Obat Polip Hidung dari Dokter dan Alami untuk Gejala Polip Hidung Ringan Hingga Parah

(0)
Obat polip hidung digunakan untuk meringankan hingga menghilangkan polip hidung sepenuhnyaPolip hidung bukan merupakan kondisi membahayakan tetapi dapat mengganggu pernapasan
Polip hidung adalah jenis gangguan pada hidung yang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tumbuh dengan lunak, dan bukan pemicu kanker. Meski tergolong tidak membahayakan, polip hidung dapat berisiko menutup dan mengganggu pernapasan. Oleh karena itu, penting untuk mengobatinya dengan obat polip hidung dari dokter.

Obat polip hidung yang direkomendasikan dokter

Penyebab polip hidung umumnya adalah peradangan kronis atau lama yang biasanya diakibatkan oleh asma, riwayat infeksi, alergi atau hipersensitivitas terhadap obat tertentu, hingga gangguan imun tubuh.Polip hidung berukuran kecil terkadang tidak menimbulkan gejala. Namun, pada polip hidung yang berukuran lebih besar atau dalam jumlah banyak dapat menutup hidung dan mengganggu jalan napas. Akibatnya, Anda akan kehilangan kemampuan menghirup udara dan rentan mengalami infeksi.Untuk mengobati polip hidung, Anda dapat memulainya dengan obat polip hidung yang direkomendasikan oleh dokter.Namun, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mendapatkan pilihan obat polip hidung dari dokter yang tepat.Dengan demikian, pertumbuhan polip hidung bisa terhambat dan dihilangkan. Berikut adalah pilihan obat polip hidung dari dokter yang biasa diresepkan.

1. Obat kortikosteroid hidung

Salah satu obat polip hidung dari dokter adalah kortikosteroid hidung. Dokter akan meresepkan obat polip hidung berbentuk semprotan ini untuk mengurangi iritasi, pembengkakan, dan peradangan.Obat kortikosteroid hidung dapat membantu mengecilkan ukuran polip hingga menghilangkannya secara keseluruhan. Beberapa jenis obat kortikosteroid hidung, di antaranya fluticasone, budesonide, mometasone, triamcinolone, beclomethasone, dan ciclesonide.Anda perlu memerhatikan teknik penggunaan obat kortikosteroid semprot hidung dengan benar agar efek pengobatannya dapat tercapai maksimal. Namun, setiap jenis pengobatan polip hidung tentu dapat menimbulkan efek samping. Pada obat kortikosteroid hidung, efek samping yang mungkin ditimbulkan adalah sakit kepala, sakit tenggorokan, dan mimisan. 

2. Obat kortikosteroid oral

obat polip hidung dari dokter ada yang berbentuk tablet
Obat polip hidung tablet bisa diresepkan dengan obat steroid semprotan
Jika obat kortikosteroid hidung tidak cukup efektif mengobati polip hidung Anda, dokter mungkin akan merekomendasikan kortikosteroid oral, seperti prednisone.Biasanya dokter dapat meresepkan obat polip hidung ini sendiri atau digunakan bersama dengan obat kortikosteroid semprotan hidung.Anda hanya dapat menggunakan obat kortikosteroid berbentuk tablet dalam jangka waktu yang singkat. Pasalnya, pengobatan polip hidung satu ini memiliki efek samping yang cukup serius, seperti penurunan berat badan.

3. Suntik kortikosteroid

Suntik kortikosteroid dapat digunakan sebagai obat polip hidung dari dokter apabila jenis polip hidung Anda cukup besar dan menimbulkan peradangan parah.Sama seperti obat kortikosteroid hidung, obat polip hidung satu ini juga bisa menimbulkan efek samping, seperti sakit kepala, sakit tenggorokan, dan mimisan.

4. Obat imunomodulator

Obat polip hidung dari dokter bernama dupilumab dapat digunakan untuk menargetkan sistem imun manusia. Obat polip hidung yang dikenal dengan imunomodulator ini mungkin diberikan jika Anda memiliki polip hidung dan sinus kronis atau berkepanjangan.Dupilumab diharapkan mampu mengurangi ukuran polip nasal dan penyumbatan pada jalan napas yang Anda alami.

5. Obat polip hidung dari dokter lainnya

Obat polip hidung dari dokter mungkin disertai dengan obat antihistamin
Obat antihistamin untuk alergi mungkin juga diresepkan oleh dokter
Selain obat polip hidung di atas, dokter mungkin akan meresepkan jenis obat-obatan lainnya untuk mengobati kondisi lain yang menyertai. Misalnya, nyeri, reaksi alergi, infeksi, dan sebagainya.Obat-obatan tersebut, termasuk antihistamin untuk alergi, antibiotik untuk infeksi kronis atau terus-menerus, dan pengobatan antijamur.

6. Tindakan pembedahan

Jika ukuran polip hidung semakin besar dan gejalanya tak kunjung mereda walaupun Anda sudah menggunakan obat polip hidung dari dokter, maka dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan tindakan pembedahan. Tindakan pembedahan dilakukan untuk membuang polip hidung. Tindakan operasi bernama polipektomi ini akan dilakukan oleh dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan. Dokter akan menggunakan sebuah alat berbentuk teropong kecil yang dimasukkan ke dalam rongga hidung. 

Obat polip hidung dari bahan alami

Selain menggunakan obat polip hidung dari dokter, Anda bisa saja mengandalkan berbagai obat polip hidung dari bahan alami yang bisa ditemukan dengan mudah di rumah.Akan tetapi, perlu diingat bahwa pengobatan polip hidung rumahan ini hanya dapat meringankan gejala dan rasa tidak nyaman sementara waktu.Obat polip hidung dari bahan alami masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk dapat digunakan sebagai cara mengatasi polip hidung sepenuhnya.Jadi, Anda perlu lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Jika perlu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apabila Anda ingin mencoba obat polip hidung dari bahan-bahan alami.Berikut adalah obat polip hidung alami yang dipercaya dapat mengobati polip hidung.

1. Tea tree oil atau minyak pohon teh

Obat polip hidung alami contohnya tea tree oil
Tea tree oil bisa jadi obat polip hidung alami
Salah satu obat polip hidung dari bahan alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi polip hidung adalah tea tree oil atau minyak pohon teh. Cara menggunakan tea tree oil sebagai obat polip hidung alami, yakni:
  • Campurkan air dan tea tree oil dengan 3-5 tetes minyak pelarut. Biasanya, minyak pelarut yang disarankan adalah minyak almond atau minyak zaitun.
  • Aduk merata hingga encer.
  • Celupkan kapas bersih dan tempatkan kapas yang sudah dibasahi dengan larutan air, tea tree oil, dan minyak pelarut pada hidung Anda.

2. Bawang putih

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang sangat melimpah. Mulai dari meningkatkan imun tubuh, melawan infeksi bakteri, hingga mengurangi inflamasi. Inilah yang juga membuat bawang putih dipercaya sebagai obat polip hidung alami.Anda bisa menggunakan obat polip hidung alami ini dengan menambahkan beberapa siung bawang putih atau 1-2 sendok makan bawang putih bubuk ke dalam menu makanan harian Anda.

3. Jahe

Manfaat jahe dalam mengurangi peradangan, meningkatkan imun tubuh, dan bersifat antibakteri ternyata bisa digunakan sebagai obat polip hidung alami. Anda cukup menambahkan bubuk jahe ke dalam menu makanan harian Anda dengan takaran sesuai selera.Pilihan pengobatan polip hidung dengan jahe lainnya adalah menyeduh secangkir teh jahe hangat. Cara ini diklaim dapat meredakan gejala polip hidung.

4. Kunyit

obat polip hidung alami berikutny adalah kunyit
Kunyit diyakini dapat meringankan gejala polop hidung ringan
Selain jahe, rempah alami yang diyakini sebagai obat polip hidung alami dengan meringankan gejala polip hidung ringan adalah kunyit. Sebuah hasil studi menyebutkan bahwa kunyit mampu meringankan peradangan dan iritasi pada jalan napas.Kendati demikian, penelitian tersebut tidak mengungkapkan bahwa kunyit dapat menghilangkan polip hidung sepenuhnya.

5. Minyak peppermint

Minyak peppermint juga dipercaya menjadi obat polip hidung alami. Hal ini karena minyak peppermint mengandung mentol yang memiliki efek dekongestan untuk meringankan gejala polip ringan di rumah.Cara menggunakan minyak peppermint sebagai obat polip hidung alami sama seperti tea tree oil. Anda cukup mencampurkan air dengan minyak peppermint dan 3-5 tetes minyak pelarut. Aduk merata hingga encer. Lalu, celupkan kapas bersih dan tempatkan kapas yang sudah dibasahi oleh larutan minyak peppermint, air, dan minyak pelarut pada hidung Anda.

Catatan dari SehatQ

Untuk mengobati polip hidung, Anda perlu menemui dokter guna mendapatkan obat polip hidung medis yang tepat. Pastikan Anda melakukan pengobatan polip hidung berdasarkan anjuran dan dosis yang tepat.Namun, jika ingin mengandalkan obat polip hidung alami guna meringankan gejala polip hidung ringan di rumah, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna menghindari reaksi alergi atau efek samping yang mungkin ditimbulkan.
polip hidung
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/177020#treatment
Diakses pada 14 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nasal-polyps/diagnosis-treatment/drc-20351894
Diakses pada 14 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/nasal-polyps-natural-treatment
Diakses pada 14 Agustus 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0367326X13000579?via%3Dihub
Diakses pada 14 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait