logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Apakah Obat Penumbuh Brewok Pria Benar-Benar Ampuh? Ini Penjelasannya

open-summary

Hingga saat ini, efektivitas obat penumbuh brewok masih dipertanyakan. Terapi hormon testosteron masih menjadi cara yang benar-benar efektif menumbuhkan jenggot pria.


close-summary

20 Sep 2019

| Rhandy Verizarie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Obat penumbuh brewok juga dapat menjaga kesehatan kulit

Obat penumbuh brewok masih terus diteliti keampuhannya untuk menumbuhkan jenggot dan kumis

Table of Content

  • Macam-macam obat penumbuh brewok
  • Jadi, obat penumbuh brewok ampuh atau tidak?
  • Menumbuhkan brewok dengan minyak esensial
  • Tips melebatkan brewok
  • Catatan dari SehatQ

Banyak penelitian membuktikan bahwa pria dengan brewok terlihat lebih atraktif. Dengan fakta itu, banyak pria yang tergoda untuk membeli berbagai jenis obat penumbuh brewok. Harapannya, dalam waktu beberapa bulan, bagian atas bibir, rahang, hingga dagu akan dipenuhi dengan bulu dapat memberikan kesan manly.

Advertisement

Pertanyaannya, apakah penumbuh brewok tersebut memang benar-benar bisa menumbuhkan brewok, sekalipun pada pria yang tidak memiliki gen berbulu tebal? Berikut penjelasan selengkapnya.

Macam-macam obat penumbuh brewok

penumbuh brewok
Ada banyak obat penumbuh brewok yang beredar di pasaran

Saat ini, sudah banyak banyak produk obat penumbuh jenggot yang dijual di pasaran dan diklaim ampuh menumbuhkan brewok dengan cepat. Bentuknya ada berbagai macam, mulai dari minyak, suplemen, hingga busa (foam).

Sebelum membahas efektivitasnya, ketahui terlebih dahulu apa saja macam-macam obat atau suplemen penumbuh brewok yang dipercaya ampuh dan cepat dalam menumbuhkan rambut wajah tersebut berikut ini:

1. Biotin

Ada beragam produk obat penumbuh brewok berjenis pil minum (oral), yang mengandung vitamin B7, atau dikenal juga dengan biotin

Biotin dipercaya sebagai salah satu obat penumbuh brewok dan jenggot paling ampuh. Hal ini berangkat dari sejumlah penelitian yang mengatakan bahwa biotin efektif merangsang pertumbuhan rambut.

Menurut penelitian tahun 2017, biotin dianggap mampu membantu produksi keratin. Keratin sendiri adalah protein yang menjadi bagian dari struktur rambut. Selain itu, biotin terbukti mampu membantu menumbuhkan rambut pada orang yang menderita kebotakan (alopecia).

Akan tetapi, penelitian yang ada masih belum bisa dijadikan acuan untuk mendukung efektivitas biotin. Perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk menguji keampuhan biotin untuk menumbuhkan jenggot sampai brewok.

2. Minoxidil

Minoxidil adalah obat penumbuh rambut, termasuk area tumbuhnya brewok, yang cukup populer. Obat penumbuh jenggot yang satu ini bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah dan folikel rambut di kulit kepala. Dengan begitu, rambut diharapkan dapat tumbuh lebih cepat dan lebat.

Sayangnya, meski minoxidil diketahui ampuh mampu menumbuhkan rambut yang botak, belum diketahui apakah obat ini akan memberikan efek yang sama pada rambut wajah, seperti brewok, kumis, ataupun jenggot.

3. Finasteride

Obat penumbuh jenggot lainnya adalah finasteride. Sama seperti minoxidil, obat ini sebenarnya ditujukan untuk menumbuhkan rambut di kepala pada pria yang mengalami kebotakan (alopecia). Beberapa orang kemudian beranggapan bahwa finasteride mungkin juga bisa membantu menumbuhkan brewok di pipi.

Pada kasus kebotakan, finasteride bekerja dengan cara menurunkan kadar hormon dihidrotestosteron (DHT) yang terlalu tinggi. Hormon DHT diketahui menjadi penyebab kebotakan pada pria apabila kadarnya sangat tinggi. 

Sementara perihal kegunaan finasteride sebagai obat penumbuh brewok dengan cepat, belum didukung oleh banyak bukti ilmiah.

Baca Juga

  • Cara Memperbanyak Sperma yang Alami dan Mudah Dilakukan
  • Waspada Penis Patah, Cedera Penis Ketika Ereksi Saat Berhubungan Seksual
  • Kulit Kepala Kering, Ini Berbagai Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Jadi, obat penumbuh brewok ampuh atau tidak?

Obat-obatan di atas rata-rata terbukti dapat menumbuhkan rambut di kepala. Akan tetapi, ketiganya belum dapat dipastikan keampuhannya sebagai obat penumbuh brewok. Perlu adanya banyak studi ilmiah lanjutan guna membuktikan kebenaran manfaat obat-obatan tersebut dalam menumbuhkan brewok, khususnya bagi orang-orang yang tidak memiliki “gen” brewok tebal.

Perlu dipahami, setiap orang sebenarnya memiliki bulu-bulu halus di wajahnya yang mana mulai tumbuh saat pubertas. Pada beberapa orang dengan gen tertentu, bulu-bulu tersebut dapat tumbuh lebih cepat dan banyak. Hal ini dipengaruhi oleh gen di dalam tubuh seseorang. Gen tersebut memengaruhi produksi hormon testosteron yang menjadi 'penanggung jawab' tumbuhnya brewok.

Oleh sebab itu, alih-alih obat, menumbuhkan brewok kemungkinan besar hanya efektif melalui terapi testosteron, misalnya suntik hormon testosteron. Anda mungkin juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kemungkinan transplantasi rambut di area tumbuhnya brewok dan jenggot.

Selain obat penumbuh brewok, para pria juga kerap menggunakan minyak esensial sebagai cara menumbuhkan brewok secara alami. Beberapa contoh minyak penumbuh brewok antara lain: 

  • Ylang-ylang
  • Minyak zaitun
  • Minyak kemiri 

Sayangnya, keampuhan minyak esensial untuk menumbuhkan brewok dan jenggot juga masih membutuhkan lebih banyak kajian. Kendati demikian, bukan berarti minyak esensial tak memberi manfaat sama sekali.

Pada pria yang sudah memiliki brewok, bahkan yang tipis sekalipun, minyak-minyak di atas mungkin dapat memberikan sejumlah manfaat, seperti:

1. Menghaluskan brewok

Rambut jenggot cenderung lebih kasar dibandingkan rambut pada kepala. Minyak penumbuh jenggot ternyata memiliki manfaat untuk menghaluskan, pun menambah kesan berkilau pada brewok. Dengan begitu, rambut brewok dan jenggot bisa terlihat rapi.

2. Melembapkan kulit

Minyak penumbuh jenggot bisa melembapkan kulit yang berada di bawah rambut jenggot. Tidak hanya itu, minyak penumbuh jenggot juga bisa menyehatkan kulit yang “diselimuti” brewok. 

3. Membuat brewok lebih tebal

Bagi Anda yang memiliki brewok, tapi tidak lebat, menggunakan minyak penumbuh jenggot juga bisa jadi solusinya. Inilah alasan yang membuat banyak orang juga menggunakan minyak esensial penumbuh jenggot untuk pertumbuhan rambut.

4. Mengharumkan brewok

Beberapa produk minyak penumbuh brewok alami memiliki aroma yang wangi. Mengoleskannya pada brewok, kumis,atau jenggot akan membuat rambut wajah Anda tersebut menjadi harum sehingga makin meningkatkan kepercayaan diri.

Tips melebatkan brewok

Bagi Anda yang sudah memiliki brewok, ada sejumlah hal yang dapat dilakukan sebagai cara menumbuhkan brewok agar makin tebal, antara lain:

1. Olahraga

penumbuh brewok
Olahraga bisa merangsang folikel rambut dan meningkatkan kadar testosteron sehingga brewok jadi lebih lebat

Aktivitas olahraga bisa meningkatkan aliran darah yang membantu merangsang pertumbuhan folikel rambut dan meningkatkan kadar testosteron. Dengan begitu, pertumbuhan rambut dapat lebih optimal

Olahraga yang dimaksud di antaranya angkat besi, squat, dan pushup.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Nutrisi yang didapatkan dari makanan sehat bisa memberikan manfaat pada brewok. Makanlah makanan yang mengandung nutrisi seperti zinc, zat besi, dan vitamin D, seperti:

  • Buah
  • Sayuran
  • Ikan
  • Daging
  • Telur

3. Vitamin dan suplemen

Jika Anda tidak bisa mendapatkan nutrisi dari pola makan, cobalah mencari vitamin dan suplemen yang mengandung zinc dan seng. Kedua zat ini dipercaya bisa meningkatkan kadar hormon testosteron yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut.

4. Tidur yang cukup

Tidur sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Hal ini juga bisa bermanfaat untuk kesehatan jenggot. Pasalnya, testosteron dalam sistem tubuh Anda dikeluarkan secara maksimal, saat Anda tertidur. 

5. Merawat kulit dan rambut brewok 

Menjaga pori-pori terbuka dengan eksfoliasi wajah dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di folikel rambut. Hal ini tentu dapat menghambat pertumbuhan rambut.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda ingin mencoba produk-produk obat penumbuh brewok alami, ada baiknya melihat batas takarannya, agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Lebih baik lagi, konsultasikan dulu dengan dokter untuk meluruskan mitos dan juga menemukan kebenaran tentang obat penumbuh jenggot.

Konsultasi dengan dokter ahli jadi semakin mudah dengan aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda bisa chat dokter online kapanpun dan dimanapun! Download sekarang juga di App Store dan Google Play

Advertisement

obat penumbuh jenggotjenggotbrewokkesehatan rambutkesehatan pria

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved