Obat Meriang di Apotek dan Bahan Alami yang Ampuh Atasi Gejala Tidak Enak Badan

(0)
Obat meriang bertujuan untuk meringankan demam dan gejala lainnyaKonsumsi obat meriang untuk mengurangi gejala tidak enak badan
Rasanya, semua orang tentu pernah mengalami meriang. Meriang adalah suatu kondisi yang menandakan tubuh sedang tidak enak badan. Kondisi ini sangat umum terjadi, tapi Anda hanya perlu beristirahat dan minum obat meriang untuk meringankan gejala tidak enak badan ini.

Apa itu meriang, penyebab, dan gejalanya?

Obat meriang dapat digunakan untuk meredakan demam
Meriang atau tidak enak badan adalah kondisi yang umum terjadi
Pada dasarnya, meriang atau tidak enak badan adalah kondisi tubuh yang sedang mengalami demam.Kondisi tersebut terjadi ketika tubuh mengalami peradangan yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau zat asing lain yang dianggap berpotensi membahayakan tubuh.Meriang juga dapat disebabkan oleh paparan suhu dingin. Misalnya, ketika Anda kehujanan, berenang terlalu lama di kolam renang, atau berjalan-jalan dan begadang di malam hari. Anda juga bisa terkena meriang apabila pakaian yang dikenakan lembap atau basah.Selain itu, penyebab meriang yang Anda alami kemungkinan besar karena beberapa kondisi medis. Misalnya, flu, radang tenggorokan, hipotiroid, infeksi penyakit lainnya, hingga efek samping penggunaan obat-obatan tertentu.Gejala meriang ditandai dengan suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius, tubuh menggigil, sakit kepala, pusing, merasa lemas, tidak nafsu makan, nyeri sendi, hingga muncul keringat berlebih.Penyebab gejala meriang pada anak dapat disertai dengan gejala mual, muntah, sakit tenggorokan, batuk, dan diare.Untuk mengurangi gejala meriang, Anda atau anak Anda dapat minum obat meriang di apotik atau obat meriang alami yang ada di rumah.

Obat meriang di apotik untuk mengurangi gejala tidak enak badan

Sebenarnya, meriang bukan merupakan kondisi medis yang tergolong darurat. Meriang dapat hilang seiring dengan pulihnya infeksi penyakit yang melatarbelakangi munculnya gejala tidak enak badan.Namun, kondisi meriang memang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Maka dari itu, Anda dapat meminimalisir gejalanya dengan mengonsumsi salah satu obat meriang di apotek berikut ini.

1. Ibuprofen

Obat meriang di apotik ibuprofen bisa Anda gunakan untuk mengatasi gejala
Minum ibuprofen dengan segelas air putih
Salah satu obat meriang di apotek adalah ibuprofen. Ibuprofen termasuk dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).Obat panas dingin meriang ini digunakan untuk mengurangi rasa sakit dari berbagai kondisi. Mulai dari sakit kepala, sakit gigi, perut kram saat haid, nyeri otot, dan radang sendi.Ibuprofen sering juga digunakan untuk meringankan demam, flu, atau pilek.Ibuprofen bekerja dengan menghalangi zat tertentu dalam tubuh yang dapat menyebabkan peradangan, pembengkakan, atau nyeri yang menjadi gejala meriang.Sebelum mengonsumsi ibuprofen sebagai obat panas dingin meriang, ada baiknya untuk membaca aturan minum. Sesuaikan dosis obat dengan usia. Biasanya, ibuprofen diminum setiap 4-6 jam dengan segelas air putih.Sama seperti obat pada umumnya, ibuprofen dapat menimbulkan efek samping ringan hingga berat. Beberapa efek sampingnya yang ringan meliputi sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, diare, sembelit, dan pusing.Sementara itu, efek samping ibuprofen yang berat bisa berupa nyeri dada, sesak napas, urine berwarna gelap, hingga kulit dan bagian putih mata yang menguning.Jika ibuprofen diminum lebih dari tiga hari tapi kondisi Anda tidak membaik atau justru bertambah parah, serta muncul efek samping obat yang berat, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

2. Paracetamol

Selain ibuprofen, paracetamol juga bisa menjadi alternatif obat meriang di apotik yang ampuh digunakan.Obat yang juga dikenal dengan nama acetaminophen ini digunakan untuk menurunkan suhu tubuh akibat demam.Paracetamol juga digunakan untuk mengobati nyeri ringan sampai sedang, termasuk meredakan flu atau pilek, sakit kepala, gejala menstruasi, sakit gigi, dan sakit punggung.
Obat meriang di apotik paracetamol terdiri dari berbagai macam
Obat meriang di apotek bentuknya bermacam-macam
Ada berbagai produk obat meriang di apotek yang mengandung paracetamol, seperti tablet, pil, atau sirup, dan cara mengonsumsinya pun beragam.Pastikan untuk selalu membaca aturan minum dengan cermat dan tidak mengonsumsinya lebih dari dosis yang disarankan.Jika ingin memberikan obat panas dingin meriang untuk anak, kini sudah tersedia obat paracetamol untuk anak.Segera konsultasikan dengan dokter apabila kondisi meriang Anda memburuk atau disertai gejala baru lainnya.

3. Naproxen

obat meriang di apotik naproxen dapat meredakan peradangan
Selalu baca aturan minum obat meriang dengan saksama
Sama seperti ibuprofen, naproxen juga termasuk golongan OAINS. Obat ini bekerja dengan mencegah tubuh memproduksi senyawa yang dapat menimbulkan peradangan.Naproxen adalah jenis obat yang digunakan untuk meredakan nyeri, seperti sakit kepala, sakit gigi, kram perut saat haid, hingga asam urat dan radang sendi.Anda dapat membaca dulu aturan minum dan menyesuaikan dosis naproxen dengan usia.Umumnya, naproxen diminum 2 atau 3 kali sehari dengan segelas air. Anda tidak disarankan untuk langsung berbaring, setidaknya 10 menit, setelah obat diminum.Beberapa efek samping umum yang mungkin muncul setelah mengonsumsi naproxen adalah sakit kepala, perut kembung, sakit perut, diare, sembelit, kulit gatal dan memerah, hingga penglihatan kabur.Jika kondisi panas dingin meriang Anda tak kunjung mereda setelah konsumsi naproxen lebih dari 3 hari, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

4. Aspirin

Aspirin adalah obat meriang yang bisa didapat di apotik
Aspirin dapat mengatasi demam hingga nyeri ringan
Obat meriang di apotek lainnya adalah aspirin. Aspirin digunakan untuk mengurangi demam serta meredakan gejala nyeri ringan sampai sedang, seperti nyeri sendi, sakit gigi, sakit kepala, dan flu.Aspirin layaknya ibuprofen dan naproxen, obat ini termasuk golongan OAINS. Obat ini bekerja dengan menghambat senyawa alami pada tubuh yang menjadi penyebab pembengkakan dan nyeri.Setelah mengonsumsi aspirin, Anda tidak disarankan untuk langsung berbaring. Sebaiknya, tunggu kurang lebih selama 10 menit.Aspirin tidak direkomendasikan untuk diberikan kepada anak-anak di bawah usia 12 tahun untuk mengatasi demam. Sebab, aspirin dapat meningkatkan risiko sindrom Reye.Jangan minum aspirin lebih dari 3 hari untuk meredakan demam. Jika kondisi tak kunjung membaik setelah konsumsi aspirin, sebaiknya konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Obat meriang alami yang bisa diandalkan di rumah

Selain menggunakan obat meriang di apotek, tak ada salahnya Anda mengandalkan berbagai obat meriang alami yang bahan-bahannya bisa didapat dengan mudah di rumah.Beberapa obat meriang alami yang dipercaya dapat mengatasi panas dingin dan demam akibat meriang, yakni:

1. Jahe

Obat meriang alami di rumah adalah jahe
Minum jahe hangat dapat mengatasi meriang
Salah satu obat meriang alami yang bisa didapat dengan mudah di rumah adalah jahe.Manfaat jahe mengandung zat antibakteri yang diyakini dapat melawan demam, batuk, dan gejala lain yang menjadi penyebab meriang.Anda dapat membuat minuman jahe hangat di rumah sebagai obat meriang alami.

2. Madu

Obat meriang alami yang bisa didapat di rumah adalah madu
Campurkan 1 sendok madu dan air lemon untuk redakan gejala meriang
Obat meriang alami yang bisa didapat dengan mudah di rumah adalah madu.Madu memiliki kandungan antimikroba yang baik untuk membunuh bakteri atau zat asing lain yang berpotensi membahayakan tubuh. Selain itu, madu juga bekerja dengan meningkatkan imunitas tubuh.Anda bisa mengonsumsi teh hangat yang dicampurkan dengan satu sendok madu dan air lemon guna menghangatkan tubuh dan meredakan gejala meriang berupa sakit tenggorokan.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah obat meriang alami yang bisa digunakan
Bawang putih mengandung senyawa allicin
Bawang putih merupakan obat meriang alami yang mengandung senyawa allicin atau zat antimikroba.Menambahkan bawang putih dalam olahan makanan Anda sehari-hari dapat mengurangi tingkat keparahan gejala meriang yang muncul.Sejumlah hasil studi menyebutkan bahwa bawang putih juga dapat mencegah Anda merasa tidak enak badan atau terkena meriang.

4. Perbanyak asupan cairan

Minum obat meriang di apotik dengan segelas air putih
Minum air putiih yang banyak dapat menyembuhkan meriang
Selain minum obat panas dingin meriang alami, Anda juga perlu memperbanyak asupan cairan tubuh dengan minum air putih.Minum air putih dapat membantu mengendalikan suhu tubuh Anda agar tidak terlalu panas. Banyak minum air putih juga dapat menyingkirkan berbagai kuman, bakteri, dan racun dari dalam tubuh yang menjadi penyebab meriang.Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh Anda dapat bekerja lebih keras dan fokus melawan bakteri atau virus penyebab meriang.

5. Istirahat yang banyak

Obat meriang berikutnya adalah dengan banyak istirahat
Pastikan untuk cukup tidur saat sedang meriang
Saat meriang, Anda membutuhkan istirahat yang banyak. Pasalnya, ketika tidur, tubuh memproduksi sel-sel darah putih. Sel-sel darah putih tersebut sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh guna melawan virus atau bakteri penyebab demam.Meski tidak membahayakan, meriang merupakan kondisi yang dapat membuat Anda tidak nyaman.Untuk mengurangi gejala meriang, Anda dapat minum obat meriang di apotik. Pastikan Anda minum obat meriang di apotek berdasarkan anjuran dan dosis yang tepat.Anda juga dapat mengandalkan obat meriang alami yang tersedia di rumah guna meringankan gejala meriang. Tapi, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna menghindari reaksi alergi atau efek samping yang mungkin ditimbulkan.
pilekdemamsakit tenggorokanmeriang
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/003091.htm
Diakses pada 30 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/chills-without-fever#seeking-help
Diakses pada 30 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/effective-fever-remedies#2.-Ginger
Diakses pada 30 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/home-remedies
Diakses pada 30 Agustus 2020
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/aches_pain_fever/article.htm
Diakses pada 30 Agustus 2020
Web Md. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-1082-3/aspirin-oral/aspirin-oral/details
Diakses pada 30 Agustus 2020
Web Md. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-5173-1289/naproxen-oral/naproxen-oral/details
Diakses pada 30 Agustus 2020
Web Md. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-5166-9368/ibuprofen-oral/ibuprofen-oral/details
Diakses pada 30 Agustus 2020
Web Md. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-362/acetaminophen-oral/details
Diakses pada 30 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324864#
Diakses pada 30 Agustus 2020
Drugs. https://www.drugs.com/ibuprofen.html
Diakses pada 30 Agustus 2020
Cochrane Library. https://www.cochranelibrary.com/cdsr/doi/10.1002/14651858.CD006206.pub4/epdf/full
Diakses pada 30 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait