Obat kutu rambut alami untuk anak sangatlah beragam, mulai dari minyak kayu putih hingga neem oil.
Obat kutu rambut alami untuk anak tidak boleh dijadikan pengobatan utama, datanglah ke dokter juga.

Obat kutu rambut alami untuk anak sangatlah beragam. Termasuk obat kutu rambut alami sangat mudah dijumpai. Bahkan kemungkinannya, Anda sudah memiliki obat kutu rambut alami ini di dapur.

Mari mengenal berbagai macam obat kutu rambut alami untuk anak, yang aman dan ampuh usir parasit dari rambut Si Kecil!

Obat kutu rambut alami untuk anak

Perlu diketahui, kutu rambut bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan anak. Gejalanya pun dapat mengganggu aktivitas Si Kecil baik di sekolah maupun di rumah. Mulai dari gatal-gatal, luka di kulit kepala, benjolan merah, hingga munculnya telur kutu di rambut.

Sebagai orangtua, tentunya Anda tidak mau kutu rambut bersarang di kepala anak Anda, bukan? Maka dari itu, mari pahami berbagai macam obat kutu rambut alami untuk anak ini.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah obat kutu rambut alami yang akan membunuh kutu yang bersarang di rambut anak. Sebab, minyak zaitun akan membuat kutu rambut tak bisa bernapas dan bertelur di kepala.

Oleskan saja minyak zaitun ke rambut Si Kecil dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bersihkan kutu-kutu yang sudah mati menggunakan sisir, dan bilaslah rambut anak dengan sampo sampai bersih.

2. Tea tree oil

Tea tree oil adalah minyak atsiri yang sering digunakan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit, salah satunya kutu rambut. Cara menggunakannya juga mudah. Campurkan tea tree oil dengan air putih, kemudian masukkan ke dalam botol semprot.

Setelah itu, semprotkan ke rambut anak hingga menyeluruh, kemudian tutup rambut anak dengan handuk. Jangan lupa untuk membilas rambut anak dengan sampo setelahnya, ya.

3. Bawang putih

Obat kutu rambut alami selanjutnya dapat ditemukan di dapur rumah Anda. Ya, bawang putih, si penyedap makanan yang disukai banyak orang.

Ternyata, kutu rambut sangat membenci bawang putih. Itulah sebabnya, obat kutu rambut ini dipercaya sangat ampuh untuk membunuh kutu rambut.

Campurkan 8-10 siung bawang putih dengan air lemon, kemudian digiling dan oleskan di kulit kepala anak. Diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

4. Jus bawang bombay

Rambut gatal
Obat kutu rambut

Sama seperti bawang putih, bawang bombay dalam bentuk jus juga bisa menjadi obat kutu alami. Oleskan saja jus bawang bombay pada rambut anak dan diamkan selama 3-4 jam. Setelah itu, Anda akan melihat banyak kutu rambut yang sudah mati di rambut anak Anda.

Jangan lupa untuk membilas rambut anak dengan sampo, untuk membersihkan kutu mati dan menghilangkan aroma bawang yang menyengat itu.

5. Mayones

Biasanya, mayones digunakan untuk pelengkap berbagai hidangan. Namun kali ini, Anda bisa mencobanya sebagai obat kutu rambut alami untuk anak.

Mayones dipercaya bisa membunuh kutu rambut dengan cepat. Caranya juga mudah, oleskan saja mayones ke kulit kepala anak hingga menyeluruh, kemudian diamkan semalaman.

Di pagi harinya, bilaslah rambut anak agar kutu rambut yang sudah mati dapat dibersihkan.

6. Soda kue

Soda kue dipercaya sebagai obat kutu rambut karena bisa mematikan sistem pernapasannya. Untuk menggunakannya, campurkan soda kue dengan kondisioner rambut, dan oleskan ke rambut anak hingga menyeluruh.

Setelah itu, Anda boleh menyisir rambut anak untuk membersihkan kutu rambut yang sudah mati. Selanjutnya, bilaslah dengan sampo antikutu rambut agar kutu tak kembali lagi.

7. Campuran garam dan cuka

Di dalam dunia medis, garam dikenal sebagai antiseptik. Sementara itu, cuka dapat mencegah telur kutu menempel di rambut. Keduanya dianggap sebagai obat kutu rambut alami untuk anak yang ampuh.
Masukkan campuran keduanya ke dalam botol, kemudian semprot ke rambut anak hingga menyeluruh. Setelah itu, bilaslah sampai bersih.

8. Minyak daun mimba (neem oil)

Rambut gatal
Obat kutu rambut alami untuk anak

Minyak daun mimba alias neem oil adalah obat kutu rambut alami yang bisa menghilangkan “kerajaan” kutu di rambut anak. Teteskan saja sedikit minyak daun mimba ke dalam sampo anak, dan oleskan ke rambut hingga menyeluruh. Setelah dibilas, jangan lupa menyisir rambut anak untuk menghilangkan kutu mati yang menempel di rambut.

9. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dipercaya bisa membunuh kutu rambut. Itulah sebabnya banyak orang yang mencoba minyak kelapa sebagai obat kutu rambut alami.

Setelah mengoleskan minyak kelapa hingga menyeluruh, diamkan selama dua jam. Sebelum dibilas, sisirlah rambut anak untuk menghilangkan kutu rambut yang masih menempel. Selanjutnya, bilaslah dengan air bersih.

10. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih alias eucalyptus oil ternyata memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang bisa mengusir kutu rambut.

Tidak hanya itu, minyak kayu putih juga dipercaya bisa menstimulasi folikel rambut, meningkatkan kesehatan rambut, merangsang pertumbuhan rambut, hingga mengobati kulit kepala gatal.

Namun jangan langsung mengoleskan minyak kayu putih ke rambut. Campurkan dulu minyak kayu putih dengan minyak zaitun, sebelum mengoleskannya ke rambut secara menyeluruh.

Catatan dari SehatQ:

Berbagai macam obat kutu rambut alami di atas tidak boleh digunakan sebagai pengobatan utama untuk mengobati kutu rambut di kepala anak. Sebaiknya, berkonsultasilah dulu dengan dokter sebelum mencoba berbagai obat kutu alami ini.

Healthline. https://www.healthline.com/health/lice-symptoms#other-symptoms
Diakses pada 29 Mei 2020

Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/15-home-remedies-for-head-lice-in-children/
Diakses pada 29 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/coconut-oil-for-lice
Diakses pada 29 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/eucalyptus-oil-for-hair
Diakses pada 29 Mei 2020

CDC. https://www.cdc.gov/parasites/lice/head/treatment.html
Diakses pada 29 Mei 2020

Artikel Terkait