Obat Penumbuh Jambang Alami dan di Apotek, Ampuhkah?


Obat penumbuh jambang alami yang bisa Anda coba, yakni minyak kelapa, minyak kayu putih, serta campuran lemon dan kayu manis. Selain itu, ada pula suplemen atau obat penumbuh jambang di apotek yang bisa coba.

(0)
11 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat penumbuh jambangBanyak pria yang mengidam-idamkan jambang yang tebal
Jambang yang lebat dan tebal merupakan idaman bagi banyak kaum adam. Meski demikian, tidak semua pria memiliki jambang yang tumbuh secara alami di wajahnya. Selain itu, ada juga sebagian pria yang merasa jambangnya kurang lebat. Kondisi ini mendorong mereka untuk menggunakan obat penumbuh jambang.Obat jambang sendiri terdiri dari berbagai macam bentuk, mulai dari sampo, krim penumbuh jambang, cairan, hingga obat minum (oral). Selain itu, obat penumbuh jambang juga ada yang terbuat dari bahan alami. Agar lebih jelas, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Obat penumbuh jambang alami

Obat penumbuh jambang alami umumnya berupa bahan-bahan tradisional yang telah digunakan secara turun-temurun. Walaupun banyak klaim keberhasilan mengenai khasiatnya, belum banyak penelitian mengungkap kebenaran dan keampuhan obat penumbuh jambang alami ini.Anda juga perlu memahami bahwa bahwa penggunaan bahan-bahan alami sebagai obat penumbuh jambang dapat memberikan hasil berbeda bagi setiap orang. Berikut sejumlah pilihan penumbuh jambang alami yang bisa Anda coba.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu penumbuh jambang alami yang diklaim efektif. Minyak yang dimaksud adalah minyak yang dibuat dari kelapa murni.Cara menumbuhkan jambang menggunakan minyak kelapa adalah sebagai berikut:
  • Campurkan minyak kelapa dan minyak rosemary dengan perbandingan 10:1
  • Setelah keduanya tercampur rata, oleskan campuran ini pada bagian wajah dengan menggunakan bola kapas
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air dingin.
Lakukan sebanyak tiga kali seminggu sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Lemon dan kayu manis

Lemon dan kayu manis dapat digunakan sebagai obat penumbuh jambang alami. Berikut cara menggunakan kedua bahan ini:
  • Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan dua sendok teh perasan lemon
  • Oleskan campuran tersebut pada bagian jambang dan diamkan selama 20 menit
  • Bersihkan dengan air dingin.
Untuk mendapatkan hasil terbaik, penggunaan campuran lemon dan kayu manis bisa dilakukan dua kali seminggu.

3. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih juga bisa digunakan sebagai obat penumbuh jambang alami. Berikut cara menggunakannya yang bisa Anda ikuti:
  • Kombinasikan minyak kayu putih dengan campuran minyak lain, seperti minyak zaitun atau minyak wijen
  • Pijat-pijat bagian jambang dengan menggunakan campuran tersebut hingga menyerap
  • Biarkan selama 20 menit
  • Bilas dengan air dingin.

Obat penumbuh jambang di apotek

Di samping bahan-bahan alami, ada pula suplemen dan obat penumbuh jambang di apotek yang bisa Anda coba.

1. Minoxidil

Minoxidil adalah obat yang biasa digunakan untuk mengatasi kebotakan. Namun, obat ini juga diklaim ampuh untuk menumbuhkan jambang. Akan tetapi, efek minoxidil sebagai obat jambang tidak bersifat permanen. Selain itu, obat ini mungkin tidak akan efektif jika digunakan pada pria yang memang tidak memiliki gen rambut tebal.

2. Biotin

Obat penumbuh jambang selanjutnya adalah biotin. Biotin sejatinya merupakan nama lain dari vitamin B7. Menurut penelitian tahun 2017 dalam jurnal Skin Appendage Disorder, obat jambang ini bekerja dengan cara merangsang produksi keratin, salah satu elemen utama pada rambut.

3. Finasteride

Finasteride adalah obat yang, sama seperti minoxidil, sebenarnya diperuntukkan bagi penderita kebotakan (alopecia). Berangkat dari hal tersebut, banyak pria yang menganggap jika obat ini juga dapat digunakan untuk menumbuhkan jambang.Akan tetapi, belum dapat dipastikan keampuhan finasteride sebagai obat penumbuh jambang.Sebagian besar obat penumbuh jambang di apotek belum dapat dijamin keberhasilannya, namun beberapa penelitian memberikan sedikit petunjuk:
  • Sebuah studi menunjukkan bahwa vitamin D dapat mengaktifkan folikel rambut sehingga berpotensi memberikan manfaat bagi pertumbuhan jambang.
  • Vitamin B, seperti B-12, biotin, dan niasin, dapat membantu memperkuat dan memperbaiki kondisi rambut.
  • Sebuah studi menunjukkan bahwa vitamin E efektif menumbuhkan rambut sebanyak 34,5 persen setelah dikonsumsi sebagai suplemen selama 8 bulan.
Berdasarkan berbagai temuan di atas, sebaiknya carilah suplemen atau obat penumbuh jambang di apotek dengan memperhatikan kandungan vitamin tersebut.Meski demikian, perlu diketahui juga bahwa tidak semua orang akan mendapatkan hasil yang sama setelah menggunakan obat jambang di atas. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan jambang, seperti:
  • Pertumbuhan jambang dipengaruhi hormon testosteron. Pria dengan kondisi hormon testosteron rendah akan sulit menumbuhkan jambang.
  • Sejumlah masalah kulit juga bisa jadi penyebab tidak tumbuhnya jambang. Kunjungi dokter untuk memastikannya.
  • Gangguan kesehatan, seperti hipotiroidisme (kelenjar tidroid yang kurang aktif) dan anemia, juga bisa menyebabkan jambang sulit tumbuh.
  • Faktor genetik sering kali menjadi alasan mengapa seseorang sulit menumbuhkan jambang.

Tips untuk menumbuhkan jambang

Selain dengan obat penumbuh jambang, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar bisa memiliki rambut wajah yang subur.
  • Selalu jaga kebersihan dan kelembapan kulit wajah dari kotoran agar pori-pori kulit tidak tersumbat.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Kekurangan vitamin dan mineral akan membuat jambang sulit tumbuh.
  • Olahraga setidaknya 20 menit setiap hari. Sirkulasi darah lancar dapat mengantarkan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk area tumbuhnya jambang.
Satu hal lagi yang perlu Anda ingat, jika jambang tidak tumbuh karena kondisi bawaan, misalnya faktor genetik, maka obat jambang yang bekerja dari luar kemungkinan besar tidak efektif.Anda juga dapat mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat. Dokter mungkin akan memberikan suntik testosteron, meresepkan suplemen, atau perawatan lainnya sesuai kondisi Anda.Jika Anda punya pertanyaan seputar obat penumbuh jambang maupun cara menumbuhkan jambang lainnya , jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store maupun Google Play.
kesehatan rambutobat penumbuh jenggotkesehatan pria
Only My Health. https://www.onlymyhealth.com/health-slideshow/home-remedies-to-grow-beard-faster-1427181220.html
Diakses 28 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-facial-hair-grow
Diakses 28 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-vitamins-hair-growth
Diakses 28 September 2020
Karger Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5582478/
Diakses pada 28 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait