Obat Penumbuh Jenggot, Benarkah Bikin Brewok Tumbuh?

Banyak cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mempertebal brewok.
Benarkah obat penumbuh jenggot bisa bikin Anda punya brewok?

Banyak penelitian membuktikan bahwa pria dengan jenggot terlihat lebih atraktif. Tidak heran kalau di zaman ini, banyak produk obat penumbuh jenggot yang dijual di pasaran dan dipercaya bisa bikin pria menumbuhkan brewok. 

Dengan fakta itu, banyak pria yang tergoda untuk membeli berbagai jenis obat penumbuh jenggot. Harapannya, dalam waktu beberapa bulan, bagian atas bibir, rahang, hingga dagu akan dipenuhi dengan bulu dapat memberikan kesan manly.

Obat penumbuh jenggot ada banyak jenisnya, mulai dari minyak, suplemen, hingga busa. Namun, apakah obat penumbuh jenggot, benar-benar bisa menumbuhkan jenggot pada pria yang tidak memiliki “gen” brewok atau jenggot?

Efek obat penumbuh jenggot

Untuk pria yang sudah memiliki “gen” jenggot, minyak penumbuh jenggot terbukti memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat itu, di antaranya adalah:

  • Menghaluskan brewok. Rambut jenggot cenderung lebih kasar dibandingkan rambut pada kepala. Minyak penumbuh jenggot ternyata memiliki manfaat untuk menghaluskan menambah kesan shiny pada brewok. Dengan begitu, rambut brewok dan jenggot bisa terlihat rapih.
  • Melembapkan kulit. Minyak penumbuh jenggot bisa melembapkan kulit yang berada di bawah rambut jenggot. Tidak hanya itu, minyak penumbuh jenggot juga bisa menyehatkan kulit yang “diselimuti” brewok. 
  • Membuat jenggot lebih tebal. Bagi Anda yang memiliki jenggot, namun tidak lebat, menggunakan minyak penumbuh jenggot bisa jadi solusinya. Inilah alasan yang membuat banyak orang juga menggunakan obat penumbuh jenggot untuk pertumbuhan rambut.
  • Mengharumkan jenggot. Minyak penumbuh jenggot memiliki aroma yang wangi.

Apakah minyak penumbuh jenggot terbukti ampuh?

Minyak penumbuh jenggot belum terbukti secara ilmiah untuk menumbuhkan jenggot. Akan tetapi, beberapa minyak esensial yang terkandung dalam minyak jenggot, dipercaya dapat mendukung atau meningkatkan pertumbuhan rambut jenggot. 

Minyak esensial yang dimaksud ialah:

  • Ylang-ylang
  • Daun salam
  • Minyak esensial lainnya yang kaya akan antioksidan

Obat penumbuh jenggot lebih efektif sebagai pelembap

Minyak penumbuh jenggot dianggap lebih efektif sebagai pelembap untuk kulit di bawah jenggot. Anda mungkin bisa melihat efeknya pada penampilan kulit serta jenggot, sesaat setelah mulai menggunakan minyak penumbuh jenggot.

Perlu diingat, segala jenis kulit, termasuk kulit berminyak, perlu dipelihara dan dilembapkan. Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan minyak penumbuh jenggot yang kaya akan minyak esensial dengan sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Misalnya, minyak pohon teh, sampai kayu manis.

Pil biotin, sebagai alternatif untuk menumbuhkan jenggot

Ada beberapa produk penumbuh jenggot berjenis obat minum, yang diperkaya dengan vitamin B7, atau dikenal juga dengan sebutan biotin. 

Biotin dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Tidak heran, orang juga beranggapan kalau biotin mampu menumbuhkan jenggot. Namun sayang, belum banyak bukti mengenai anggapan tersebut.

Obat biotin dalam bentuk suplemen dipercaya bermanfaat untuk kesehatan kuku jari, menyembuhkan diabetes, menambah kadar biotin dalam tubuh, dermatitis seboroik (gangguan kulit yang menyebabkan bersisik, berketombe dan kemerahan), sampai depresi ringan. 

Dalam hal menumbuhkan jenggot, masih banyak riset yang harus dilakukan untuk membuktikan efektivitas biotin bagi pertumbuhan jenggot, pada orang-orang yang tidak memiliki “gen” brewok.

Walau demikian, biotin memang ampuh untuk meningkatkan kadar keratin pada tubuh seseorang. 

Obat penumbuh jenggot belum tentu efektif

Bagi sebagian pria yang kesulitan menumbuhkan brewok, jika obat penumbuh jenggot tidak efektif, jangan salahkan produknya. Pasalnya, faktor genetik lah yang memainkan peranan penting terhadap tumbuh atau tidaknya brewok.

Jika ayah atau kakek Anda kesulitan menumbuhkan brewok, kemungkinan besar, Anda juga akan mengalami hal yang sama. 

Tips memperlebat jenggot

Kesehatan Anda secara keseluruhan memengaruhi segalanya, termasuk jenggot. Walau faktor genetik tidak dapat diubah, masih banyak kebiasaan gaya hidup yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan, dan memiliki jenggot yang tebal. 

Langkah-langkah yang disarankan bagi para pemilik “gen” jenggot untuk memperlebat jenggot adalah dengan?

  • Olahraga. Aktivitas olahraga bisa meningkatkan aliran darah, yang membantu merangsang pertumbuhan folikel rambut dan meningkatkan kadar testosteron. Seperti angkat besi, squat, dan pushup misalnya, yang bisa mendongkrak kadar testosteron. Studi mengatakan, tingkat testosteron anak muda bisa meningkat lebih besar pada pagi hari, dan menurun pada malam hari.
  • Mengonsumsi makanan sehat. Nutrisi yang didapatkan dari makanan sehat, bisa memberikan manfaat pada jenggot. Apalagi kalau dibarengi dengan menjaga berat badan tubuh. Pasalnya, obesitas bisa mengurangi kadar testosteron. 
  • Vitamin dan suplemen. Jika Anda tidak bisa mendapatkan nutrisi dari pola makan, cobalah mencari vitamin dan suplemen yang mengandung zinc dan seng. Kedua zat ini dipercaya bisa meningkatkan kadar testosteron.
  • Tidur. Tidur sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Hal ini juga bisa bermanfaat untuk kesehatan jenggot. Pasalnya, testosteron dalam sistem tubuh Anda dikeluarkan secara maksimal, saat Anda tertidur. 

Catatan dari SehatQ:

Jika Anda ingin mencoba produk-produk obat penumbuh jenggot, ada baiknya melihat batas takarannya, agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Lebih baik lagi, konsultasikan dulu dengan dokter untuk meluruskan mitos dan juga menemukan kebenaran tentang obat penumbuh jenggot.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/313502.php

Diakses pada 19 September 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-facial-hair-grow#genetics

Diakses pada 19 September 2019

 

GQ. https://www.gq.com/story/how-to-grow-a-better-thicker-beard-biotin

Diakses pada 19 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed