Obat Semprot Hidung Tak Boleh Dipakai Sembarangan, Kenali Jenis dan Kegunaannya

(0)
16 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu jenis obat semprot hidung adalah obat semprot steroidObat semprot hidung memiliki banyak jenis
Obat semprot hidung (nasal spray) adalah alat yang digunakan untuk mengatasi sejumlah gejala pada hidung dengan lebih cepat. Sebab, obat ini dapat disemprotkan langsung ke dalam hidung dan mampu bekerja dengan segera.Ada beberapa jenis obat semprot hidung yang umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang biasa menyerang hidung. Meski bermanfaat, Anda tidak boleh sembarangan menggunakan obat semprot hidung karena masing-masing jenisnya memiliki kegunaan yang berbeda.

Jenis-jenis obat semprot hidung

Berikut adalah jenis-jenis obat semprot hidung yang tersedia di pasaran beserta kegunaannya.

1. Obat semprot steroid (kortikosteroid)

Obat semprot steroid atau obat semprot kortikosteroid, merupakan salah satu obat semprot hidung yang dapat digunakan sebagai pengobatan pertama alergi.Obat semprot steroid bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada saluran hidung. Beberapa gejala yang dapat diatasi dengan obat semprot steroid adalah:Kortikosteroid merupakan jenis obat semprot hidung sinusitis yang direkomendasikan karena dapat bermanfaat dalam mengurangi pembengkakan pada bagian dalam hidung. Penting bagi Anda untuk menjaga rongga hidung supaya tetap bersih karena penyumbatan pada bagian ini dapat mengganggu drainase ruang telinga tengah Anda sehingga menyebabkan infeksi telinga.Kortikosteroid juga termasuk dalam obat semprot polip hidung yang dianjurkan. Obat ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi pada penderita polip hidung atau bahkan menghilangkannya.Obat semprot steroid harus digunakan secara teratur sesuai aturan pakai di kemasan atau anjuran dokter. Jika digunakan secara sembarangan, obat semprot hidung ini tidak akan efektif. Obat semprot steroid juga memiliki efek samping, tapi risikonya lebih rendah jika dibandingkan obat yang diminum.

2. Obat semprot antihistamin

Obat semprot antihistamin berfungsi untuk memblokir histamin yang dapat menyebabkan reaksi alergi, misalnya hidung meler. Akan tetapi, penggunaan obat semprot hidung ini dapat terasa kurang nyaman bagi sebagian orang karena akan menimbulkan rasa pahit.

3. Kombinasi kortikosteroid dan antihistamin

Ada juga jenis obat semprot hidung yang merupakan kombinasi dari steroid dan antihistamin. Akan tetapi, obat ini tidak dijual dengan bebas dan Anda membutuhkan resep dokter untuk mendapatkannya.

4. Obat semprot dekongestan

Obat semprot dekongestan dapat membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cara menyempitkan pembuluh darah di hidung. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan sehingga meredakan hidung tersumbat.Satu hal yang perlu diperhatikan, obat ini hanya dapat digunakan dalam waktu singkat, tepatnya tidak lebih dari tiga hari. Penggunaan obat semprot hidung tersumbat dalam jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan dan hidung menjadi lebih mudah tersumbat lagi (rhinitis medikamentosa).

5. Obat semprot antikolinergik

Obat semprot antikolinergik bermanfaat untuk mengobati pilek, baik karena rhinitis alergi atau nonalergi, karena dapat mengurangi sekresi dari kelenjar di saluran hidung. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan obat ini adalah mulut kering dan rasa tidak enak di mulut.

6. Obat semprot sodium cromolyn

Obat semprot sodium cromolyn dapat membantu mengatasi hidung tersumbat, bersin, dan pilek pada penderita alergi. Efek samping yang paling umum dari penggunaan obat ini adalah hidung terbakar dan muncul seperti tersengat di awal pemakaian.

7. Obat semprot saline

Obat semprot saline merupakan jenis obat semprot hidung yang mengandung garam dan bermanfaat untuk menjaga kelembapan hidung. Obat ini dapat digunakan untuk mencegah terjadinya iritasi atau infeksi.Obat semprot saline juga bisa Anda gunakan saat mengalami mimisan. Namun, perlu diingat bahwa obat ini tidak dapat digunakan sebagai obat semprot hidung tersumbat.

Cara menggunakan obat semprot hidung

Obat semprot hidung
Masukkan obat semprot hidung secara bergantian ke dalam lubang hidung
Cara menggunakan obat semprot hidung cukup mudah dan praktis. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Bersihkan hidung dari kotoran, seperti upil dan ingus.
  2. Siapkan obat semprot hidung sesuai ketentuan.
  3. Tutup salah satu lubang hidung dengan menekan bagian cuping hidung menggunakan jari perlahan.
  4. Pegang botol obat semprot hidung dengan tangan yang satunya lagi, letakkan botol di bawah lubang hidung yang terbuka. Pastikan bagian atas obat berada di bawah lubang hidung.
  5. Tekan pompa untuk menyemprotkan obat, sambil tarik napas dengan perlahan.
  6. Lakukan hal yang sama pada lubang hidung yang satunya.
Beberapa jenis obat semprot hidung bisa didapatkan secara bebas, sementara yang lainnya memerlukan resep dokter. Selalu perhatikan cara pemakaian dengan baik dan benar karena setiap obat semprot hidung memiliki aturan berbeda.Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari pemberian obat yang tidak efektif karena pemakaian yang tidak teratur atau malah membuat ketergantungan karena penggunaan yang berlebihan.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah hidung, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
alergisinusitispolip hidung
AAO Allergy. https://www.aaoallergy.org/allergy/you-want-me-to-spray-what-up-my-nose-%EF%BB%BF/
Diakses 3 Marert 2021
Web MD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/cold-guide/nasal-sprays-cold-relief#1
Diakses 3 Marert 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/anticholinergics
Diakses 3 Marert 2021
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nasal-polyps/diagnosis-treatment/drc-20351894
Diakses 3 Marert 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait