Menilik Keampuhan Sejumlah Obat Katarak


Keampuhan obat katarak belum dapat menggantikan operasi dalam mengangkat kekeruhan lensa. Namun, obat-obatan yang ada dapat membantu meredakan gejala katarak yang muncul.

0,0
13 May 2021|Rhandy Verizarie
obat katarakObat katarak masih memerlukan uji klinis lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya
Salah satu penyakit mata yang perlu diwaspadai adalah katarak. Pasalnya, penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan. Pengobatan mata katarak umumnya melalui tindakan operasi. Namun, sejumlah kalangan mengklaim bahwa katarak juga dapat disembuhkan dengan menggunakan obat katarak.Katarak terjadi ketika ada penumpukan protein pada lensa mata. Protein ini sejatinya memang merupakan salah satu elemen lensa mata. Fungsinya tidak lain untuk menjaga kejernihan lensa mata.Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, protein tersebut akan mengalami penumpukan hingga akhirnya membuat lensa mata menjadi keruh dan mengganggu penglihatan. Inilah yang kemudian menjadi penyebab katarak pada lansiaSelain karena faktor usia, penyebab katarak lainnya, meliputi:
  • Riwayat cedera mata
  • Diabetes
  • Paparan zat beracun
  • Paparan sinar matahari
  • Obat-obatan tertentu seperti diuretik dan kortikosteroid
Lantas, apakah penggunaan obat mata katarak memang efektif? 

Macam-macam obat katarak yang dapat diresepkan

Pada saat seseorang terdiagnosis menderita katarak, dokter biasanya akan merekomendasikan tindakan operasi guna menyembuhkannya. Akan tetapi, operasi dilakukan apabila kondisi katarak sudah terbilang parah.Selama gejala katarak masih tergolong ringan, operasi mungkin tidak diperlukan. Namun, dokter akan memberikan sejumlah resep obat untuk membantu meringankan gejala yang muncul.Berikut adalah macam-macam obat katarak beserta cara kerjanya yang perlu Anda ketahui:

1. N-acetylcarnosine (NAC)

N-acetylcarnosine (NAC) adalah obat tetes mata katarak yang juga dianggap mampu menyembuhkan penyakit tersebut.Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Drugs in R & D, NAC yang merupakan senyawa kimia ini terbukti dapat mencegah terjadinya penurunan tingkat kejernihan lensa setelah digunakan sebagai pengobatan selama 24 bulan.Sayangnya, obat tersebut hanya efektif untuk menghindari memburuknya penglihatan. Belum ada penelitian yang dapat membuktikan apakah NAC juga bisa mengangkat atau menghancurkan katarak hingga benar-benar sembuh.

2. Lanosterol

Lanosterol menjadi obat katarak lainnya yang dianggap ampuh mengobati penyakit mata tersebut. Menurut American Optometric Association, lanosterol memiliki mekanisme kerja yang dapat menghancurkan gumpalan protein pada lensa mata yang menjadi penyebab katarak. Akan tetapi, hasil berbeda justru diungkapkan oleh sebuah penelitian tahun 2019. Menurut penelitian yang dimuat dalam Scientific Reports, tidak ada tanda-tanda lanosterol dapat mengatasi penggumpalan protein tersebut.Itu sebabnya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai keampuhan lanosterol sebagai obat tetes mata katarak tanpa operasi.

3. Obat herbal 

Selain dengan obat-obatan kimia, ada juga yang mengatakan bahwa katarak dapat disembuhkan dengan menggunakan bahan-bahan herbal. Bahan herbal yang dipercaya dapat menjadi obat katarak alami ini terdiri dari tanaman yang mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi, sebagaimana diungkapkan oleh studi tahun 2019 dalam Frontiers in Technology. Pasalnya, katarak juga dipicu oleh serangan radikal bebas. Antioksidan adalah zat yang telah terbukti mampu melawan radikal bebas.Kendati demikian, efektivitas obat herbal katarak ini masih perlu digali lebih dalam lagi melalui penelitian yang lebih besar.Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwasanya macam-macam obat katarak di atas tidak benar-benar dapat menyembuhkan katarak secara total.Kurangnya bukti ilmiah menjadi alasan kita belum bisa sepenuhnya bergantung pada obat mata katarak guna mengobati penyakit ini. 

Operasi adalah pengobatan katarak paling efektif

Hingga saat ini, operasi masih menjadi cara satu-satunya yang terbukti ampuh dalam menyembuhkan katarak. Operasi katarak dapat dilakukan apabila kekeruhan lensa sudah cukup parah dan menyebabkan penurunan penglihatan secara signifikan. Tujuan dari operasi katarak ini adalah untuk mengangkat lensa mata yang mengeruh dan menggantinya dengan lensa buatan. Lensa buatan ini umumnya terbuat dari silikon atau plastik. Perlu diperhatikan juga, operasi mata katarak dilakukan secara bertahap, yakni dimulai dari salah satu mata. Jika mata yang satu sudah sembuh, dokter akan melanjutkan ke mata yang satunya lagi.

Catatan dari SehatQ

Keampuhan obat katarak belum dapat menggantikan operasi dalam mengangkat kekeruhan lensa. Namun, obat-obatan yang ada dapat membantu meredakan gejala katarak yang muncul.Untuk mengetahui lebih lanjut seputar pengobatan mata katarak, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQDownload aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play sekarang juga. Gratis!
kesehatan lansiakesehatan matakatarak
American Optometric Association. https://www.aoa.org/news/clinical-eye-care/diseases-and-conditions/could-eye-drops-be-an-alternative-treatment-to-cataract-surgery?sso=y Diakses pada 29 April 2021Drugs. https://www.drugs.com/mtm/atropine-ophthalmic.html#:~:text=Atropine%20causes%20the%20muscles%20in,this%20effect%20may%20be%20helpful. Diakses pada 29 April 2021Drugs in R & D. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12001824/ Diakses pada 29 April 2021Frontiers in Technology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6585469/ Diakses pada 29 April 2021Medline Plus. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a616014.html Diakses pada 29 April 2021Scientific Reports. https://www.nature.com/articles/s41598-019-44676-4 Diakses pada 29 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait