logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Jenis Obat Perangsang untuk Wanita untuk Tingkatkan Gairah

open-summary

Jenis obat perangsang wanita yang bisa digunakan antara lain flibanserin dan bremelanotide. Obat perangsang ini bisa digunakan untuk meningkatkan libido pada wanita yang mengalami penurunan gairah seksual akibat hypoactive sexual desire disorder (HSDD).


close-summary

24 Agt 2022

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Jenis obat perangsang wanita antara lain flibanserin dan bremelanotide

Obat perangsang wanita bisa dipakai untuk meningkatkan libido

Table of Content

  • Kegunaan obat perangsang wanita
  • Efek samping obat perangsang wanita

Untuk memiliki kehidupan seksual yang harmonis, pasangan perlu menjaga gairahnya. Namun tidak jarang, penurunan gairah seksual atau hilangnya libido justru terjadi. Kondisi ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Jika selama ini obat kuat hanya identik sebagai peningkat libido pria, sebenarnya ada juga obat perangsang wanita yang bisa digunakan. 

Advertisement

Kegunaan obat perangsang wanita

Pada beberapa kasus, penggunaan obat-obatan perangsang wanita dapat membantu untuk mengatasi gangguan fungsi seksual dan meningkatkan kembali hasrat seksual yang mengalami penurunan.

Gairah seksual pada wanita sangat kompleks, bahkan mungkin lebih kompleks daripada pria. Umumnya wanita dapat mengalami penurunan respons seksual karena kesulitan untuk bergairah, kurangnya keinginan, atau keduanya.

Selain kedua alasan di atas, ada banyak faktor yang dapat memengaruhi hasrat seksual pada wanita, termasuk:

  • Tekanan kehidupan sehari-hari yang berlebihan
  • Perubahan dalam kehidupan seperti kehamilan, menopause, awal dan akhir suatu hubungan
  • Kesulitan untuk orgasme
  • Kurangnya keintiman dengan pasangan serta pengalaman masa lalu
  • Masalah kesehatan mental
  • Beberapa kondisi kronis, seperti diabetes atau multiple sclerosis

Ada banyak sekali hal-hal yang dapat memengaruhi gairah seksual wanita. Jika dibiarkan, hal ini dapat menimbulkan lebih banyak masalah seperti hilangnya rasa percaya diri, semakin merasa tertekan, atau hubungan dengan pasangan yang semakin tidak harmonis.

Kondisi ketika wanita kehilangan gairah seksualnya juga dikenal dengan nama hypoactive sexual desire disorder (HSDD). Wanita yang mengalami HSDD akan tidak bergairah melakukan atau memikirkan apapun yang berkaitan dengan hubungan seksual

Jenis obat perangsang wanita

Ada beberapa obat yang dianggap aman untuk meningkatkan gairah seksual wanita, seperti flibanserin dan bremelanotide. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

1. Flibanserin

Pengidap HSDD biasanya akan menggunakan obat bernama flibanserin untuk mengembalikan gairah seksualnya. Obat ini hanya boleh digunakan oleh wanita yang belum mencapai fase menopause tapi sudah kehilangan gairah seksualnya. Fungsinya adalah mengembalikan gairah seksual bagi pengidap HSDD.

Flibanserin tidak akan ampuh untuk mengobati minimnya gairah seksual pada wanita, jika memiliki masalah medis dan gangguan mental. Apalagi bagi wanita menopause, flibanserin tidak akan berpengaruh apa-apa.

Sebelum menggunakan flibanserin, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Pastikan bahwa Anda benar-benar mengidap HSDD. Jika iya, minta dosis yang tepat untuk mengobatinya. Jika Anda tidak didiagnosis HSDD oleh dokter, sebaiknya jangan mengonsumsinya dan cari tahu penyebab minimnya gairah seksual Anda.

Perlu diingat, jangan mengonsumsi anggur ketika Anda sedang menjalani proses penyembuhan dengan flibanserin. Sebab, efek samping akan lebih mudah muncul jika anggur dikonsumsi saat flibanserin ada dalam tubuh.

Selain itu, jika Anda ingin mengonsumsi alkohol, sebaiknya tunggu 2 jam sebelum meminum flibanserin. Setelah Anda meminum flibanserin pada jam tidur, tunggu sampai keesokan harinya, apabila hendak mengonsumsi alkohol.

Sebab, alkohol bisa menimbulkan gejala tekanan darah rendah serta pingsan, jika dibarengi dengan pengonsumsian flibanserin.

Beberapa efek samping dari flibanserin di antaranya:

Jika Anda masih merasa tidak ada gairah seksual setelah menjalani pengobatan selama 8 minggu atau lebih, berkonsultasilah dengan dokter, untuk menemukan langkah tepat selanjutnya.

2. Bremelanotide

Obat perangsang wanita lainnya adalah bremelanotide yang digunakan untuk mengobati berkurangnya hasrat seksual pada wanita yang belum mengalami menopause dan sebelumnya tidak memiliki masalah dengan hasrat seksual.

Tetapi, obat ini tidak boleh diberikan pada wanita yang berusia kurang dari 18 tahun.

Bremelanotide adalah jenis obat kuat wanita yang penggunaannya dengan disuntikkan di area perut atau paha setidaknya 45 menit sebelum aktivitas seksual.

Penggunaan obat perangsang wanita ini memerlukan pengarahan dokter dan Anda harus mengikuti semua petunjuk pada resep dan label obat. Jangan lewatkan untuk membaca semua panduan pada lembar instruksi.

Obat ini hanya boleh digunakan saat Anda benar-benar mengalami penurunan hasrat seksual yang terjadi pada semua jenis aktivitas seksual, dalam situasi apa pun, dan dengan pasangan siapa pun.

Bremelanotide tidak boleh digunakan untuk meningkatkan kinerja seksual pada wanita yang memiliki hasrat seksual normal, atau wanita yang mengalami masalah gairah karena gangguan dalam hubungan, masalah kesehatan, gangguan kesehatan mental, atau akibat penggunaan obat-obatan tertentu.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Gairah Wanita

Efek samping obat perangsang wanita

Mengonsumsi obat-obatan perangsang wanita mungkin dapat menyebabkan efek samping, seperti:

  • Reaksi alergi
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit kepala
  • Flushing (kemerahan, kulit hangat)
  • Pusing dan pingsan
  • Kelelahan
  • Mulut kering

Obat perangsang jenis bremelanotide dapat menyebabkan kulit dan gusi Anda menjadi lebih gelap. Selain itu, mengonsumsi alkohol sejak dua jam sebelum menggunakan obat perangsang wanita hingga keesokan paginya, dapat menyebabkan penurunan tekanan darah ke tingkat yang berbahaya.

Umumnya, obat perangsang yang telah lolos edar hanya pernah diuji pada wanita premenopause. Untuk kehati-hatian, maka wanita yang sedang hamil atau menyusui tidak diperbolehkan menggunakan jenis obat-obatan tersebut.

Selain itu, ada juga kelompok yang tidak boleh minum obat perangsang wanita, yaitu mereka yang memiliki penyakit liver, penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, serta sedang minum obat untuk HIV atau hepatitis C.

Kelompok wanita yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat infeksi jamur flukonazol dan beberapa jenis antibiotik, juga tidak dianjurkan mengonsumsi obat perangsang wanita karena dapat menyebabkan interaksi obat.

Baca Juga: Titik Rangsang Wanita di Sekujur Tubuh yang Jarang Diketahui

Bedakan obat perangsang wanita dengan obat tidur atau rape drugs

Berbeda dari obat perangsang wanita, obat “tidur” yang sering disebut sebagai date rape drugs ini sering kali diselewengkan untuk hal-hal buruk. Biasanya, orang-orang tak bertanggungjawab memberikan obat “tidur” ini pada korbannya. Sehingga, korban tertidur pulas tanpa mengingat satu hal pun yang terjadi padanya.

Obat-obatan date rape drugs bisa bereaksi dengan cepat dalam tubuh. Bahkan, korban pun sulit menyadari jika ada sesuatu yang salah. Jika dicampurkan dengan alkohol, maka reaksi obat-obatnya akan lebih cepat, bahkan bisa menimbulkan kematian.

Salah satu sebutan obat yang sering disalahgunakan ini adalah club drugs, karena banyak ditemukan di klub malam. Biasanya, obat yang masuk dalam kategori ini dicampurkan ke dalam minuman tanpa diketahui korbannya. Ketika sang korban meminumnya, gejala mulai muncul.

Bentuk obat tersebut pun beragam, mulai dari pil, bubuk hingga cairan. Ketika dimasukkan ke dalam minuman, sangat sulit sekali untuk melihat perubahan pada minuman tersebut. Namun, berikut ini reaksi-reaksi yang bisa terlihat saat minuman sudah terkontaminasi date rape drugs.

  • Date rape drugs mengubah warna air mineral
  • Obat tersebut membuat minuman terlihat “berawan”

Beberapa cara menghindari date rape drugs:

  • Jangan menerima minuman dari orang yang tak dikenal
  • Beli minuman sendiri dan terus awasi minuman Anda
  • Jangan meminum apapun yang berbau aneh
  • Langsung cari pertolongan jika merasa mabuk dan pusing
  • Minta tolong teman untuk menjaga Anda

Beberapa efek samping jika korban dicekoki date rape drugs atau alkohol terlalu banyak yaitu merasa pusing,linglung, tidak bisa mempertahankan diri (pasrah), tidak bisa mengingat kejadian sebelumnya, sulit berbicara, tidak bisa bergerak, mual dan muntah, mengantuk, bingung, kesulitan bernapas, hingga pingsan.

Baca Juga

  • Jarak Kehamilan Setelah Berhubungan Harus Tunggu Berapa Lama?
  • Tak Perlu Malu, Ini Manfaat Onani untuk Kesehatan
  • Inilah Dampak Seks Bebas bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Catatan dari SehatQ

Jika Anda wanita yang mengidap HSDD, sebelum mengonsumsi obat peransang gairah seksual, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jadi, Anda bisa mengetahui dosis, efek samping, dan cara pemakaian yang tepat.

Selain itu, jangan pernah gunakan date rape drugs atau obat “tidur” untuk hal yang tidak pantas atau melawan hukum. Selain bisa dijerat pasal hukum, banyak efek samping yang bisa dirasakan oleh pengonsumsinya. Bahkan dapat berakibat fatal.

Advertisement

hubungan seksualkepuasan seksualobat perangsang wanita

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved