logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

7 Obat Sakit Maag Alami yang Efektif dan Aman di Perut

open-summary

Pemilik kondisi maag dan asam lambung, bisa mencoba cara mengobati sakit maag dengan bahan alami atau tradisional. Apabila sesuai, beberapa obat herbal ini bermanfaat untuk mengelola gejala.


close-summary

3.47

(111)

26 Apr 2022

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Obat sakit maag alami dapat Anda coba sebagai pertolongan pertama

Asam lambung naik atau maag juga bisa diatasi dengan obat maag alami

Table of Content

  • Macam-macam obat sakit maag alami
  • Menjalani pola hidup sehat untuk mengatasi maag
  • Kapan harus ke dokter?

Tahukah Anda bahwa ada obat sakit maag alami yang dipercaya dapat meredakan asam lambung? Umumnya, ketika bicara bagaimana mengatasi penyakit maag, bayangan Anda mungkin akan tertuju pada obat maag di apotek.

Advertisement

Maag adalah kondisi yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Hal ini bisa membuat Anda merasakan sensasi terbakar mulai dari area perut, dada, bahkan leher.

Obat asam lambung yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas biasanya merupakan golongan antasida atau omeprazole.

Bagaimana dengan obat alami atau trasidisional untuk maag yang ampuh? Simak penjelasannya.

Macam-macam obat sakit maag alami

Sensasi terbakar atau mulas dari penyakit maag bisa terasa menyakitkan serta tidak nyaman.

Mengutip Healthline, dokter mungkin akan memberikan resep obat medis seperti antasida atau jenis obat lainnya untuk mengurangi produksi asam lambung.

Selain obat medis, ada pula beberapa pengobatan alami atau herbal untuk membantu mengatasi sakit maag. Sebenarnya, bukti penelitian penggunaan pbat tradisional masih terbatas.

Akan tetapi, beberapa obat alami dari tumbuhan bisa membantu meredakan rasa sakit, termasuk pada kondisi maag kronis. Tentunya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah agar kondisi tidak memburuk.

1. Teh chamomile

Secangkir teh hangat yang mengandung bunga chamomile dipercaya memiliki efek menenangkan zat asam di lambung Anda. Teh herbal ini juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki pencernaan, menenangkan tubuh, serta mengurangi pusing dan mual.

Akan tetapi, jangan gunakan obat maag alami ini jika Anda memiliki alergi terhadap bunga tersebut.

2. Jahe

Air rebusan rimpang jahe telah digunakan berabad-abad untuk meredakan maag. Selain sebagai obat sakit maag alami, jahe juga sudah banyak diolah menjadi berbagai obat tradisional dengan berbagai khasiatnya.

Sejak dahulu, jahe telah digunakan untuk mengobati penyakit gastrointestinal, termasuk maag. Alasannya, karena jahe mempunyai sifat anti inflamasi. Ini juga dapat mengurangi pembengakakan serta iritasi di area kerongkongan.

Namun, konsumsi air rebusan jahe dalam takaran yang direkomendasikan dan tidak berlebihan. 

3. Licorice

Tanaman akar yang banyak diolah menjadi permen ini terbukti efektif meredakan produksi asam lambung.

Sebagai obat sakit maag alami yang ampuh, licorice juga digadang-gadang dapat melapisi dinding kerongkongan sehingga efek maag tidak sampai melukai kerongkongan Anda.

4. Susu tanpa lemak

Minum susu juga dipercaya sebagai obat asam lambung alami. Klaim ini hanya benar jika Anda meminum susu tanpa lemak, karena kandungan kalsium dalam susu dapat meredakan nyeri asam lambung.

Sebaliknya, kandungan lemak pada susu justru dapat merangsang produksi asam lambung.

Meski demikian, Anda hanya boleh mengonsumsi susu sebanyak 236 ml sekali minum dan dilakukan setelah makan.

5. Mengunyah permen karet

Obat maag alami yang satu ini mungkin terdengar aneh. Akan tetapi, ternyata air liur memang dapat mendorong asam lambung sehingga tidak sampai naik ke kerongkongan.

Hanya saja, pastikan permen karet yang Anda konsumsi tidak mengandung tinggi gula agar gigi tidak rusak.

6. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman yang paling sehat, karena mengandung tinggi antioksidan. Hal ini pula yang membuat sebagian orang menjadikan teh hijau sebagai obat sakit maag alami atau tradisional.

Kandungan asam teh hijau jauh lebih sedikit daripada teh hitam atau pun kopi. Jadi, dalam beberapa kasus teh hijau dapat membantu meringankan beberapa gejala asam lambung.

Namun, ada pula orang yang masih merasa mulas, karena semua jenis teh mengandung theine.

Jadi, efek teh hijau sebagai pengobatan tradisional penyakit maag tidak bisa disamaratakan.

7. Minyak peppermint

Obat sakit maag alami dan tradisional lainnya adalalah peppermint oil. Secara tradisional, minyak peppermint bermanfaat untuk mengurangi:

  • Masuk angin,
  • Sakin kepala,
  • Gangguan pencernaan,
  • Mual, dan
  • Masalah perut.

Namun, penting untuk diketahui kalau jangan mengonsumsi minyak peppermint secara bersamaan dengan obat antasida. Hal ini bisa meningkatkan risiko sakit maag.

Baca Juga

  • Segudang Penyebab Migrain yang Mengganggu Aktivitas Sehari-hari
  • 11 Makanan Peninggi Badan Anak yang Perlu Dipenuhi
  • Apa Itu Heat Stroke dan Bagaimana Mencegahnya?

Menjalani pola hidup sehat untuk mengatasi maag

Terkadang, mengonsumsi obat asam lambung saja tidak cukup untuk meredakan sakitnya. Untuk itu, sebaiknya dibarengi dengan menjalani pola hidup sehat sebagai cara mengobati sakit maag secara alami, seperti:

1. Mengurangi berat badan

Ada hubungan antara berat badan berlebih dengan sakit maag serta asam lambung.

Para ahli meyakini tekanan yang terjadi pada lambung disebabkan oleh tubuh yang semakin gemuk, sehingga menyebabkan produksi asam lambung meningkat.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mencoba menurunkan berat badan dengan cara yang tepat untuk membantu mengurangi frekuensi refluks asam. 

2. Hindari makanan tertentu

Beberapa makanan tertentu dapat memicu naiknya produksi asam lambung, seperti kafein, alkohol, soda, makanan pedas serta makanan atau minuman yang tinggi asam.

Setiap orang memiliki pantangan yang berbeda dalam penyakit maag. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengenali kondisi tubuh masing-masing. 

3. Makan dalam porsi kecil

Para ahli merekomendasikan makan 3-5 kali sehari. Jadi, Anda bisa makan dalam porsi kecil, tetapi sering.

Hindari menumpuk makan di satu waktu, karena semakin banyak makanan yang masuk ke tubuh, semakin keras kerja lambung untuk mencerna. Hal ini bisa membuat lambung memproduksi lebih banyak asam lambung.

4. Jangan langsung tiduran setelah makan

Langsung berbaring setelah makan dapat memicu sakit maag. Sebagai cara mengobati sakit maag yang alami, hindari tidur setelah makan karena isi perut akan mudah kembali ke kerongkongan.

Apalagi, asam lambung paling banyak diproduksi oleh tubuh dalam kurun 3 jam setelah makan.

5. Berhenti merokok

Berhenti merokok sangat disarankan sebagai cara mengobati maag secara alami. Alasannya, karena air liur yang mengandung tembakau kurang efektif dalam menetralisir asam lambung.

Selain itu, dalam studi tahun 2016 pun dipaparkan ada hubungan antara merokok dan gejala GERD. Mereka menemukan bahwa berhenti merokok secara signifikan mengurangi gelaja maag.

Kapan harus ke dokter?

Jika obat sakit maag alami tidak membuahkan hasil atau maag Anda terasa lebih parah, mungkin Anda memang harus minum obat asam lambung yang mengandung antasida, alumunium hidroksida, dan simetikon.

Namun, jika obat bebas ini juga tidak dapat mengatasi masalah Anda lebih dari 3 hari, segera konsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam.

Maag yang tidak kunjung sembuh bisa jadi menandakan penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD), atau masalah kesehatan lain seperti luka pada lambung.

Tak hanya itu saja, maag yang tidak diobati juga dapat menjadi masalah yang lebih serius dalam jangka panjang, misalnya pembengkakan atau penyempitan kerongkongan.

Dalam kasus yang lebih jarang, asam lambung bahkan dapat menyebabkan kanker. Namun, semua komplikasi tersebut bisa diatasi jika Anda mengonsumsi obat asam lambung yang tepat.

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai obat sakit maag alami yang ampuh? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

asam lambungmaagdispepsiapenyakitmasalah pencernaangangguan pencernaanhidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved