Obat Nyeri Tulang Paling Ampuh Berdasarkan Penyebabnya

(0)
25 May 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat nyeri tulang sangatlah beragam, mulai dari antibiotik hingga painkiller.Obat nyeri tulang sangat beragam, dokter akan meresepkannya tergantung penyebab.
Obat nyeri tulang sangat beragam. Dokter tidak bisa meresepkan obat nyeri tulang sebelum mengetahui penyebabnya. Maka dari itu, mengidentifikasi penyebab munculnya rasa sakit pada tulang, sangatlah penting sebelum Anda mengonsumsi obat nyeri tulang.

Obat nyeri tulang berdasarkan penyebabnya

Obat nyeri tulang tidak boleh asal dikonsumsi. Tentunya, Anda perlu bantuan dokter untuk mendiagnosis pasti penyebab nyeri tulang yang dirasakan.Berikut ini adalah beberapa penyebab nyeri tulang yang perlu diwaspadai:
  • Arthritis
  • Kanker tulang
  • Patah tulang
  • infeksi
  • Leukimia (kanker yang muncul di sumsum tulang)
  • Osteomyelitis (infeksi tulang)
  • Osteoporosis
  • Terganggunya suplai darah ke tulang
Setelah mengetahui penyebabnya, dokter bisa meresepkan obat nyeri tulang yang sesuai dengan penyebabnya.Berikut ini adalah beberapa obat nyeri tulang dan prosedur yang bisa diberikan dokter, sesuai dengan kondisi medis yang menyebabkan nyeri tulang:

1. Obat pereda nyeri

Nyeri tulang
Obat nyeri tulang bisa berupa painkiller
Obat nyeri tulang yang paling umum adalah obat pereda nyeri. Namun, obat pereda nyeri tidak bisa menyembuhkan penyebab dari nyeri tulang. Obat ini hanya bisa meredakan nyeri pada tulang yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit.Umumnya, obat pereda nyeri yang akan diresepkan oleh dokter adalah ibuprofen dan acetaminophen. Sedangkan pada kasus nyeri yang berat, dokter biasanya memberikan obat pereda nyeri berupa morfin.Ingat, obat pereda nyeri tidak bisa menyembuhkan penyebab nyeri tulang, tapi hanya meredakan rasa nyeri yang Anda rasakan pada tulang.

2. Antibiotik

Jika nyeri tulang yang Anda rasakan disebabkan oleh infeksi, dokter akan merekomendasikan antibiotik.
Nantinya, antibiotik akan membunuh kuman yang menyebabkan nyeri tulang yang Anda rasakan. Biasanya, ada tiga jenis antibiotik yang diberikan untuk nyeri tulang, yaitu ciprofloxacin, clindamycin, atau vancomycin.

3. Suplemen nutrisi

Waspadalah, osteoporosis juga bisa menyebabkan nyeri tulang. Biasanya, osteoporosis disebabkan oleh kekurangan nutrisi seperti vitamin D dan zat mineral kalsium. Itulah sebabnya, dokter juga bisa memberikan suplemen nutrisi untuk mengobati nyeri tulang. Suplemen nutrisi tersedia dalam bentuk pil hingga cairan.

4. Obat nyeri tulang untuk pasien kanker

Nyeri tulang yang disebabkan oleh kanker biasanya sulit ditangani. Dokter harus mengobati kankernya untuk bisa meradakan rasa nyerinya.Pengobatan kanker yang umum dilakukan adalah kemoterapi, terapi radiasi, hingga operasi. Sayangnya, kemoterapi malah bisa meningkatkan rasa nyeri tulang.Selain itu, obat-obatan seperti bifosfonat hingga opioid juga bisa diberikan untuk meredakan rasa nyeri tulang akibat kanker.

Operasi juga bisa jadi solusi

Nyeri tulang
Nyeri tulang bisa terjadi di bagian tubuh mana saja
Penanganan untuk nyeri tulang yang satu ini berupa prosedur operasi. Biasanya, operasi harus dilakukan saat ada infeksi yang mengakibatkan tidak berfungsinya bagian tulang tertentu.Umumnya, operasi dilakukan untuk mengangkat tumor yang ada pada tulang, maupun menangani patah tulang.

Cara mencegah nyeri tulang

Obat nyeri tulang tidak akan diperlukan jika Anda bisa mencegah penyakit yang bisa menyebabkan nyeri tulang. Apabila belum merasakan nyeri tulang, ada baiknya melakukan beberapa cara mencegah nyeri tulang di bawah ini:Selain meningkatkan kesehatan tulang, Anda juga bisa mencegah nyeri tulang dengan lebih berhati-hati dalam beraktivitas. Sebab, nyeri tulang tidak hanya disebabkan oleh penyakit, tapi juga cedera yang menyebabkan patah tulang.

Kapan harus ke dokter?

Nyeri tulang bukanlah kondisi medis yang bisa disepelekan. Walaupun rasa nyerinya hanya sedikit, tetap saja kondisi ini harus dianggap sebagai kondisi darurat. Terutama jika rasa nyeri tulang yang Anda rasakan sulit dicari penyebabnya.Anda juga harus langsung datang ke dokter jika kondisi nyeri tulang disertai oleh penurunan berat badan secara mendadak, berkurangnya nafsu makan, hingga lemah lesu.
penyakitmasalah tulangpenyakit tulangpatah tulangkanker tulang
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321835#causes
Diakses pada 11 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/bone-pain#treatments
Diakses pada 11 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait