Obat Sakit Gigi Paling Ampuh: Dari Bahan Alami Sampai Obat Dokter

Salah satu obat sakit gigi paling ampuh dari bahan alami dalah berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air garam bisa menjadi salah satu cara mengatasi sakit gigi

Sakit gigi mungkin pernah dialami semua orang. Meski terkesan sepele, sakit gigi bisa sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Mulai dari tidak enak makan hingga sulit konsentrasi.

Pasalnya, rasa sakit yang muncul tidak hanya pada bagian gigi, tapi juga terasa hingga ke gusi dan sekitar mulut. Jangan hanya meringis atau menangis, segera atasi sakit gigi Anda dengan obat sakit gigi paling ampuh ini! 

Sederet obat sakit gigi paling ampuh dari bahan-bahan alami

Saat sedang sakit gigi, solusi yang tepat adalah berobat ke dokter gigi. Namun sambil menunggu jadwal konsultasi berobat, tak ada salahnya Anda mengurangi nyeri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur ini:

   1. Air garam

Kumur air garam adalah salah satu obat sakit gigi paling ampuh, yang bisa Anda coba di rumah. Air garam adalah desinfektan alami. Artinya, bahan ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. 

Berkumur dengan air garam juga bisa membantu dalam mengeluarkan sisa-sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi. Tidak hanya itu, air campuran garam pun bisa membantu untuk mengurangi peradangan yang terjadi akibat infeksi.

Cara membuat air garam sangat mudah. Anda cukup melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Lalu berkumurlah selama beberapa saat. Arahkan air garam ke area gigi yang sakit. Kemudian, buang air bekas berkumur.

Anda juga bisa membersihkan sela-sela gigi terlebih dulu dengan benang gigi (dental floss) sebelum berkumur. Dengan ini, sisa-sisa makanan yang mungkin terselip di sekitar gigi yang sakit dapat dikeluarkan. 

   2. Kompres es batu

Jika sakit gigi disebabkan oleh peradangan gusi yang disertai pembengkakan, Anda dapat menggunakan kompres es batu guna membantu dalam meredakannya.

Untuk melakukannya, Anda cukup membungkus beberapa buah es batu ke dalam handuk atau kain bersih, lalu tempelkan pada sisi pipi gigi yang sakit selama 20 menit. 

Bila es batu tidak teredia, Anda bisa menggantinya dengan sayuran beku (misalnya kacang polong). Ulangi langkah ini tiap beberapa jam sekali.

   3. Bawang putih 

Tak banyak yang tahu bahwa bawang putih dapat digunakan sebagai alternatif obat sakit gigi paling ampuh. Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang dipercaya dapat membantu dalam melawan kuman pada area gigi dan mulut. 

Tak hanya itu, bumbu dapur ini juga dipercaya memiliki potensi untuk mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit gigi. 

Bawang putih mengandung allicin yang akan keluar saat dikunyah atau dicincang. Zat ini dikenal sebagai kandungan bawang putih yang dapat melawan penyakit.

Cukup kupas dan cincang satu siung bawang putih. Letakkan cincangan ini langsung pada gigi yang sakit. Namun jangan taruh bawang putih terlalu lama di area gigi yang sakit. 

Pasalnya, meski alami, bawang putih juga bisa berisiko menimbulkan iritasi pada jaringan gigi. Jika bawang putih muncul rasa panas di gusi setelah menggunakan, segera keluarkan bawang putih dan berkumurlah dengan air.  

   4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga dipercaya sebagai salah satu obat sakit gigi yang ampuh. Minyak ini diklaim dapat mengurangi nyeri dan peradangan. Kemampuan ini didapat berkat eugenol yang terkandung di dalamnya. Eugenol merupakan zat antiseptik alami.

Cara menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi paling ampuh tidaklah sulit. Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak ini pada kapas, lalu menempelkannya pada gigi yang terasa sakit.

Anda juga dapat mencampurnya dengan sedikit minyak zaitun atau air pada kapas yang sama, sebelum menempelkan kapas pada gigi yang sakit.

Ingat, jangan menempelkannya terlalu lama jika tidak ingin jaringan di sekitar gigi mengalami iritasi atau bahkan peradangan. 

Bila ingin menjadikan minyak cengkeh sebagai obat kumur, Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak cengkeh dalam segelas air hangat. Lalu berkumurlah seperti biasa.

   5. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki zat antiradang, antimikroba, dan pereda nyeri. Karena inilah, daun jambu biji bisa menjadi pilihan sebagai obat sakit gigi paling ampuh di rumah.

Caranya adalah dengan melipat atau menggulung 1-2 lembar daun jambu biji yang sudah dicuci. Lalu kunyah daun ini hingga ekstraknya keluar.

Anda juga bisa mencincang atau menghaluskan beberapa lembar daun jambu biji, meletakkannya dalam gelas, lalu siram dengan air mendidih. Setelah agak dingin, gunakan larutan tersebut sebagai obat kumur. 

Meski sudah sering digunakan sebagai cara alternatif, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat bahan-bahan alami di atas. Sehingga, Anda perlu lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Obat sakit gigi paling ampuh dari dokter

Sebagian besar obat sakit gigi memang bisa didapatkan di apotek. Namun Anda harus ingat bahwa mengobati gigi yang sakit dengan obat penghilang rasa sakit, hanya akan bertahan sementara. 

Ini berarti, Anda sebaiknya tetap memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. 

Di samping memberikan penanganan langsung pada gigi yang sakit, dokter juga bisa meresepkan beberapa jenis obat sakit gigi paling ampuh berikut ini guna mengurangi nyeri:

   1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah salah satu obat yang dapat membantu meredakan rasa sakit, termasuk sakit gigi. Obat ini termasuk dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Ibuprofen bekerja dengan menghalangi produksi zat-zat alami tubuh yang menyebabkan peradangan dan memicu rasa sakit. 

Sama seperti semua obat, ibuprofen juga dapat menimbulkan efek samping ringan hingga berat. Beberapa efek sampingnya yang ringan meliputi sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, diare, sembelit, dan pusing. 

Sedangkan efek samping ibuprofen yang berat bisa berupa nyeri dada, sesak napas, urine berwarna gelap, hingga kulit dan bagian putih mata yang menguning. Jika Anda mengalami hal ini, segera hentikan pemakaian obat ini dan hubungi dokter. 

   2. Paracetamol

Selain ibuprofen, paracetamol bisa menjadi alternatif obat sakit gigi paling ampuh dan mudah ditemukan. Obat yang juga dikenal dengan nama acetaminophen ini juga relatif aman digunakan oleh dewasa dan anak-anak.

Pada pengunaan untuk anak-anak, produsen obat biasanya telah menyediakan paracetamol khusus anak-anak. Jenis inilah yang harus Anda gunakan ketika ingin memberikannya pada Si Kecil. Pastikan juga bahwa dosisnya tepat dan sesuai dengan saran dokter atau aturan pakai pada kemasan. 

Selain rasa nyeri, paracetamol juga mampu menurunkan demam dan meringankan sakit kepala yang sering muncul akibat sakit gigi. 

   3. Naproxen

Sama seperti ibuprofen, naproxen juga termasuk golongan OAINS. Obat ini bekerja dengan menghambat produksi senyawa prostaglandin guna menghentikan rasa sakit. 

Kendati demikian, Anda perlu mewaspadai efek samping dari naproxen. Beberapa efek samping umum yang mungkin muncul adalah sakit kepala, perut kembung, sakit perut, diare, sembelit, kulit gatal dan memerah, hingga penglihatan kabur.

Catatan dari SehatQ

Perlu diingat bahwa obat sakit gigi paling ampuh dari bahan alami maupun dokter di atas hanya berfungsi mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi untuk sementara waktu. Nyeri bisa saja kembali Anda rasakan ketika efek obat sudah hilang. 

Cara terbaik dalam mengatasi sakit gigi adalah dengan memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi. Dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebab sakit gigi Anda. Mulai dari prosedur medis hingga pemberian obat tertentu. 

Meski gigi tidak sakit, Anda juga dianjurkan untuk tetap melakukan pemeriksaan secara rutin setidaknya dua kali dalam setahun. Langkah ini akan memastikan bahwa kondisi gigi dan mulut Anda benar-benar sehat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache#guava-leaves
Diakses pada 30 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/pain-relief/ibuprofen-vs-naproxen#how-they-work
Diakses pada 30 September 2019

WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/home-remedies-toothache
Diakses pada 30 September 2019

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-57595/paracetamol-oral/details
Diakses pada 30 September 2019

Drugs. https://www.drugs.com/ibuprofen.html
Diakses pada 30 September 2019

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/toothache_overview/article.htm#what_is_the_treatment_for_a_toothache
Diakses pada 30 September 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed