7 Obat Kista Alami yang Bisa Anda Coba di Rumah


Terdapat berbagai macam obat kista alami yang dianggap ampuh karena memiliki sifat antimikroba. Di saat benjolan kista tumbuh di kulit, cobalah oleskan kompres hangat atau oleskan cuka apel untuk mengatasinya.

(0)
07 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat kista alami, seperti madu dan cuka apel, dianggap bisa mengatasi rasa tidak nyaman akibat kista.Obat kista alami ini hanya boleh digunakan untuk mengatasi jenis kista yang muncul di kulit.
Kista adalah benjolan yang berisikan cairan, udara, atau senyawa lain yang terbentuk di dalam tubuh. Biasanya, dokter akan merekomendasikan prosedur operasi untuk mengangkat kista hingga ke akarnya. Selain itu, ada beragam obat kista alami yang dipercaya ampuh karena memiliki sifat antimikroba. Apa saja?

7 obat kista alami yang dipercaya ampuh

Berbagai obat kista alami ini dipercaya dapat membantu mengecilkan ukuran kista dan mengatasi rasa tidak nyaman yang sering kali dirasakan penderita kista.

1. Kompres hangat

Kompres hangat adalah obat kista alami yang mudah dilakukan untuk mengecilkan ukuran kista. Suhu hangat pada kompres hangat dianggap dapat mengurangi ketebalan dari cairan yang ada di dalam kista.Jika Anda mengalami kista epidermoid, kompres hangat juga bisa mempercepat proses pengeringan kista. Meskipun obat kista alami ini sering kali direkomendasikan dokter, belum ada studi yang bisa membuktikan efektivitasnya.Untuk mencobanya, rendam kain bersih di dalam air hangat (jangan mendidih). Kemudian taruh kompres ini di bagian kista selama 20-30 menit.

2. Tea tree oil

Menurut studi, tea tree oil adalah minyak atsiri (essential oil) yang mengandung senyawa antimikroba. Itu artinya, tea tree oil berpotensi ampuh membunuh bakteri, virus, jamur, dan patogen lainnya.Terdapat beberapa jenis kista yang disebabkan oleh ingrown hair atau rambut yang tumbuh ke dalam. Kondisi ini biasanya dapat memicu infeksi bakteri sehingga menyebabkan kista.Tea tree oil dipercaya mampu mencegah munculnya kista akibat rambut yang tumbuh ke dalam dan meredakan gejalanya.Namun perlu diingat, tidak semua jenis kista disebabkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam. Itulah mengapa, tea tree oil belum terbukti bisa mengatasi kista yang disebabkan oleh faktor lain.Untuk mencobanya, campur 2-3 tetes tea tree oil dengan 28 mililiter air. Setelah itu, oleskan langsung di bagian kista dengan kain bersih.

3. Cuka apel

Asam asetat yang dikandung oleh cuka apel bersifat antimikroba sehingga cuka ini sering dimanfaatkan sebagai obat kista alami.Cuka apel hanya dianggap ampuh untuk mengatasi kista yang disebabkan oleh bakteri atau infeksi. Untuk mencobanya, campurkan air putih dengan cuka apel dengan perbandingan yang sama lalu oleskan langsung di bagian kistanya.Ingat, jangan pernah mengoleskan cuka apel murni langsung ke kulit tanpa melarutkannya karena kandungan asam asetat dapat menyebabkan kulit iritasi atau memunculkan luka bakar.

4. Lidah buaya

Beberapa riset membuktikan bahwa lidah buaya memiliki sifat antiradang dan antimikroba. Kedua sifat tersebut dapat sangat membantu dalam meredakan nyeri dan iritasi yang disebabkan kista.Tidak hanya itu, lidah buaya juga berpotensi mengatasi berbagai macam kista yang disebabkan oleh bakteri dan patogen lainnya.Memang belum ada studi yang menjelaskan keampuhan lidah buaya dalam mengobati kista. Namun, bahan alami ini dipercaya dapat mengatasi rasa tidak nyaman dan nyeri yang sering kali disebabkan kista. Oleskan saja lidah buaya dalam bentuk krim atau losion ke bagian kulit yang terkena kista.

5. Minyak jarak

Minyak jarak alias castor oil diambil dari tumbuhan Ricinis communis. Studi membuktikan bahwa minyak jarak juga bersifat antimikroba. Minyak ini ampuh dalam membunuh bakteri di kulit yang bisa menyebabkan jerawat dan kista.Untuk menggunakannya, tuangkan satu tetes minyak jarak ke jari dan oleskan langsung ke kista. Sebaiknya Anda menggunakan produk minyak jarak yang 100 persen murni tanpa campuran bahan lain. Jangan pernah menelan minyak jarak karena bisa berakibat fatal untuk kesehatan.

6. Witch hazel

Witch hazel adalah bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi jerawat. Sifat astringen dan antiradangnya membuat bahan ini dianggap ampuh menangani jerawat dan mengatasi kista epidermoid. Sifat astringen witch hazel dipercaya bisa mengecilkan ukuran kista, sedangkan sifat antiradangnya mampu mengatasi rasa nyeri.Untuk mencobanya, oleskan sedikit witch hazel ke kapas, kemudian oleslah ke bagian kista. Hati-hati, orang dengan kulit sensitif dapat mengalami reaksi alergi saat mengoleskan witch hazel ke kulitnya. Campurkan witch hazel dengan air sebelum mengoleskannya untuk menghindari hal ini.

7. Madu

Sama seperti berbagai obat kista alami di atas, madu juga mengandung sifat antimikroba yang dipercaya bisa mengatasi rasa tidak nyaman akibat kista.Cara menggunakannya juga mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu ke bagian kista dan diamkan selama beberapa jam. Setelah itu, bilas dengan air bersih.Perlu diingat juga, belum ada penelitian yang dapat mendukung efektivitas berbagai obat kista alami di atas. Sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapakan penanganan yang tepat.Selain itu, jangan pernah memecahkan kista tanpa bantuan dokter. Hal ini bisa meningkatkan risiko infeksi dan kista itu berpotensi datang kembali.

Pengobatan kista secara medis yang terbukti ampuh

Prosedur operasi dapat dilakukan untuk mengatasi kista berukuran besar
Kista berukuran besar dapat diangkat melalui operasi
Pengobatan kista didasari oleh jenis, ukuran, dan tingkat keparahannya. Untuk kista yang berukuran sangat besar dan menyebabkan gejala tidak nyaman, dokter akan merekomendasikan prosedur operasi untuk mengangkatnya.Dokter juga kadang bisa mengeringkan kista dengan memasukkan jarum atau kateter ke dalamnya. Jika kistanya sulit dijangkau, dokter akan menggunakan pencitraan radiologi untuk memasukkan jarum atau kateter secara akurat.Dalam beberapa kasus, dokter juga akan memeriksa cairan kista untuk memastikan apakah ada sel kanker yang dikandungnya. Jika benar ada, dokter akan langsung merekomendasikan prosedur operasi, biopsi, atau keduanya.Selain itu, untuk jenis kista yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), dokter akan fokus untuk menyembuhkan penyakitnya, bukan kistanya.

Catatan dari SehatQ

Perlu diingat, berbagai obat kista alami di atas hanya bisa digunakan pada jenis kista yang muncul di kulit. Selain itu, tidak semua jenis kista dapat ditangani dengan bahan alami. Itulah sebabnya Anda disarankan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang terbaik.Masih penasaran dengan obat kista alami dan efektivitasnya? Segeralah bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
penyakitkistakista epidermoid
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-cysts#overview
Diakses pada 22 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/160821#treatment
Diakses pada 22 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait