Hidroterapi Hingga Teknik Napas, Ini Obat Mengi Tanpa Resep Dokter


Ciri-ciri mengi adalah terdengarnya suara peluit saat seseorang bernapas. Beberapa obat mengi tradisional yang bisa Anda coba adalah, hidroterapi, mengonsumsi vitamin, hingga latihan pernapasan.

0,0
21 Jun 2021|Azelia Trifiana
Hidroterapi baik untuk mengiHidroterapi baik untuk mengi
Ciri-ciri utama orang yang mengalami bengek atau mengi adalah ketika  menghembuskan napas, terdengar suara nyaring seperti peluit. Penanganan untuk kondisi ini bukan hanya dengan pendekatan medis saja, tapi ada juga obat mengi tradisional yang bisa dilakukan sendiri di rumah.Namun tentu ketika kondisinya cukup parah, langkah paling bijak adalah dengan konsultasi langsung ke dokter. Dengan demikian, bisa dicari tahu apa pemicu serta langkah penanganan paling tepat.

Jenis obat tradisional mengi

Beberapa obat tradisional atau konvensional untuk mengatasi mengi di antaranya:

1. Hidroterapi

minum air putih
Minum air putih untuk melembapkan saluran pernapasan
Sesuai namanya, hidroterapi berarti terapi menggunakan air demi tujuan kesehatan. Ini merupakan obat tradisional mengi yang paling populer. Pilihan hidroterapi meliputi:
  • Minum air putih untuk melembapkan saluran pernapasan dan mencegah dehidrasi
  • Humidifier untuk melembapkan udara dan saluran pernapasan
  • Mandi air hangat karena uapnya bisa melegakan pernapasan
  • Minum teh hangat untuk melegakan pernapasan
  • Menghirup udara hangat dan lembap untuk melegakan pernapasan
Beberapa langkah di atas dapat membantu membuka saluran pernapasan yang tersumbat. Selain itu, hidroterapi juga menjaga membantu melembapkan udara sebab mengi bisa memburuk apabila bernapas di udara kering.

2. Nutrisi

sayur dan buah
Rutin konsumsi sayur dan buah
Mengonsumsi makanan bergizi dapat bermanfaat baik untuk kesehatan, termasuk sebagai obat tradisional mengi. Tak hanya itu, asupan nutrisi yang tepat juga merupakan mekanisme untuk meredakan gejala gangguan pernapasan hingga jangka panjang.Beberapa jenis nutrisi yang perlu dikonsumsi untuk mengurangi bahkan menghilangkan kondisi mengi adalah:
  • Vitamin C

Menurut sebuah studi pada tahun 2015 lalu, konsumsi buah dan sayur kaya vitamin C dapat mengurangi gejala mengi sekaligus berdampak positif terhadap kesehatan paru-paru.Jenis sayur dan buahnya bisa berupa paprika, tomat, brokoli, bayam, buah beri, serta buah-buahan citrus. Sangat disarankan mendapatkan sumber vitamin C dari makanan ketimbang lewat suplemen.
  • Vitamin D

Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan seseorang mengalami asma, pemicu utama mengi. Oleh sebab itu, ada baiknya banyak mengonsumsi makanan kaya vitamin D seperti daging, produk olahan susu, serta ikan seperti salmon.Selain itu, berjemur dan mendapatkan cukup sinar matahari juga merupakan cara mendapatkan vitamin D.
  • Vitamin E

Jenis vitamin yang satu ini mengandung antioksidan sekaligus mencegah peradangan. Termasuk radang yang mungkin terjadi di saluran pernapasan dan menyebabkan mengi pada penderita asma.Sumber vitamin E alami bisa diperoleh dari paprika merah, selai kacang, labu, bayam, serta biji bunga matahari.
  • Jahe

Penelitian pada tahun 2012 menemukan bahwa jahe bisa membuat otot-otot di saluran pernapasan lebih rileks. Ada komponen dalam jahe segar yang dapat mengusir virus penyebab masalah pada sistem pernapasan.Untuk mendapatkan maksimal obat tradisional mengi, coba konsumsi teh jahe hangat. Minuman ini bisa melembapkan saluran pernapasan sekaligus mencegah terjadinya bengek.

3. Latihan pernapasan

latihan pernapasan
Latih pernapasan Anda
Berlatih napas bisa berdampak positif bagi fungsi dan kesehatan paru-paru. Teknik pernapasan dapat memperkuat kapasitas paru-paru dan membuatnya lebih efisien sekaligus mencegah mengi terjadi.Gerakan-gerakan dalam latihan pernapasan cukup sederhana. Namun jangan salah, perlu latihan untuk menguasainya. Sebaiknya, coba latihan saat sedang santai.Berikut ini beberapa teknik yang bisa dicoba:
  • Pursed lip
Teknik pursed lip bertujuan untuk membuat pernapasan lebih perlahan sekaligus membuka saluran pernapasan lebih lama. Dengan demikian, setiap napas menjadi lebih efektif dan mencegah terjadinya mengi.Untuk mencobanya, tarik napas lewat hidung selama 1-2 detik. Kemudian kerutkan bibir dan buang napas lewat mulut selama 4-8 detik. Terus lakukan latihan ini selama beberapa kali hingga terasa polanya.Mengi atau bengek akan mereda bahkan hilang sepenuhnya setelah mencoba teknik ini.
  • Yoga

Pernapasan yoga atau pranayama dapat meningkatkan fungsi paru-paru penderita asma. Untuk melakukannya, coba berbaring dengan kedua mata tertutup. Kemudian tarik napas lewat hidung hingga paru-paru mengembang sempurna.Tahan napas selama 1-2 hitungan kemudian tahan di belakang tenggorokan. Buang napas perlahan lewat hidung hingga tuntas. Ambil jeda selama 2 detik dan ulangi teknik ini hingga 20 kali.Selain beberapa obat tradisional mengi di atas, ada juga obat yang bisa dikonsumsi tanpa resep dokter. Contohnya adalah antihistamin dan obat batuk tetes untuk meredakan iritasi dan peradangan saluran pernapasan.

Penting juga untuk menghindari pemicu terjadinya mengi, seperti udara kering, asap dari rokok atau vape, dan juga potensi alergen lainnya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kondisi medis asma yang memicu mengi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit pernapasangangguan pernapasansaluran pernapasan
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/home-remedies-for-wheezing-5120713
Diakses pada 8 Juni 2021
Nutrients. https://www.mdpi.com/2072-6643/7/3/1618
Diakses pada 8 Juni 2021
ATS Journals. https://www.atsjournals.org/doi/abs/10.1165/rcmb.2012-0231OC
Diakses pada 8 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait