6 Obat Sakit Gigi Berlubang dari Bahan Alami

(0)
Sakit gigi berlubang dapat diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumahAnda dapat mengandalkan cara alami untuk menghilangkan masalah sakit gigi berlubang di rumah
Gigi berlubang merupakan masalah gigi yang sangat mengganggu. Jika tidak diobati dengan baik, lama kelamaan rasa sakit gigi berlubang bisa tidak tertahankan. Selain minum obat pereda sakit dan menemui dokter gigi, Anda juga dapat mengandalkan cara alami untuk meringankan masalah sakit gigi berlubang di rumah.

Apa penyebab gigi berlubang?

Gigi berlubang merupakan masalah gigi yang paling umum dialami oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Penyebab gigi berlubang yang paling utama adalah bakteri yang berkembang biak dari penumpukan sisa makanan yang menempel pada gigi dan tidak dibersihkan dengan benar. Maka dari itu, semakin banyak sisa makanan yang menempel dan tidak dibersihkan, semakin banyak pula bakteri atau kuman pada area rongga mulut Anda. Salah satu jenis bakteri penyebab gigi berlubang adalah Streptococcus mutans. Saat Anda mengonsumsi makanan dan minuman manis, bakteri ini akan mengeluarkan suatu zat asam sehingga membuat gigi menjadi rapuh.  Mulanya, zat asam dari bakteri hanya akan membuat lubang kecil di gigi. Jika lubang masih berukuran kecil, gigi biasanya belum terasa sakit. Namun, bila gigi berlubang tidak segera mendapatkan pengobatan yang tepat maka bakteri akan terus tumbuh di gigi tersebut. Akibatnya, zat asam yang diproduksi akan semakin banyak dan lubang di gigi semakin membesar serta muncul rasa sakit yang dikenal dengan sakit gigi berlubang. 

Cara meringankan rasa sakit gigi berlubang dengan bahan alami di rumah

Saat mengalami sakit gigi berlubang, solusi yang tepat adalah berobat ke dokter gigi. Namun, sambil menunggu jadwal konsultasi berobat dan mengonsumsi obat pereda nyeri (seperti ibuprofen, paracetamol, dan naproxen), Anda bisa meringankan rasa sakit gigi berlubang dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah.Namun, perlu diingat bahwa obat pereda rasa sakit gigi berlubang dari bahan alami ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut guna memastikan keefektifannya. Oleh karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Jika perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi.Berikut adalah bahan-bahan alami yang digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi berlubang paling mudah di rumah:

1. Air garam

Salah satu bahan alami untuk meredakan sakit gigi berlubang adalah air garam. Garam merupakan obat sakit gigi alami karena mengandung antiseptik dan antibakteri. Anda bisa menggunakan air garam sebagai obat kumur untuk mengurangi peradangan serta rasa nyeri, mengatasi infeksi, hingga mencegah perkembangan bakteri di mulut. Berikut adalah cara menggunakannya:
  • Larutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. 
  • Kumur larutan tersebut sampai menyapu semua bagian mulut Anda selama 1 menit. Pastikan Anda memfokuskan berkumur air garam pada area yang terdapat gigi berlubang. 
  • Anda dapat melakukan pengobatan alami sebanyak 3 kali sehari hingga gejala sakit gigi berlubang mereda. 
Cara lainnya untuk meringankan sakit gigi berlubang adalah dengan mencampurkan garam dan air lemon. 
  • Campurkan ½ sendok teh garam dan air lemon, aduk merata hingga menjadi pasta. 
  • Oleskan campuran tersebut sambil memijat gusi selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air hangat sesudahnya. 
  • Ulangi cara alami ini 2 kali sehari dalam beberapa hari untuk membunuh bakteri. 

2. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu alternatif obat sakit gigi berlubang
Bawang putih mengandung zat antibakteri yang mampu melawan bakteri pada gigi dan mulut
Tak banyak yang tahu bahwa bawang putih dapat digunakan sebagai alternatif obat pereda sakit gigi berlubang alami. Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang dipercaya dapat membantu melawan bakteri pada gigi dan mulut. Selain itu, bawang putih juga memiliki potensi mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kondisi gigi berlubang. 

3. Kunyit

Kunyit mengandung zat antibakteri dan antiradang yang diyakini mampu menjaga kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri. Meski demikian, keefektifan kunyit untuk mengobati sakit gigi berlubang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

4. Lidah buaya

Gel lidah buaya juga dapat meringankan sakit gigi berlubang
Gel lidah buaya diyakini sebagai obat alami untuk meringankan sakit gigi berlubang
Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai obat alami untuk meringankan sakit gigi berlubang. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015, gel lidah buaya diklaim dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas lidah buaya dalam membantu meremineralisasi email pada gigi. 

5. Akar manis (licorice)

Sebuah hasil riset yang dipublikasikan dalam American Chemical Society’s Journal of Natural Products membuktikan bahwa tanaman akar manis atau licorice (Glycyrrhiza uralensis) dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan gigi. Kandungan senyawa licoricidin dan licorisoflavan A, yang merupakan antibakteri, berfungsi untuk mengurangi dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. 

6. Oil pulling

Oil pulling adalah teknik berkumur menggunakan minyak. Ini merupakan jenis pengobatan ayurvedic, berasal dari budaya India, yang sudah digunakan sejak berabad lalu. Memang belum banyak hasil penelitian yang dapat membuktikan teknik ini secara ilmiah, tetapi oil pulling diyakini sebagai cara alami meringankan masalah gigi, termasuk sakit gigi berlubang. Sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Dental Research menyatakan bahwa menggunakan minyak wijen untuk oil pulling dapat membantu menghilangkan bakteri pada area rongga mulut. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan 1 sendok makan minyak wijen atau minyak kelapa selama sekitar 20 menit. Lalu, buang minyak bekas kumur. Lakukan cara ini setiap pagi hari saat perut masih kosong. Selain menerapkan obat sakit gigi berlubang dari bahan alami di atas, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin sementara waktu. Pasalnya, hal tersebut dapat memperburuk kondisi masalah gigi Anda. 

Catatan dari SehatQ

Perlu diketahui bahwa cara menghilangkan sakit gigi berlubang dengan bahan alami di atas hanya berfungsi mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang sementara waktu. Sebab, rasa sakit bisa saja kembali Anda rasakan ketika efek obat alami sudah hilang. Jadi, cara menghilangkan sakit gigi berlubang terbaik adalah dengan memeriksakan kondisi gigi Anda ke dokter gigi. Dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebab sakit gigi berlubang Anda. Mulai dari prosedur medis hingga pemberian obat tertentu. Walaupun gigi tidak berlubang sekalipun, Anda juga disarankan untuk tetap melakukan pemeriksaan gigi secara rutin setidaknya dua kali dalam setahun. Langkah ini guna memastikan bahwa kondisi gigi dan mulut Anda benar-benar sehat sehingga terhindar dari rasa sakit gigi berlubang.
sakit gigigigi berlubang
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cavities/symptoms-causes/syc-20352892
Diakses pada 11 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/how-to-get-rid-of-cavities#see-a-dentist
Diakses pada 11 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/find-care/articles/dentists/tooth-cavities
Diakses pada 11 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321259
Diakses pada 11 Mei 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22074222
Diakses pada 11 Mei 2020
Indian Journal of Dental Research. http://www.ijdr.in/article.asp?issn=0970-9290;year=2009;volume=20;issue=1;spage=47;epage=51;aulast=Asokan
Diakses pada 11 Mei 2020
NHS. https://www.healthline.com/find-care/articles/dentists/tooth-cavities
Diakses pada 11 Mei 2020
Top 10 Home Remedies. https://www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-tooth-decay-cavities.html
Diakses pada 11 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait