logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

10 Obat Kutu Rambut Anak Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

open-summary

Beragam obat kutu rambut anak alami, di antaranya minyak zaitun, tea tree oil, bawang putih, hingga minyak daun mimba (neem oil).


close-summary

3.35

(23)

28 Des 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Obat kutu rambut anak alami sangatlah beragam, mulai dari minyak kayu putih hingga neem oil.

Obat kutu rambut anak alami tidak boleh dijadikan pengobatan utama, datanglah ke dokter juga.

Table of Content

  • Obat kutu rambut anak alami
  • Cara mencegah kutu rambut anak
  • Catatan dari SehatQ:

Kutu rambut adalah sejenis serangga kecil yang mengisap darah dari kulit kepala manusia. Kutu ini paling sering ditemukan pada anak-anak. Untuk mengatasinya, terdapat beberapa obat kutu rambut anak alami yang bisa dicoba di rumah.

Advertisement

Perlu diketahui, kutu rambut bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan anak. Gejalanya pun dapat mengganggu aktivitas si kecil, baik di sekolah maupun di rumah. Gejala tersebut dapat berupa gatal-gatal, luka di kulit kepala, benjolan merah, hingga munculnya telur kutu di rambut.

Obat kutu rambut anak alami

Sebagai orangtua, tentunya Anda tidak mau kutu rambut bersarang di kepala anak Anda, bukan? Maka dari itu, mari pahami berbagai macam obat kutu rambut alami untuk anak ini.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun dipercaya dapat membunuh kutu yang bersarang di rambut anak. Sebab, obat kutu rambut anak ini dapat membuat kutu tidak bisa bernapas dan bertelur di kepala.

Oleskan minyak zaitun ke rambut anak dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bersihkan kutu-kutu yang sudah mati menggunakan sisir, lalu bilaslah rambut anak dengan sampo sampai bersih.

2. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah minyak atsiri yang kerap dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan kutu rambut pada anak. Cara menggunakannya juga mudah. Campurkan minyak ini dengan air putih, kemudian masukkan ke dalam botol semprot.

Setelah itu, semprotkan ke rambut anak hingga menyeluruh, kemudian tutup rambutnya dengan handuk. Jangan lupa untuk membilas rambut anak dengan sampo setelahnya..

3. Bawang putih

Obat kutu rambut untuk anak yang alami ini umumnya mudah ditemukan di dapur rumah. Bahan tersebut adalah bawang putih, si penyedap makanan yang disukai banyak orang.

Kutu rambut dinilai tidak suka dengan bawang putih. Itulah sebabnya, obat kutu rambut ini diklaim ampuh untuk mengatasinya.

Untuk menggunakannya, campurkan 8-10 siung bawang putih dengan air lemon, kemudian digiling dan oleskan di kulit kepala anak. Diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

4. Jus bawang bombay

Rambut gatal
Obat kutu rambut

Sama seperti bawang putih, bawang bombay dalam bentuk jus juga bisa menjadi obat kutu alami. Oleskan jus bawang bombay pada rambut anak dan diamkan selama 3-4 jam. Setelah itu, Anda dapat melihat banyak kutu rambut yang mati di rambut anak Anda.

Jangan lupa untuk membilas rambut anak dengan sampo supaya kutu yang mati dan aroma bawang yang menyengat dapat dibersihkan dengan baik.

5. Mayones

Mayones biasanya digunakan untuk pelengkap berbagai hidangan. Namun, tahukah Anda kalau bahan makanan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai penghilang kutu rambut anak?

Mayones dipercaya bisa membunuh kutu rambut dengan cepat. Caranya juga mudah, oleskan bahan tambahan makanan ini ke kulit kepala anak hingga menyeluruh, kemudian diamkan semalaman.

Di pagi harinya, bilaslah rambut anak agar kutu rambut yang sudah mati dapat dibersihkan.

6. Soda kue

Soda kue atau baking soda dapat dimanfaatkan sebagai obat kutu rambut karena dianggap mampu mematikan sistem pernapasannya. Untuk menggunakannya, campurkan soda kue dengan kondisioner rambut, lalu oleskan ke rambut anak hingga menyeluruh.

Setelah itu, Anda bisa menyisir rambut anak untuk membersihkan kutu rambut yang sudah mati, kemudian membilasnya dengan sampo antikutu rambut agar kutu tidak kembali lagi.

7. Campuran garam dan cuka

Di dalam dunia medis, garam dikenal sebagai antiseptik. Sementara itu, cuka dapat mencegah telur kutu menempel di rambut. Kombinasi kedua bahan ini dianggap sebagai obat kutu rambut anak yang dinilai ampuh.

Masukkan campuran garam dan cuka ke dalam botol, kemudian semprot ke rambut anak hingga menyeluruh. Setelah itu, bilaslah sampai bersih.

8. Minyak daun mimba (neem oil)

Rambut gatal
Obat kutu rambut alami untuk anak

Minyak daun mimba alias neem oil adalah obat kutu rambut anak yang dipercaya mampu membasmi koloninya. Teteskan sedikit minyak daun mimba ke dalam sampo anak, lalu oleskan ke rambut hingga menyeluruh.

Setelah dibilas, jangan lupa menyisir rambut anak untuk menghilangkan kutu mati yang masih menempel di rambut.

9. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat sehingga dapat dimanfaatkan cara membasmi kutu rambut pada balita.

Untuk menggunakan minyak kelapa, oleskan minyak ini hingga menyeluruh dan diamkan selama dua jam.

Sebelum dibilas, sisirlah rambut anak untuk menghilangkan kutu rambut yang masih menempel. lalu bilaslah dengan air bersih.

10. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih alias eucalyptus oil ternyata memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang bisa mengusir kutu rambut.

Tidak hanya itu, minyak kayu putih juga dipercaya bisa menstimulasi folikel rambut, meningkatkan kesehatan rambut, merangsang pertumbuhan rambut, hingga mengobati kulit kepala gatal.

Baca Juga

Jika berbagai obat kutu rambut alami di atas tidak membuahkan hasil yang positif, bawalah si kecil ke dokter. Nantinya, dokter dapat memberikan obat-obatan atau sampo kutu rambut anak yang ampuh untuk mengatasinya.

Jika Anda ingin membeli sampo kutu anak di apotek, ada baiknya berkonsultasi dulu pada dokter. Sebab, beberapa shampo hanya boleh digunakan untuk anak berusia 2 tahun ke atas.

Baca Juga

  • Mengenal Bentuk Kaki Bebek yang Membuat Kaki Sakit
  • Beraksi dalam Diam, Kenali Gejala Laryngopharyngeal Reflux
  • Langit-langit Mulut Sakit, Ini Dia 9 Penyebabnya

Cara mencegah kutu rambut anak

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), terdapat beberapa cara yang bisa dicoba untuk mencegah munculnya kutu rambut di kepala anak, di antaranya:

  • Menghindari kontak langsung antara rambut dengan rambut ketika anak sedang bermain dengan teman-temannya.
  • Jangan berbagi pakaian, seperti topi, syal, baju olahraga, hingga pita rambut, dengan teman-temannya.
  • Jangan bertukar sisir, sikat, hingga handuk dengan teman. Jika terpaksa, Anda boleh merendam barang-barang ini terlebih dahulu dengan air panas (54 derajat Celcius) selama 5-10 menit.
  • Jangan tidur di kasur, sofa, bantal, atau karpet yang sudah terkontaminasi oleh kutu rambut dari orang lain.
  • Rutin membersihkan lantai dan furnitur, terutama yang pernah tersentuh dengan orang pembawa kutu rambut.

Catatan dari SehatQ:

Berbagai macam obat kutu rambut alami di atas tidak boleh digunakan sebagai pengobatan utama untuk mengobati kutu rambut di kepala anak. Sebaiknya, berkonsultasilah dulu dengan dokter sebelum mencoba berbagai obat kutu alami ini.

Advertisement

penyakitkutukesehatan rambutkutu rambut

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved