16 Obat Alami Radang Tenggorokan yang Ampuh Mengatasinya

(0)
22 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat alami radang tenggorokan salah satunya adalah maduObat radang tenggorokan alami sangat banyak macamnya, salah satunya teh jahe.
Obat radang tenggorokan alami memang tidak bisa menggantikan peran pengobatan medis yang diresepkan dokter. Namun, terdapat berbagai obat radang tenggorokan alami yang terbukti ampuh mengatasi rasa sakit di tenggorokan.Sebelum mencoba segudang obat radang tenggorokan alami ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter. Sebab, obat radang tenggorokan alami tidak bisa berperan sebagai pengobatan utama. Obat resep dari dokter masih tetap diperlukan untuk hasil penyembuhan optimal.

Obat radang tenggorokan alami

Radang tenggorokan bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman, terutama saat menelan makanan maupun minuman. Rasa nyeri di tenggorokan membuat nafsu makan jadi berkurang, sehingga kesehatan kita terancam.Kenalilah beberapa obat tenggorokan alami di bawah ini untuk atasi rasa sakit di tenggorokan.

1. Madu

Madu yang dicampur dengan teh maupun dikonsumsi begitu saja merupakan obat radang tenggorokan alami yang bisa dicoba. Sebuah penelitian menemukan bahwa madu adalah obat alami yang efektif menyembuhkan luka. Itu artinya, madu bisa mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan.

2. Air garam

Sakit tenggorokan
Air garam bisa menjadi obat radang tenggorokan alami
Berkumur dengan air garam merupakan obat radang tenggorokan alami yang cukup populer. Tidak hanya itu, air garam juga dipercaya ampuh membunuh bakteri di tenggorokan.Cara membuatnya cukup mudah. Campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat, kemudian berkumurlah dengan larutan tersebut.

3. Teh chamomile

Teh chamomile sudah dipercaya sejak dahulu kala sebagai obat radang tenggorokan alami. Efek anti-inflamasi dan antioksidannya membuat teh chamomile dipercaya sebagai obat radang tenggorokan alami yang ampuh.Ada dua cara menggunakan chamomile sebagai obat radang tenggorokan alami. Pertama, sebuah riset menunjukkan bahwa menghirup aroma chamomile bisa “menenangkan” tenggorokan yang sedang mengalami peradangan.Menurut riset, mengonsumsi teh chamomile dianggap manjur dalam melawan infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan.

4. Teh peppermint

Sama seperti teh chamomile, teh peppermint juga bisa bertindak sebagai obat radang tenggorokan alami yang efektif. Sebab, peppermint mengandung komponen anti-inflamasi yang sangat menenangkan tenggorokan.

5. Air soda kue

Soda kue yang dicampur dengan air garam ternyata juga bisa menjadi obat radang tenggorokan alami. Sebab, berkumur dengan campuran soda kue dan air garam dapat membunuh bakteri di tenggorokan.Cara membuatnya juga gampang. Anda tinggal mencampurkan seperempat sendok teh soda kue dengan air garam. Selanjutnya, gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

6. Fenugreek

Fenugreek adalah tumbuhan yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk mengatasi radang tenggorokan.Sebuah riset menunjukkan, fenugreek dapat meredakan rasa nyeri dan membunuh bakteri yang sebabkan iritasi serta peradangan.Namun, ibu hamil disarankan untuk menghindari konsumsi fenugreek dalam bentuk apapun.

7. Akar marshmallow

Selama ini, marshmallow dianggap sebagai makanan ringan yang manis dan lezat. Ternyata, ada juga tumbuhan bernama marshmallow yang akarnya dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan alami.Akar marshmallow mengandung zat seperti lendir yang bisa melapisi dan meradakan sakit tenggorokan. Masukan saja beberapa akar marshmallow ke dalam air panas, kemudian tunggu hingga beberapa saat. Setelah itu, Anda tinggal meminum air yang sudah mengandung larutan akar tersebut.Penderita diabetes harus berkonsultasi dulu sebelum mengonsumsi akar marshmallow. Sebab, dalam sebuah studi, tumbuhan ini bisa menurunkan kadar gula darah secara signifikan.

8. Akar licorice

Akar licorice telah dipercaya sejak lama sebagai obat radang tenggorokan alami. Sebuah penelitian juga membuktikan, akar licorice sangat efektif jika dicampurkan dengan air hangat. Nantinya, campuran akar licorice dengan air hangat ini dapat digunakan untuk berkumur.Namun yang harus diingat, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk menghindari akar licorice.

9. Cuka apel

Cuka apel bersifat asam. Itulah sebabnya, cuka apel dianggap sebagai obat radang tenggorokan alami yang efektif menghilangkan lendir dan mencegah tumbuhnya bakteri di tenggorokan.

10. Bawang putih

Selain dipercaya sebagai bahan penyedap masakan, bawang putih juga sering digunakan sebagai obat radang tenggorokan alami. Sebab, bawang putih mengandung allicin, senyawa yang mampu mencegah infeksi sehingga bisa mengatasi radang tenggorokan.

11. Air putih

Sakit tenggorokan
Air putih bisa menjadi obat radang tenggorokan alami
Walaupun menelan akan terasa sangat menyakitkan saat mengalami radang tenggorokan, cobalah lebih rutin mengonsumsi air putih. Selain bisa menenangkan tenggorokan, mengonsumsi banyak cairan seperti air putih dipercaya ampuh melembapkan selaput lendir di tenggorokan. Dengan begitu, proses penyembuhan akan lebih cepat.

12. Kayu manis

Dalam pengobatan Tiongkok kuno, kayu manis dipercaya sebagai obat radang tenggorokan alami. Ada kandungan komponen antioksidan dan antibakteri di dalamnya yang bisa mengatasi radang tenggorokan.Minumlah teh kayu manis yang kini sudah banyak dijual. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan kayu manis dengan air hangat.

13. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami. Beberapa riset pada hewan uji membuktikan bahwa minyak kelapa bisa melawan infeksi dan mengurangi peradangan. Selain itu, minyak kelapa juga bisa melembapkan selaput lendir di tenggorokan.Cobalah mencampurkan satu sendok teh minyak kelapa ke dalam air teh atau ke dalam sup ayam yang akan Anda santap.

14. Teh jahe

Jahe adalah rempah yang memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi yang dipercaya sebagai obat radang tenggorokan alami. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan masalah pernapasan.

15. Air lemon

Air lemon dipercaya sebagai obat radang tenggorokan alami karena bisa melembapkan selaput lendir di tenggorokan, serta meredakan nyeri akibat radang tenggorokan. Sebab, air lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu melawan infeksi penyebab radang tenggorokan.

16. Air kelapa

Air kelapa merupakan minuman yang tepat untuk dijadikan pelepas dahaga dan menghidrasi tubuh serta mengembalikan cairan elektrolit yang hilang ketika mengalami radang tenggorokan. Elektrolit merupakan pemegang peran penting dalam tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.Menurut sebuah studi, air kelapa diketahui mampu mengembalikan hidrasi tubuh lebih baik dari air biasa dan setara dengan minuman olahraga tinggi elektrolit. 

Cara mengatasi radang tenggorokan pada anak

Tentunya berbagai obat radang tenggorokan alami di atas tidak boleh sembarangan diberikan pada anak-anak. Sebab, anak-anak pada usia tertentu belum bisa menelan dengan baik atau bahkan memiliki alergi.Maka dari itu, berbagai hal di bawah ini bisa dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak:
  • Memasang pelembap ruangan di kamar anak. Sebab, udara yang lembap bisa meredakan nyeri akibat radang tenggorokan.
  • Mengajari anak minum air lebih teratur, untuk meredakan radang tenggorokannya
  • Tidak memberikan obat-obatan pelega tenggorokan pada anak-anak berusia di bawah 5 tahun. Sebab, mereka belum bisa menelan dengan baik, sehingga risiko tersedak akan lebih tinggi
  • Tidak memberikan madu pada anak di bawah 1 tahun.
Untuk lebih amannya, berkonsultasilah dengan dokter. Melalui obat-obatan resep dan tips dari dokter, radang tenggorokan yang anak alami akan cepat pulih.

Catatan dari SehatQ:

Ingatlah, berbagai obat radang tenggorokan alami di atas tidak boleh dijadikan sebagai pengobatan utama. Berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan obat resep tetap diperlukan untuk hasil penyembuhan optimal.Untuk mengatasi madang tenggorokan yang diderita anak-anak, Anda sebaiknya memeriksakan mereka ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.
penyakitmakanan sehatradang tenggorokansakit tenggorokan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318631
Diakses pada 8 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/sore-throat-natural-remedies#honey
Diakses pada 8 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait