Memar tulang dapat sembuh sendiri
Memar tulang tidak memerlukan obat khusus

Tulang bisa memar? Istilah memar tulang memang terdengar asing di telinga kita. Kita lebih akrab dengan memar yang terjadi di bagian luar tubuh. Tetapi memar tulang adalah suatu kondisi yang nyata. Kondisi ini terjadi ketika ada cedera di bagian permukaan tulang. Contohnya, memar ketika tulang kering terbentur sesuatu.

Umumnya, memar tulang terjadi pada tulang yang dekat dengan kulit dan biasanya dibutuhkan waktu beberapa minggu sampai bulan untuk sembuh secara total. Apakah ada obat memar tulang tertentu yang bisa mempercepat proses penyembuhannya?

Apa saja obat untuk memar tulang?

Sebenarnya, tidak ada obat untuk memar tulang. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik mulai dari melihat adakah luka terbuka atau tidak,kemudian akan melakukan pemeriksaan fisik pada area yang nyeri, biasanya akan melakukan pemeriksaan krepitasi untuk mengetahui ada atau tidak tulang yang patah, jika hanya berupa memar biasanya, dokter akan memberikan obat antinyeri, seperti ibuprofen atau acetaminophen untuk mengurangi rasa sakit dari memar tulang.

Anda juga akan diminta untuk tidak berolahraga sementara waktu, membatasi aktivitas fisik yang berlebih, tidak memberikan tekanan pada tulang, hindari mengangkat beban, serta tidak merokok hingga memar tulang sembuh.

Memar tulang ringan hanya memerlukan waktu beberapa minggu untuk sembuh, sedangkan memar tulang yang parah membutuhkan waktu hingga beberapa bulan.

Jika memar tulang terjadi langkah awal yang dilakukan adalah RICE yaitu:

  • Rest: istirahat dengan berbaring di tempat tidur dan tidak melakukan aktivitas berat.
  • Ice: menaruh kompres dingin pada daerah memar tulang 15 sampai 20 menit, dapat diulang 2-3 kali sehari.
  • Compression atau penekanan: melakukan bebat dengan perban, namun jangan terlalu kencang karena bisa mengganggu sirkulasi darah.
  • Elevation: Anda dapat mengangkat paha atau kaki sampai sejajar dengan jantung untuk mengurangi pembengkakan.

Pada kasus tertentu, operasi perlu dilakukan untuk membantu penyembuhan. Prosedur bedah tersebut dikenal dengan istilah subchondroplasty, operasi ini melibatkan penyuntikan senyawa kalsium fosfat ke dalam daerah memar tulang yang dipandu dengan penggunaan x-ray.

Apabila memar tulang terjadi di persendian, Anda akan diberikan penahan untuk mencegah persendian bergoyang hingga memar tulang sembuh.

Penderita memar tulang pada persendian dapat menjalani terapi fisik untuk bisa menggerakkan persendian yang mengalami memar tulang tanpa memperparah kerusakannya.

Saat mengalami memar tulang, Anda juga perlu meningkatkan asupan vitamin D, protein, dan kalsium untuk mempercepat proses penyembuhan.

Mengapa memar tulang bisa terjadi?

Biasanya, memar tulang sering terjadi di bagian pergelangan tangan atau kaki, tumit, lutut, kaki, ataupun bagian pinggul. Memar tulang dapat terjadi ketika Anda mengalami cedera, seperti kecelakaan mobil, dipukul, ataupun cedera karena olahraga.

Selain itu, faktor risiko memar tulang juga disebabkan oleh faktor usia dimana lansia paling sering terkena kondisi ini. Riwayat osteoarthritis dan osteoporosis kerap menjadi penyebab terjadinya memar tulang.

Saat mengalami memar tulang, kulit tidak hanya sekedar berwarna hitam, ungu, ataupun biru, Anda dapat mengalami gangguan atau tanda-tanda lain, berupa:

  • Memar dengan rasa sakit yang lebih bertahan lama dari memar biasa.
  • Kekakuan sendi.
  • Nyeri sendi di dekat area yang terbentur.
  • Pembengkakan pada persendian.

Kapan harus memeriksakan diri ke dokter?

Meskipun tidak ada obat memar tulang yang spesifik, Anda tetap perlu mengunjungi dokter jika memar tulang tidak kunjung sembuh atau semakin parah dengan indikasi berikut:

  • Rasa sakit yang kian meningkat dan tidak mempan diatasi dengan obat antinyeri
  • Gangguan sirkulasi darah seperti jemari tangan atau kaki berubah warna menjadi biru, kebas, dan terasa dingin
  • Pembengkakan yang tidak kunjung sembuh atau semakin parah

Kadangkala, memar tulang dapat diiringi dengan adanya keretakan atau patah tulang. Seringkali, memar tulang pada bagian lutut dapat merobek ligamen dan perlu diatasi dengan segera.

Pada kasus yang parah, memar tulang dapat menghambat peredaran darah di tulang dan menyebabkan kerusakan pada tulang yang tidak bisa disembuhkan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/bone-bruise
Diakses pada 23 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/314427.php#symptoms
Diakses pada 23 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed