisa jadi obat sesak napas alami. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan sesak napas:

1. Kopi hitam

Kopi hitam disebut dapat menjadi obat sesak napas alami karena kandungan kafein di dalamnya. Kafein dapat mengendurkan otot-otot di saluran pernapasan sehingga sesak napas bisa berkurang.Meski begitu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kafein dalam kopi secara berlebihan. Pasalnya, kafein mampu meningkatkan detak jantung yang dapat memperburuk kondisi Anda. Belum lagi jika Anda mengalami sesak napas karena maag (GERD). Minum kafein terlalu banyak justru dapat memperburuk kondisi GERD, yang dapat membuat Anda semakin sesak napas.

2. Jahe 

Jahe terkenal sebagai bahan alami yang mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan, termasuk untuk sesak napas. Jahe mampu memberikan efek menenangkan pada saluran pernapasan. Makan jahe segar atau menambahkan potongan jahe pada minuman hangat diketahui dapat mengurangi sesak napas akibat infeksi saluran pernapasan. Efek anti-inflamasi dalam jahe juga efektif melawan virus penyebab infeksi saluran napas. Dalam jurnal Tanaffos, diketahui bahwa efek anti-inflamasi dalam beberapa tanaman herbal mampu mengatasi sumbatan (obstruksi) saluran napas. Hal ini dilakukan dengan cara membantu melebarkan saluran napas dan mengurangi dahak. BACA JUGA: Langkah Pertolongan Pertama Asma yang Wajib Anda Ketahui

3. Madu

Serupa dengan jahe, madu juga punya banyak manfaat kesehatan, salah satunya bahan herbal untuk sesak napas. Madu untuk mengatasi masalah sesak napas telah dikenal luas karena kandungan antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi di dalamnya. Efek antimikroba dan anti-inflamasi dalam madu diketahui dapat memperbaiki jalan napas. Hal ini tentu memberikan efek positif bagi pada penderita gangguan pernapasan. 

4. Licorice

Licorice (Glycyrrhiza glabra) atau dikenal dengan akar manis adalah tumbuhan herbal yang cukup populer untuk mengatasi berbagai gangguan pernapasanTanaman ini diketahui memiliki efek anti-inflamasi yang mampu mengatasi beberapa gangguan di paru-paru, batuk, dan membersihkan saluran napas.  

5. Kunyit 

Kunyit merupakan rempah yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang telah terbukti mampu mengurangi peradangan di saluran napas. Kurkumin mengandung senyawa antioksidan yang mampu melawan stres oksidatif termasuk peradangan dan infeksi saluran pernapasan. Hal inilah yang membuat kunyit berpotensi sebagai obat herbal sesak napas. 

6. Ginseng

Sebuah penelitian yang dimuat dalam National Library of Medicine menyebutkan keampuhan ginseng dalam meredakan sesak napas pada orang . Orang yang mengonsumsi ginseng diketahui memiliki kemampuan bernapas yang jauh lebih baik.Bahkan, mereka juga bisa melakukan beberapa olahraga dibandingkan mereka tidak mengonsumsi ginseng.Sementara itu, studi lain yang dimuat dalam jurnal Chinese Medicine menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng memiliki fungsi paru yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak mengonsumsinya.Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih tetap diperlukan untuk benar-benar membuktikan keampuhan ginseng sebagai salah satu obat herbal untuk sesak napas.

7. Fenugreek

Journal of the Saudi Society of Agricultural Sciences menyebutkan bahwa fenugreek bisa juga berpotensi sebagai salah satu obat alami sesak napas.Sesak napas bisa terjadi karena adanya penumpukan dahak atau lendir di saluran pernapasan. Nah, fenugreek diketahui mampu mengecerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dengan demikian, Anda jadi bisa bernapas lebih lega. Untuk mendapatkan manfaat fenugreek sebagai salah satu bahan herbal sesak napas, Anda bisa mengolahnya menjadi teh.BACA JUGA: Orthopnea: Gangguan Sesak Napas Saat Berbaring, Bagaimana Solusinya?

Cara mengatasi sesak napas secara alami

Selain menggunakan berbagai obat herbal sesak napas di atas, Anda juga bisa melakukan beberapa cara mengatasi sesak napas secara alami berikut ini di rumah.
  • Atur posisi duduk tegak dan nyaman
  • Napas dalam-dalam dan buang perlahan melalui mulut yang mengerucut
  • Bersandar ke arah depan dengan kaki menapak ke lantai sambil bernapas
  • Mempraktikkan proning position
  • Menggunakan kipas angin portabel yang diarahkan ke wajah
  • Menghirup uap hangat 
  • Gunakan oksigen portabel 
Anda juga bisa mengonsumsi obat sesak napas sesuai dengan yang dokter resepkan untuk mengurangi sesak napas.

Catatan dari SehatQ

Terdapat beberapa penyebab sesak napas yang paling umum terjadi, seperti kegemukan, paparan polutan atau asap, hingga penyakit tertentu, seperti asma, PPOK, atau GERD.Menjauhi pemicu sesak napas dan mengobati penyakit yang mendasari merupakan cara ampuh untuk mencegah dan mengatasi sesak napas kambuh kembali. Sebagai pertolongan pertama, berbagai cara alami dan obat herbal sesak napas bisa Anda coba di rumah untuk mengurangi gejalanya. Anda juga sebaiknya menjalankan gaya hidup sehat untuk mencegah sesak napas kembali datang.Meski begitu, jika Anda sudah punya obat-obatan rutin dari dokter, jangan menggantinya dengan obat-obat alami di atas. Obat alami sesak napas tidak bisa menggantikan pengobatan dari dokter, tetapi membantu melengkapi.Anda juga mungkin bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi bahan herbal, untuk mengantisipasi kemungkinan interaksi obat.Jika kondisi tak kunjung membaik, bahkan menimbulkan nyeri dada hingga hilang fokus dan kesadaran, segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan mengidentifikasi penyebab dan memberikan pengobatan yang sesuai.Jika masih ada pertanyaan seputar obat sesak napas alami, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
asmapenyakit pernapasansesak napas
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319175#causes
Diakses pada 20 Oktober 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320881#cough
Diakses pada 20 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/copd/herbs-supplements
Diakses pada 20 Oktober 2021
Tannafos. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5410114/
Diakses pada 20 Oktober 2021
Journal of Taibah University Medical Sciences. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6695040/
Diakses pada 20 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait