Obat Koreng yang Bisa Digunakan Agar Luka Lebih Cepat Sembuh

(0)
Obat koreng bisa digunakan agar proses penyembuhan luka dapat berlangsung cepatGunakan obat koreng yang ada dalam kotak P3K di rumah Anda
Muncul koreng pada kulit sebenarnya merupakan proses yang normal saat luka yang Anda alami berangsur sembuh. Sayang, kehadirannya dapat mengganggu penampilan dan terkadang menimbulkan rasa gatal. Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda menggunakan obat koreng agar proses penyembuhan luka dapat berlangsung cepat.

Apa itu koreng atau keropeng?

Koreng adalah reaksi alami tubuh sebagai proses penyembuhan area kulit yang terluka dari infeksi.Ketika Anda terluka, kulit akan terkikis dan membentuk gumpalan darah yang bernama platelet di atas luka agar tidak banyak darah yang keluar.Lapisan platelet yang terbentuk lama kelamaan akan mengeras dan berubah menjadi keropeng atau koreng. Munculnya koreng pada kulit merupakan hal yang normal terjadi saat luka yang Anda alami mulai berangsur sembuh.Nantinya, jaringan kulit akan mengalami regenerasi sehingga koreng akan memberikan ruang bagi kulit baru untuk tumbuh dan menggantikannya. Namun, kondisi ini dapat memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu tergantung pada tingkat keparahan luka Anda.

Jenis-jenis luka yang dapat menyebabkan koreng

Berdasarkan penyebabnya, luka dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Umumnya, jenis luka di bawah ini dapat menyebabkan kemunculan koreng di kulit.

1. Luka abrasi

Luka abrasi adalah jenis luka yang terjadi ketika kulit bergesekan atau menggores permukaan kasar atau keras, seperti jalanan beraspal. Contoh luka abrasi adalah luka saat Anda terjatuh dari motor atau sepeda.Meski tidak menimbulkan banyak perdarahan, jenis luka ini perlu dibersihkan dengan benar agar terhindar dari infeksi. Selanjutnya, luka abrasi biasanya dapat menimbulkan koreng di kulit.

2. Luka laserasi

Luka laserasi adalah jenis luka robek atau goresan ringan, tetapi bisa juga berupa luka yang dalam dengan bentuk tidak teratur. Beberapa contoh luka laserasi adalah tergores pisau atau benda tajam lainnya dan luka akibat kecelakaan kerja.

3. Luka tusuk

Luka tusuk biasanya disebabkan oleh tusukan benda yang ujungnya runcing, seperti luka tertusuk paku atau jarum.

Obat koreng yang bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka

Untuk jenis luka yang masih tergolong ringan, Anda dapat mengobatinya menggunakan obat koreng yang tersedia dalam kotak P3K di rumah. Beberapa jenis obat koreng yang umum digunakan, antara lain:

1. Petroleum jelly

Salah satu obat koreng yang bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka adalah petroleum jelly. Anda dapat mengoleskan petroleum jelly ke area kulit yang mengalami luka.Petroleum jelly bertujuan untuk mempercepat penyembuhan luka, mencegah munculnya rasa gatal pada area kulit yang terluka, dan meminimalkan terbentuknya bekas luka yang lebih besar dan dalam.

2. Cairan povidone-iodine

Obat koreng yang dikenal ampuh untuk mengobati luka adalah cairan povidone-iodine. Obat koreng ini dapat membantu mencegah infeksi pada area kulit yang terluka. Umumnya, cairan povidone-iodine digunakan sesaat setelah Anda mengalami luka.

3. Salep antibiotik

Penggunaan salep antibiotik mungkin saja diperlukan sebagai obat koreng untuk mencegah infeksi pada area kulit yang mengalami luka.Beberapa jenis salep antibiotik yang dapat digunakan untuk mencegah infeksi dan menjaga area luka tetap lembap adalah bacitracin, neosporin, dan polysporin.

Cara menghilangkan bekas koreng yang ampuh

Sama halnya dengan luka, koreng sebenarnya dapat sembuh dan hilang dengan sendirinya. Kendati demikian, waktu yang diperlukan untuk sembuh memang tidak sebentar. Terlebih apabila luka di kulit yang Anda alami tergolong parah.American Academy of Dermatology merekomendasikan cara menghilangkan bekas koreng yang ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan luka sebagai berikut:
  • Pastikan kebersihan area kulit yang terluka dari debu, kuman, atau kotoran lainnya dengan cara membilas kulit menggunakan air bersih dan sabun.
  • Oleskan petroleum jelly agar area kulit yang mengalami luka tidak menjadi kering, bertambah besar, atau terasa gatal.
  • Kemudian, tutup area kulit yang terluka menggunakan perban. Ganti perban setiap hari untuk memastikan kebersihan luka tetap terjaga.
Ingat, jangan coba untuk menggaruk atau mengelupas kulit keropeng dengan sengaja. Terlebih ketika koreng menimbulkan rasa gatal. Pasalnya, langkah ini dapat menimbulkan luka baru serta memperlambat proses penyembuhan luka.Selain itu, mengelupas kulit koreng secara sengaja dapat meningkatkan risiko infeksi yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan pembengkakan.Obat koreng memang dapat mempercepat proses penyembuhan luka sehingga hasilnya menjadi lebih baik. Untuk mengetahui obat koreng apa yang tepat bagi luka, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.Selain memberikan rekomendasi obat koreng sesuai jenis luka yang Anda alami, dokter mungkin juga akan memberi tahu cara merawat luka dan menghilangkan bekas koreng yang tepat. 
perawatan kulitinfeksi kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-scabs
Diakses pada 13 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/open-wound#types
Diakses pada 13 Juli 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/injured-skin/burns/wound-care-minimize-scars
Diakses pada 13 Juli 2020
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/cuts_scrapes_and_puncture_wounds/article.htm#how_do_you_treat_cuts_scrapes_abrasions_and_puncture_wounds
Diakses pada 13 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait