Antipanik! Ini Dia Obat Mimisan Alami untuk Hentikan Perdarahan


Daun sirih terkenal sebagai salah satu obat alami mimisan. Namun, ada risiko yang mungkin dibawa. Selain daun sirih, ada beberapa cara alami untuk menghentikan mimisan, mulai dengan kompres dingin hingga penggunaan bahan herbal tertentu.

0,0
obat alami mimisanTak harus obat, menghentikan mimisan bisa dilakukan secara alami
Meskipun dapat hilang dalam beberapa menit dan umumnya bukan kondisi serius, mimisan bisa cukup mengganggu. Obat mimisan alami bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk menghentikan pendarahan lebih cepat. 

Pilihan obat mimisan alami

Mimisan (epistaksis) adalah keluarnya darah dari lubang hidung yang dipicu oleh luka, infeksi, dan/atau keringnya selaput lendir (mukosa). Di dalam hidung, banyak terdapat pembuluh darah tipis. Inilah yang membuatnya lebih rentan mengalami perdarahan, dan terjadi mimisan.Mimisan biasanya akan segera berhenti. Untuk menghentikannya, Anda bisa menekan-nekan hidung Anda.  Selain itu, beberapa bahan herbal dan tradisional berikut dapat membantu menghentikan mimisan: 

1. Es batu 

Es batu dapat menghentikan mimisan secara alami
Es batu dapat menghentikan mimisan secara alami
Salah satu cara alami menghentikan mimisan adalah dengan menggunakan es batu. Anda bisa membalut es batu dengan kain agar menjadi kompres dingin. Selanjutnya, tempelkan kompres dingin di batang hidung bagian tengah selama 5-10 menit. Cara menghentikan mimisan dengan es batu ini bisa mengurangi pendarahan dan pembengkakan hidung dengan cara menyempitkan pembuluh darah. 

2. Daun sirih

Daun sirih dipercaya sebagai obat alami mimisan
Daun sirih dipercaya sebagai obat alami mimisan
Penggunaan daun sirih sebagai obat alami mimisan mungkin sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Penelitian terdahulu dalam jurnal Molecules menyatakan, berbagai manfaat daun sirih salah satunya mengatasi mimisan. Daun sirih (Piper betle l.) memiliki berbagai kandungan, termasuk antioksidan, yang mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan, seperti mimisan. Dalam penelitian lain juga menyebutkan bahwa kandungan etanol dalam daun sirih mampu mempersingkat waktu perdarahan, khususnya setelah pencabutan gigi. Dalam Indonesian Journal of Tropical and Infectious Disease, dikatakan bahwa ekstrak minyak atsiri (essential oil) daun sirih yang mengandung etanol memiliki efektivitas pembekuan darah. Oleh karena berbagai alasan itulah akhirnya banyak yang menggunakan daun sirih sebagai obat alami mimisan.  Meski demikian, penggunaan daun sirih untuk menghentikan mimisan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Apalagi, belum diketahui secara pasti dosis dan cara pemberiannya yang aman. Hati-hati, jika Anda ingin menggunakan daun sirih untuk mengatasi mimisan. Sebab, bahan-bahan yang tidak ketahuan kebersihannya justru dapat meningkatkan risiko alergi akibat kontaminasi mikroorganisme. Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mencoba membuat ramuah herbal sendiri di rumah sebagai pengobatan. 

3. Makanan kaya vitamin K 

Vitamin K adalah salah satu vitamin yang berperan penting dalam pembekuan darah. Itu sebabnya, salah satu fungsi vitamin K adalah menghentikan perdarahan. Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan tubuh tidak mampu menghentikan pendarahan, termasuk menyebabkan mimisan. Akibatnya, mimisan bisa berlangsung lebih lama.Perlu diingat, vitamin K yang dikonsumsi tidak serta-merta langsung menghentikan mimisan Anda. Namun, cukup vitamin K dapat membuat perdarahan yang terjadi lebih singkat, bahkan mencegah mimisan.Makanan mengandung vitamin K banyak terdapat dalam sayuran berdaun hijau, brokoli, alpukat, kiwi, asparagus, kacang hijau, dan hati sapi.4. Makanan kaya vitamin C 
Makanan mengandung vitamin C dapat memperkuat pembuluh darah sehingga mencegah mimisan
Makanan mengandung vitamin C dapat memperkuat pembuluh darah sehingga mencegah mimisan
Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan fungsi tubuh. Vitamin C memiliki kandungan asam askorbat yang bersifat antioksidan.Salah satu dari manfaat vitamin C adalah mampu membantu memperkuat pembuluh darah kapiler. Jika pembuluh darah kuat dan elastis, risiko perdarahan pun dapat diminimalisir. Dalam jurnal Nutrition Review, diketahui bahwa kekurangan asam askorbat bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk pembengkakan dan pendarahan gusi, serta mimisan. Makan makanan yang kaya akan asam askorbat dalam vitamin C bisa menjadi cara alami untuk mencegah dan menghentikan mimisan. Vitamin C banyak terdapat dalam tomat, jeruk, bayam, dan stroberi. 

5. Air putih 

Air putih merupakan kebutuhan dasar manusia. Dalam hal ini, asupan air putih yang cukup, sekitar 8 gelas per hari bisa menghindari Anda dari berbagai gangguan penyakit. Salah satu pemicu mimisan adalah keringnya selaput lendir di hidung. Itulah sebabnya, minum cukup air putih dalam sehari bisa mencegah mimisan.

Cara menghentikan mimisan tanpa obat

Menghentikan mimisan bisa dilakukan dengan menekan hidung dengan jari
Menghentikan mimisan secara alami bisa dilakukan dengan menekan hidung dengan jari
Selain menggunakan bahan alami di atas, Anda juga bisa melakukan cara sederhana berikut ini untuk menghentikan mimisan.
  • Duduk tegak dan tenang, lalu condongkan tubuh ke depan. Duduk tegak bisa mengurangi tekanan darah di pembuluh darah hidung dan mencegah pendarahan lebih lanjut. Mencondongkan tubuh ke depan menghindari Anda dari menelan darah.
  • Embuskan udara perlahan dari hidung. Hal ini bertujuan membersihkan hidung dari gumpalan darah. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan semprotan atau dekongestan hidung yang mengandung oxymetazoline.
  • Jepit hidung dengan telunjuk dan ibu jari untuk menutup lubang hidung selama 10-15. Gunakan mulut untuk bernapas. Hal ini bertujuan memberikan tekanan ke titik pendarahan dan menghentikan aliran darah. Ulangi cara yang sama jika pendarahan tetap terjadi.
Setelah mengalami mimisan, hindari mengorek hidung atau mengembuskan udara terlalu keras melalui hidung. Anda juga dilarang untuk membungkuk selama beberapa jam. Hal ini bertujuan agar mimisan tidak berulang.Akan tetapi, jika Anda telah mencoba berbagai cara menghentikan mimisan di atas dan perdarahan tak kunjung berhenti, sebaiknya segeralah ke rumah sakit.

Catatan dari SehatQ

Obat mimisan alami dan cara sederhana di atas bisa Anda gunakan sebagai pertolongan pertama untuk menghentikan pendarahan. Apabila Anda terlalu sering mimisan dan terus berulang, segera periksa ke dokter untuk mencari penyebab mimisan. Mimisan yang terlalu sering bisa menandakan adanya penyakit serius. Sebelum menggunakan obat mimisan alami, Anda juga bisa berkonsultasi secara online menggunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang! 
mimisanhidung berdarahperdarahan
Med India. https://www.medindia.net/homeremedies/nosebleed.asp
Diakses pada 6 September 2021
Nutrition Reviews. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10101920/
Diakses pada 6 September 2021
The Korean Journal of Physiology & Pharmacology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5746510/
Diakses pada 6 September 2021
Avicenna Journal of Phytomedicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4075698/
Diakses pada 6 September 2021
Molecules. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6479398/
Diakses pada 6 September 2021
Indonesian Journal of Tropical and Infectious Disease. https://e-journal.unair.ac.id/IJTID/article/download/1387/2708
Diakses pada 6 September 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-nosebleeds/basics/art-20056683
Diakses pada 6 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait