logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Daftar Obat Penumbuh Rambut Paling Ampuh dari Bahan Alami dan Kimia

open-summary

Tak perlu risau dengan kebotakan karena Anda dapat memilih obat penumbuh rambut, mulai dari yang alami hingga yang kimia. Cara lain, memijat kulit kepala juga melancarkan sirkulasi darah dan mencegah kerontokan rambut.


close-summary

3 Des 2019

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Memijat kulit kepala dapat menstimulasi sirkulasi darah untuk merangsang pertumbuhan rambut

Kerontokan atau penipisan rambut dapat diatasi dengan obat penumbuh rambut alami

Table of Content

  • Obat penumbuh rambut
  • Pesan dari SehatQ

Kerontokan atau penipisan rambut kerap jadi keluhan banyak orang. Gaya hidup serba modern, paparan polusi, dan penggunaan produk perawatan rambut kimia membuat rambut rentan menipis. Kabar baiknya, ada banyak obat penumbuh rambut alami maupun kimia yang bisa jadi solusi.

Advertisement

Tapi tentu saja, pertumbuhan rambut seseorang bergantung pada banyak faktor, termasuk faktor genetik. Di sisi lain, apabila kerontokan rambut terjadi karena kondisi medis tertentu, coba konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mencoba produk untuk menumbuhkan rambut. Apalagi banyak obat penumbuh rambut botak yang beredar di pasaran.

Baca Juga

  • 15 Manfaat Argan Oil, Baik untuk Wajah, Kecantikan, dan Kesehatan
  • Ketahui 13 Cara Merawat Rambut Ikal Pria agar Tetap Sehat
  • Hindari Iritasi Kulit dengan Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Aman Ini

Obat penumbuh rambut

Berikut ini beberapa obat penumbuh rambut yang bisa dicoba:

1. Minyak kelapa

Salah satu obat penumbuh rambut yang bisa mengembalikan hilangnya protein dari rambut rusak adalah minyak kelapa. Cara kerja minyak kelapa untuk rambut adalah masuk ke batang rambut dan mengurangi risiko kerontokan.

Obat penumbuh rambut yang satu ini cocok bagi yang kerap menggunakan produk perawatan rambut kimia. Caranya adalah dengan memijat kelapa dengan 2 sendok makan. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo lembut.

2. Yogurt

Tak hanya lezat dan sehat, yogurt bisa juga menjadi obat penumbuh rambut. Kandungan probiotiknya bisa merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerusakan rambut. Jadi, konsumsi satu porsi yogurt setiap hari bisa jadi cara menjaga kesehatan rambut.

3. Ekstrak bawang putih

Jangan bayangkan baunya, tapi ekstrak bawang putih juga ampuh sebagai obat penumbuh rambut. Kandungan fitokimia bisa menutrisi akar rambut dan merangsang pertumbuhannya.

Caranya, ambil sari-sari bawang putih dan aplikasikan ke kulit kepala. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo. Cara ini aman dilakukan setidaknya 2 kali dalam sepekan.

4. Teh hijau

Tak hanya kaya antioksidan dan baik untuk tubuh, teh hijau bisa merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan bioaktif dalam teh hijau bisa mengurangi risiko kerontokan rambut.

Teh hijau bisa dikonsumsi 1-2 kali dalam sehari. Namun apabila Anda mengonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari efek samping.

5. Ginseng

Sejak lama, ginseng selalu menjadi andalan bahan alami perawatan rambut termasuk sebagai obat penumbuh rambut. Kandungan dalam ginseng bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Caranya adalah dengan memijat kulit kepala dengan beberapa sendok makan ginseng. Kemudian, diamkan selama 1 jam. Bilas dengan sampo lembut. Lakukan dua kali dalam seminggu.

6. Lemon

Obat penumbuh rambut berikutnya adalah lemon yang bisa meningkatkan kualitas rambut sekaligus merangsang pertumbuhannya. Caranya, aplikasikan perasan lemon pada kulit kepala 15 menit sebelum mencuci rambut.

7. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi juga bisa menjadi obat penumbuh rambut alami. Tak hanya itu, kafein juga bisa memperkuat rambut sehingga bisa tumbuh lebih panjang. Caranya adalah dengan mengonsumsi kopi setidaknya satu kali sehari. Namun tetap perhatikan efek kafein terhadap tubuh Anda.

8. Minoxidil

Kandungan kimia yang bisa menjadi obat penumbuh rambut biasanya adalah minoxidil. Rata-rata produk penumbuh rambut yang dijual di pasaran mengandung 5% minoxidil dan bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan.

Dikutip dari Mayo Clinic, produk dengan minoxidil membantu menumbuhkan kembali rambut atau memperlambat laju kerontokan setidaknya selama enam bulan masa perawatan.

Namun terkadang ada reaksi alergi akibat minoxidil.

9. Finasteride

Kerontokan rambut yang disebabkan karena autoimun terhadap folikel biasanya diatasi dengan finasteride. Tentunya, konsumsi obat penumbuh rambut yang mengandung finasteride harus atas persetujuan dokter.

Perlu diingat pula konsumsi obat yang mengandung finasteride bisa menyebabkan efek samping. Beberapa di antaranya adalah disfungsi ereksi, pembesaran payudara pada pria (ginekomastia), dan menurunnya gairah seksual.

10. Obat suntik kortikosteroid

Obat suntik penumbuh rambut untuk mengatasi kebotakan biasanya adalah dari golongan kortikosteroid, seperti riamcinolone acetonide atau triamcinolone hexacetonide.

Biasanya obat suntik penumbuh rambut ini diperlukan pada kondisi kebotakan kurang dari 50% kulit kepala. 

Efek samping dari prosedur suntik ini antara lain munculnya jaringan parut pada daerah suntikan. Namun, kondisi ini bersifat sementara dan bisa pulih kembali dalam beberapa bulan.

Pesan dari SehatQ

Merangsang pertumbuhan rambut juga bisa dilakukan lewat kebiasaan yang bermanfaat. Contohnya memijat kulit kepala untuk menstimulasi sirkulasi darah sehingga rambut rontok bisa dicegah.

Selain itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi untuk mencegah rasa gatal atau kering pada kulit kepala. Mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3 juga bisa mencegah kerontokan.

Penting untuk selalu konsisten dengan perawatan yang Anda jalani. Tak ada yang instan dan bisa terlihat hasilnya hanya dengan satu kali perawatan. Teruslah mencoba beberapa obat penumbuh alami di atas hingga terlihat hasilnya setelah beberapa bulan.

Sayangi tubuh, berdamai dengan stres, dan jalani gaya hidup sehat juga bisa berdampak baik bagi rambut Anda. Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

rambut rontokkesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved