Obat Metformin untuk Ibu Hamil Atasi Diabetes dan PSOC, Apakah Aman?


Obat metformin adalah jenis obat dalam (oral) untuk penderita diabetes tipe 2. Tak hanya itu, beberapa dokter juga merekomendasikan konsumsi obat metformin untuk mengobati polycystic ovary syndrome atau PCOS.

(0)
16 Sep 2020|Azelia Trifiana
obat metformin untuk ibu hamil aman dikonsumsiIbu hamil dengan gangguan PCOS dapat mengongsumsi obat metformin sesuai resep dokter
Obat metformin adalah jenis obat dalam (oral) untuk penderita diabetes tipe 2. Tak hanya itu, beberapa dokter juga merekomendasikan konsumsi obat metformin untuk ibu hamil guna mengobati polycystic ovary syndrome atau PCOS.Seorang ibu hamil dengan permasalahan PCOS seringkali dianjurkan dokter untuk mengonsumsi metformin menormalkan fungsi hormon. Obat metformin dilaporkan dapat melancarkan ovulasi, membantu mencapai berat badan ideal, serta mengurangi risiko keguguran.

Amankah metformin untuk ibu hamil dan menyusui?

Obat metformin aman dikonsumsi ibu hamil, baik untuk mengobati diabetes tipe 2 maupun PCOS. Memang benar obat ini dapat tembus plasenta, namun tidak menimbulkan komplikasi atau cacat lahir.Itu sebabnya jika seorang perempuan telah mengonsumsi obat metformin sejak sebelum mengandung, dokter spesialis kandungan akan merekomendasikan untuk melanjutkan konsumsinya.Namun, tetap ada pertimbangan lain berbagai faktor seperti kondisi kesehatan, riwayat kelebihan berat badan, kehamilan sebelumnya, dan faktor lainnya.Tak hanya itu, dokter juga akan merekomendasikan obat metformin untuk ibu hamil apabila ada risiko diabetes gestasional saat hamil.Beberapa pertimbangannya adalah jika pernah mengalami diabetes gestasional di kehamilan sebelumnya, kelebihan berat badan, atau pre-diabetes. Tergantung hasil pemeriksaan lab saat ini, obat metformin dapat menurunkan risiko itu.Tak hanya aman dikonsumsi ibu hamil, obat metformin juga aman dikonsumsi ibu menyusui. Memang ada sisa substansi obat yang terdeteksi di ASI, namun tidak akan membahayakan atau berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan bayi.Mengonsumsi obat metformin pun tak mengakibatkan risiko cacat lahir atau komplikasi pada janin dalam kandungan.Baca juga: Ingin Gunakan Metformin untuk Diet? Ketahui Dulu Fakta Berikut Ini

Cara mengonsumsi metformin untuk ibu hamil 

Aturan pakai obat diabetes untuk ibu hamil jenis ini haruslah sesuai anjuran dokter. Metformin untuk ibu hamil bisa dikonsumsi setiap hari secara utuh, tanpa dikunyah atau dihancurkan terlebih dahulu. Konsumsilah obat ini dengan makanan dan banyak minum air putih, kecuali jika dokter menyarankan sebaliknya.Agar pengobatan dapat berjalan dengan lancar, selain mengonsumsi obat, ibu hamil juga dianjurkan untuk tetap menjaga pola makan sehat. Selain itu, rutinlah melakukan olahraga dan memeriksakan kadar gula darah secara rutin ke dokter. 

Cara kerja obat metformin

Obat metformin kerap kali diresepkan untuk penderita penyakit diabetes tipe 2 dan PCOS. Diabetes tipe 2 adalah kondisi yang menyebabkan kadar gula darah melejit. Sementara PCOS adalah masalah hormon yang dialami perempuan di usia produktif.Cara kerja obat metformin adalah menurunkan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2. Dengan mengonsumsi obat ini, tubuh dapat memanfaatkan insulin secara optimal sehingga kadar gula darah tetap terkendali.Dengan cara yang sama, obat metformin juga membantu mengatasi PCOS. Metformin dapat mengoptimalkan sensitivitas insulin perempuan sehingga siklus haid dan ovulasinya lebih lancar. Sebagai salah satu masalah endokrin yang bisa dialami 4-12% perempuan di usia produktif, PCOS membuat peluang memiliki keturunan lebih sulit. PCOS dapat menyebabkan siklus haid berantakan hingga tumbuhnya kista di sel telur.Bahkan, PCOS bisa menyebabkan seseorang tidak mengalami ovulasi setiap bulannya. Jika tidak ada ovulasi, artinya tak ada sel telur yang bisa dibuahi dan mustahil terjadi kehamilan.Dikutip dari penelitian, konsumsi obat metformin dapat menimbulkan perbedaan signifikan bahkan sebelum dinyatakan hamil sekalipun. Itu sebabnya, obat metformin bisa membantu meningkatkan fertilitas.Beberapa dampak dari konsumsi obat metformin pada perempuan dengan PCOS di antaranya menormalkan ovulasi, menurunkan berat badan, mengurangi level androgen, hingga menurunkan risiko mengalami keguguran.

Efek samping konsumsi obat metformin

Kemungkinan efek samping dari konsumsi obat metformin bisa berupa mual, muntah, nyeri perut, diare, hingga hilang nafsu makan. Hindari konsumsi alkohol dalam jumlah besar ketika mengonsumsi obat metformin.Untuk wanita hamil, efek samping obat metformin dapat membuat gejala morning sickness menjadi lebih buruk. Mengonsumsi alkohol bersamaan dengan metformin akan meningkatkan risiko turunnya kadar gula darah. Hingga kini, belum ada konsensus berapa dosis atau durasi standar konsumsi obat metformin untuk perempuan dengan PCOS.Untuk amannya, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan tentang konsumsi obat metformin sembari mempertimbangkan kondisi medis masing-masing.Jika ingin berkonsultasi langsung dengan dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
menjaga kehamilankehamilan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/metformin-is-it-safe
Diakses pada 31 Agustus 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5023865/
Diakses pada 31 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317397
Diakses pada 31 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait