Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil Tidak Boleh Sembarangan

(0)
26 Nov 2019|Rieke Saraswati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Obat sakit gigi untuk ibu hamil harus didapatkan dengan resep dokterGosok gigi merupakan salah satu cara jitu untuk mencegah sakit gigi saat hamil
Anda mungkin sering mendengar keluhan ibu hamil berupa sakit gigi. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon saat hamil yang membuat gusi bengkak, nyeri, dan mudah muncul plak. Dalam dunia medis, keluhan sakit gigi ini bahkan sering disebut pregnancy gingivitis.Memilih obat sakit gigi untuk ibu hamil bukanlah perkara mudah. Belum lagi, tak sedikit ibu hamil yang takut untuk berobat ke dokter gigi. Alasan utamanya, pengobatan gigi dianggap membahayakan bagi janin. Anda tidak perlu khawatir. Merawat dan memeriksakan kondisi gigi selama kehamilan justru penting, terlebih jika Anda sedang mengalami sakit gigi. Selama Anda mengikuti anjuran dari dokter gigi, melakukan prosedur perawatan gigi saat hamil bisa tetap berjalan dengan aman.

Jenis obat sakit gigi untuk ibu hamil yang tergolong aman

Kehamilan trimester kedua merupakan periode yang paling aman untuk melakukan penanganan sakit gigi. Meski begitu, jika ada risiko infeksi atau gigi terasa sangat nyeri, pengobatan sakit gigi mungkin dapat Anda jalani sepanjang usia kehamilan. Pengobatan apapun selama masa kehamilan, yang terpenting Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu. Ini juga berlaku untuk obat sakit gigi untuk ibu hamil.
  • Paracetamol

Salah satu obat pereda nyeri yang aman adalah acetaminophen. Di Indonesia, obat ini mungkin lebih dikenal dengan istilah paracetamol.Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan hubungan penggunaan paracetamol oleh ibu hamil dengan cacat lahir. Namun harap diingat bahwa jenis yang sebaiknya dionsumsi oleh ibu hamil adalah obat acetaminophen tanpa campuran apapun.
  • Antibiotik tertentu

Penggunaan antibiotik bisa saja diperlukan untuk mengobati sakit gigi saat hamil. Asal berdasarkan anjuran dari dokter, ibu hamil tidak perlu takut mengonsumsi antibiotik. Jenis antibiotik yang biasa diresepkan oleh dokter sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil adalah amoxicillin. Namun, jangan sembarangan dalam mengonsumsi antibiotik ini selama hamil, tidak jarang ada yang alergi terhadap kandungannya.Meski begitu, ada pula obat bebas yang sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil. Salah satunya adalah golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Aspirin, ibuprofen, atau naproxen merupakan beberapa contohnya. Sebaga alternatif, ibu hamil bisa mencoba berbagai cara mengurangi sakit gigi alami agar lebih aman bagi janin maupun kondisi sang ibu.

Obat sakit gigi untuk ibu hamil yang alami 

Usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter gigi jika Anda mengalami sakit gigi. Tetapi sembari menunggu jadwal konsultasi dengan dokter, Anda dapat menerapkan cara-cara alami berikut untuk membantu dalam mengurangi gejala sakit gigi
  • Berkumur dengan air hangat

Cara ini dapat meringankan nyeri dan menyingkirkan partikel-partikel yang masih tersangkut di antara gigi. Anda dianjurkan untuk berkumur dengan air hangat setelah makan.Sebagai alternatif, ibu hamil juga bisa menambahkan sedikit garam ke dalam air hangat dan mengaduknya hingga rata. Air garam hangat juga bagus untuk membersihkan rongga mulut.Berkumur dengan air hangat terutama dianjurkan jika Anda sedang dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk menyikat gigi. Misalnya, sedang di luar rumah. 
  • Minyak cengkeh 

Jika sakit gigi benar-benar menyiksa, Anda dapat memanfaatkan minyak cengkeh untuk mengatasinya. Minyak ini memiliki sifat antiseptik, sehingga mampu meredakan nyeri untuk sementara. Jangan menelan bulat-bulat cengkeh agar mendapat manfaatnya, Anda dapat membeli ekstrak nya di apotek. 
  • Kompres hangat atau dingin

Meski terkesan kuno, menempelkan kompres dapat membantu dalam mengurangi sakit gigi. Anda bisa menggunakan kompres hangat maupun dingin. Caranya mudah. Anda cukup meletakkan handuk hangat atau botol berisi air hangat pada sisi wajah yang sakit. Metode yang sama juga bisa dilakukan dengan handuk atau kain yang dingin. Jangan ragu untuk menggunakan kompres sesering yang Anda perlukan.  Apabila sakit gigi sudah berkurang, Anda bisa segera ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat dengan kondisi Anda. Setelah sakit gigi sembuh, Anda juga dapat menerapkan sederet langkah pencegahan agar sakit gigi tidak kembali mengincar Anda.

Cara mencegah sakit gigi pada ibu hamil

Sakit gigi saat hamil bisa sangat merepotkan. Untuk mencegahnya, menerapkan perawatan gigi dan gusi secara rutin adalah langkah awal yang tepat.Berikut serangkaian tips yang bisa Anda lakukan sehari-hari:
  • Gosok gigi secara rutin, setidaknya dua kali dalam sehari. Menggosok gigi juga tidak boleh asal, Anda perlu melakukannya minimal selama dua menit.
  • Pilih sikat gigi berkepala kecil dengan bulu yang lembut agar gusi tidak terluka, serta mudah digenggam.  
  • Perhatikan cara menggosok gigi yang benar. Anda bisa menanyakannya pada dokter gigi. 
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
  • Jangan lupa menggunakan benang gigi (dental floss). Lakukan langkah ini satu kali dalam sehari. Selain menghilangkan sisa makanan dari sela-sela gigi. flossing juga berguna untuk mencegah plak.
  • Hindari makanan dan minuman yang tinggi gula. 
  • Konsumsi camilan sehat, seperti sayuran, buah-buahan segar, atau yoghurt tanpa perasa. 
  • Jika ingin menggunakan obat kumur, pilihlah jenis yang tidak mengandung alkohol. 
  • Berhenti merokok agar gigi tidak mudah rusak.
Dengan melakukan perawatan gigi dan gusi yang baik, ibu hamil dapat meminimalkan terjadinya sakit gigi. Jika sudah mengalami sakit gigi, segeralah berobat ke dokter gigi.Dokter gigi akan memberikan perawatan gigi yang tepat, serta bisa meresepkan obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman digunakan. Dengan ini, kesehatan Anda dan calon buah hati pun tetap terjaga.
kesehatan gigisakit gigiradang gusiibu hamil
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/toothache_overview/article.htm
Diakses pada 25 November 2019
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/teeth-and-gums-pregnant/
Diakses pada 25 November 2019
Medscape. https://www.medscape.com/viewarticle/813743_4
Diakses pada 25 November 2019
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/120525-remedies-toothache-pregnant/
Diakses pada 25 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait