5 Obat Maag Alami yang Efektif dan Aman di Perut


Terdapat beberapa obat maag alami yang dapat Anda coba, misalnya jahe atau susu tanpa lemak. Namun, pasikan juga Anda menjalani pola hidup sehat.

(0)
02 Dec 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Obat maag alami dapat Anda coba sebagai pertolongan pertamaAsam lambung naik atau maag juga bisa diatasi dengan obat maag alami
Ketika bicara tentang obat maag, bayangan Anda mungkin akan tertuju pada berbagai obat yang dijual di apotek. Tetapi, tahukah Anda bahwa ada obat maag alami yang dipercaya dapat meredakan asam lambung?Maag adalah kondisi yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan sehingga Anda akan merasakan sensasi terbakar mulai dari area perut, dada, bahkan leher. Obat asam lambung yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas biasanya merupakan golongan antasida atau omeprazole.

Obat maag alami

Berbagai obat maag alami sering digunakan sebagai cara alternatif menurunkan asam lambung ketika Anda tidak ingin terus-menerus minum ‘obat warung’. Berikut beberapa rekomendasi obat asam lambung alami yang dapat Anda coba:

1. Teh chamomile

Secangkir teh yang mengandung bunga chamomile hangat dipercaya memiliki efek menenangkan zat asam di lambung Anda. Tetapi, jangan gunakan obat maag alami ini jika Anda memiliki alergi terhadap bunga tersebut.

2. Jahe

Air rebusan rimpang jahe telah digunakan berabad-abad untuk meredakan maag. Jahe juga sudah banyak diolah menjadi berbagai obat tradisional dengan berbagai khasiatnya.

3. Licorice

Tanaman akar yang banyak diolah menjadi permen ini terbukti efektif meredakan produksi asam lambung. Licorice juga digadang-gadang dapat melapisi dinding kerongkongan sehingga efek maag tidak sampai melukai kerongkongan Anda.

4. Susu tanpa lemak

Minum susu juga dipercaya sebagai obat asam lambung alami. Klaim ini hanya benar jika Anda meminum susu tanpa lemak karena kandungan kalsium dalam susu dapat meredakan nyeri asam lambung, sebaliknya kandungan lemak pada susu justru dapat merangsang produksi asam lambung.Meski demikian, Anda hanya boleh mengonsumsi susu sebanyak 236 ml sekali minum dan dilakukan setelah makan.

5. Mengunyah permen karet

Obat maag alami yang satu ini mungkin terdengar aneh, tapi air liur memang dapat mendorong asam lambung sehingga tidak sampai naik ke kerongkongan. Hanya saja, pastikan permen karet yang Anda konsumsi tidak mengandung gula agar gigi Anda tidak rusak karenanya.

Menjalani pola hidup sehat untuk mengatasi maag

Mengonsumsi obat asam lambung saja kadang kala tidak cukup untuk meredakan penyakit yang Anda derita. Agar Anda sembuh benar dari kondisi ini, Anda juga harus menjalani pola hidup sehat dengan menerapkan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Mengurangi berat badan

Para ahli meyakini tekanan yang terjadi pada lambung disebabkan oleh tubuh yang semakin gemuk sehingga menyebabkan produksi asam lambung meningkat.

2. Hindari makanan tertentu

Beberapa makanan tertentu dapat memicu naiknya produksi asam lambung, seperti kafein, alkohol, soda, maupun makanan pedas serta asam. Setiap orang memiliki pantangan yang berbeda sehingga penting bagi Anda untuk mengenali kondisi Anda sendiri.

3. Makan dalam porsi kecil, namun sering

Para ahli merekomendasikan makan 3-5 kali sehari. Hindari menumpuk makan di satu waktu karena semakin banyak makanan yang masuk ke tubuh, semakin keras kerja lambung untuk mencerna sehingga ia akan memproduksi lebih banyak asam lambung.

4. Jangan langsung tiduran setelah makan

Hindari tidur setelah makan karena isi perut akan mudah kembali ke kerongkongan. Apalagi, asam lambung paling banyak diproduksi oleh tubuh dalam kurun 3 jam setelah makan.

5. Berhenti merokok

Berhenti merokok sangat disarankan karena air liur yang mengandung tembakau kurang efektif dalam menetralisir asam lambung.

Bagaimana cara menyembuhkan maag kronis?

Bagi penderita maag kronis, terkadang perlu perawatan untuk meredakan gejalanya. Obat saja bisa jadi tidak cukup untuk mengatasi maag kronis. Akan lebih baik jika penanganan dilakukan sesegera mungkin setelah merasa ada gejala berhubungan dengan maag.Apabila maag yang diderita tidak kunjung sembuh hingga lebih dari seminggu, kondisinya cukup parah, dan tidak merespons terhadap perubahan gaya hidup yang lebih sehat, saatnya memeriksakan diri ke dokter.Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh berkaitan dengan riwayat medis, pengecekan feses untuk tahu apakah ada bakteri H. pylori, endoskopi, tes darah, X-ray, dan pengecekan apakah ada pendarahan dalam. Obat maag kronis yang diberikan juga bergantung pada jenis dan seberapa parah kondisinya. Beberapa pilihan yang biasanya diberikan dokter adalah:

1. Antacid

Obat-obatan antacid biasanya mengandung sodium, kalsium, magnesium, dan garam aluminum yang dapat menetralkan asam lambung. Namun pada beberapa orang, konsumsi obat antacid bisa menyebabkan konstipasi atau sebaliknya diare.

2. Proton-pump inhibitors (PPI)

Obat ini berfungsi untuk membatasi produksi asam lambung. Biasanya, obat jenis PPI ini hanya boleh dibeli atas resep dokter.

3. H2 blockers

Jenis obat maag kronis H2 blockers adalah jenis antihistamin yang dapat mengurangi produksi asam lambung. Jenis obat ini juga tersedia baik dibeli langsung di pasaran maupun atas preskripsi dokter.

4. Antibiotik

Apabila dari hasil pemeriksaan diketahui ada infeksi bakteri H. pylori, dokter juga bisa memberikan obat maag kronis berupa antibiotik. Dosis konsumsi obat harus sesuai dengan ketentuan dari dokter.

5. Perubahan gaya hidup

Obat saja terkadang tidak cukup untuk mengobati maag kronis. Begitu pula dengan perubahan gaya hidup, juga harus diimbangi konsumsi obat maag kronis. Untuk perubahan gaya hidup, dokter akan merekomendasikan menghindari makanan pedas, berminyak, asam, terlalu asin, dan juga alkohol.Selain itu, jika ciri-ciri sakit maag muncul maka dokter akan menyarankan makan dengan porsi lebih kecil namun frekuensinya ditambah. Selain itu, imbangi juga dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, serat, dan probiotik seperti sayur, buah, gandum, yogurt, dan protein rendah lemak.

Kapan harus ke dokter?

Jika obat maag alami tidak membuahkan hasil, atau maag Anda terasa lebih parah, mungkin Anda memang harus meminum obat asam lambung yang mengandung antasida, alumunium hidroksida dan simetikon.Namun, jika obat bebas ini juga tidak dapat mengatasi masalah Anda lebih dari 3 hari, segera konsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam.Maag yang tidak kunjung sembuh bisa jadi menandakan penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD), atau masalah kesehatan lain seperti luka pada lambung.Maag yang tidak diobati juga dapat menjadi masalah yang lebih serius dalam jangka panjang, misalnya pembengkakan atau penyempitan kerongkongan.Dalam kasus yang lebih jarang, asam lambung bahkan dapat menyebabkan kanker. Namun, semua komplikasi tersebut bisa diatasi jika Anda mengonsumsi obat asam lambung yang tepat.
asam lambungmaagdispepsia
WebMD. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/guide/home-heartburn-remedies-natural-remedies-heartburn
Diakses pada 30 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/heartburn-acid-reflux-remedies
Diakses pada 30 November 2019
Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/herbal-remedies-for-heartburn
Diakses pada 30 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323170.php
Diakses pada 30 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/gastritis-chronic#preventionDiakses 4 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait