Cara Menghilangkan Kaki Pecah-Pecah Serta Bahan Alami yang Bisa Digunakan


Obat kaki pecah-pecah alami bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kaki pecah-pecah. Mulai dari minyak zaitun, minyak kelapa, madu, lulur oatmeal, masker pisang dan alpukat, hingga tepung beras.

(0)
Menghilangkan kaki pecah-pecah dengan obat kaki pecah-pecah alamiAda berbagai obat alami untuk menghilangkan tumit kaki pecah-pecah
Ada berbagai obat kaki pecah-pecah untuk menghaluskan tumit secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Tumit pecah-pecah adalah suatu kondisi kulit yang sering dialami oleh banyak orang, terutama pada perempuan. Untuk mengatasinya, penting menerapkan cara menghilangkan kaki pecah-pecah agar tidak semakin parah. Kaki pecah-pecah merupakan suatu kondisi pada bagian tumit yang ditandai dengan kulit bersisik dan kering. Beberapa orang ada yang tidak menganggap masalah tersebut sebagai kondisi serius. Padahal, dalam beberapa kasus, tumit kaki pecah-pecah bisa sangat dalam disertai rasa gatal, nyeri, kemerahan, bahkan bengkak, berdarah, dan bernanah yang menandakan adanya infeksi sehingga harus mendapatkan penanganan dari dokter.

Kenali penyebab kaki pecah-pecah

Pada dasarnya, kulit telapak kaki memang lebih kering dibandingkan bagian kulit tubuh lainnya karena tidak memiliki kelenjar keringat. Kulit telapak kaki yang kering rentan menjadi penyebab kaki pecah-pecah. Penyebab kaki pecah-pecah bisa berawal dari kulit kaki yang kering, menumpuknya sel-sel kulit mati, dan kulit pada tumit yang jadi menebal serta mengeras. 
Cara menghilangkan kaki pecah-pecah adalah dengan obat kaki pecah-pecah alami
Tumit kaki pecah-pecah berawal dari kulit kaki kering
Saat berjalan, bantalan lemak di tumit akan menyebar dan menipis. Karena tekanan saat berjalan, kulit tumit mungkin saja mengeras dan akhirnya mengalami pecah-pecah.Jika semakin parah, kaki pecah-pecah bisa berdarah dan timbul rasa sakit ketika digunakan untuk berjalan. Ada beberapa faktor dan kebiasaan sehari-hari yang bisa menjadi penyebab kaki pecah-pecah, yaitu:
  • Sering berjalan tanpa alas kaki.
  • Sering berdiri dalam waktu yang lama.
  • Menggunakan sepatu yang kurang pas untuk melindungi tumit. 
  • Menggunakan sepatu yang terasa lembap dan panas.
  • Menggunakan sandal yang terbuka di bagian tumit.
  • Menggunakan sabun berbahan keras di kulit atau bersifat iritan.
  • Sering merendam kaki ke dalam air panas.
  • Kulit kaki kering akibat berada di suhu udara yang dingin dan kering.
Beberapa penyakit juga dapat menjadi penyebab kaki pecah-pecah, seperti diabetes, hipotiroidisme, kurang gizi, hingga psoriasis dan eksim. Penyakit yang menyebabkan malabsorbsi pencernaan, seperti penyakit Crohn atau Celiac, pun dapat mengakibatkan kaki pecah-pecah.Orang lanjut usia juga lebih rentan mengalami tumit pecah-pecah karena faktor penuaan yang menyebabkan kulit semakin kering.Perubahan hormon dan metabolisme karena bertambahnya usia bisa mengakibatkan kulit lapisan paling luar jadi menebal. Sedangkan, apisan kulit pelindung pada tumit yang semakin menipis membuat kulit menjadi stres, menebal, dan akhirnya pecah.Untuk mengusir kondisi ini, Anda bisa menerapkan cara menghilangkan kaki pecah-pecah dengan tepat.  

Cara menghilangkan kaki pecah-pecah di rumah

Kaki pecah-pecah memang tidak sedap dipandang mata. Tak hanya soal penampilan, apabila tumit pecah-pecah dibiarkan terus menerus tanpa perawatan yang tepat, dapat berakhir petaka bagi Anda.Selain menimbulkan rasa sakit saat digunakan untuk berjalan, tumit pecah-pecah bisa berdarah dan menyebabkan infeksi serius.Sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah, Anda bisa melakukan perawatan mudah di rumah. Langkah ini bertujuan untuk mengembalikan dan menjaga kelembapan permukaan kulit kaki melalui beberapa cara berikut:

1. Pakai pelembap jenis emolien humektan

Salah satu cara menghilangkan kaki pecah-pecah adalah menggunakan pelembap jenis emolien humektan, seperti yang mengandung lanolin dan gliserin sebagai bahan aktifnya. .Emolien adalah bahan aktif dalam pelembap yang dapat meresap ke dalam kulit dan mengurangi penguapan cairan.Bahan aktif ini dapat membentuk lapisan di kulit yang kering sehingga kulit jadi tampak lembut dan halus. Sedangkan, humektan adalah bahan aktif yang bekerja meningkatkan kapasitas air di lapisan kulit paling luar dengan menarik kandungan air di udara atau menarik air dari lapisan kulit paling dalam serta menjaga kelembapan kulit. 

2. Oleskan pelembap oklusif

Mengoleskan pelembap oklusif juga menjadi cara menghilangkan kaki pecah-pecah berikutnya. Jika penggunaan pelembap jenis emolien humektan sudah terserap oleh kulit, oleskan pelembap jenis oklusif pada kulit kaki dan tumit. Pelembap ini akan mencegah penguapan cairan dari lapisan kulit paling luar. 
Petroleum jelly bisa digunakan sebagai obat kaki pecah-pecah untuk menghilangkan kaki pecah-pecah
Oleskan petroleum jelly pada permukaan kaki sebelum tidur
Beberapa contoh pelembap oklusif di antaranya adalah petroleum jelly, minyak mineral, lanolin, atau dimethicone. Anda bisa menggunakannya malam hari sebelum tidur secara rutin. Setelah mengoleskan petroleum jelly atau jenis pelembap oklusif lainnya, Anda bisa mengenakan kaus kaki berbahan katun. Penggunaan kaus kaki bertujuan untuk mencegah noda minyak dan petroleum jelly agar tidak mengenai seprai maupun permukaan lantai. 

3. Oleskan bahan kerolitik pada kulit

Penggunaan bahan kerolitik bisa menjadi cara menghilangkan kaki pecah-pecah dengan cara membantu meluruhkan sel-sel kulit mati yang menebal dan mengeras. Akibatnya, kulit pada tumit Anda menjadi lebih tipis dan lebih lembut. Anda bisa memilih produk yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA), seperti asam laktat dan glycolic acid, atau asam salisilat sebagai bahan aktif kerolitik. 

4. Gosok tumit dengan batu apung

Anda bisa menggosokkan batu apung pada tumit pecah-pecah dengan lembut. Pastikan Anda mengoleskan pelembap terlebih dulu sebelum menggosokannya. Ini bertujuan untuk membantu merontokkan sel-sel kulit mati dan mengurangi kulit yang sudah mengeras atau menebal. Sebaiknya, jangan menggunakan silet cukur atau gunting untuk memotong kulit yang mengeras atau menebal. Akan tetapi, hindari langkah ini jika Anda mengidap diabetes. 

5. Gunakan sabun berbahan lembut

Menggunakan sabun berbahan lembut dapat membantu menghilangkan tumit kaki pecah-pecah. Dengan ini, kulit Anda tidak iritasi dan kelembapan kulit dapat terjaga baik. 

6. Pilih alas kaki yang tepat

Cara menghilangkan kaki pecah-pecah juga perlu memerhatikan pemilihan alas kaki yang tepat. Sebaiknya, kenakan ukuran sepatu yang pas di kaki serta memiliki bantalan yang mampu melindungi tumit dengan baik.Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan sepatu yang terlalu ketat agar sirkulasi udara pada kaki tetap lancar.Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan sandal saat banyak berjalan. Pasalnya, kulit kaki jadi mudah kering dan kotor. Sandal juga umumnya tidak memiliki bantalan yang cukup baik untuk melindungi tumit.

7. Pakai kaus kaki berbahan katun

Memakai kaus kaki berbahan katun juga menjadi cara menghlangkan kaki pecah-pecah. Penggunaan kaus kaki agak tebal berbahan katun dapat membantu melindungi tumit dan menjaga kelembapan kulit kaki, khususnya tumit.

8. Hindari posisi berdiri terlalu lama

Cara menghilangkan kaki pecah-pecah lainnya adalah menghindari posisi berdiri terlalu lama sehingga membuat berat badan bertumpu pada tumit. Periksalah kaki Anda tiap hari, terutama jika Anda mengidap diabetes yang rentan mengalami kulit kaki kering serta luka.

Obat kaki pecah-pecah dari bahan alami lainnya

Selain melakukan berbagai cara menghilangkan kaki pecah-pecah di atas, Anda juga dapat mengandalkan obat kaki pecah-pecah dari bahan alami berikut ini. 

1. Pelembap alami

Salah satu obat kaki pecah-pecah adalah pelembap alami.Anda dapat menggunakan pelembap alami yang teksturnya lengket dan berminyak sebagai salah satu obat untuk kaki pecah-pecah. Misalnya, shea butter, gel lidah buaya, atau petroleum jelly.Namun, ada baiknya Anda merendam kaki dengan air hangat terlebih dahulu selama 20 menit.Lalu, gosokkan batu apung untuk mengangkat lapisan kulit mati di kaki.Selanjutnya, keringkan tumit kaki menggunakan handuk bersih.Kemudian, oleskan pelembap alami pilihan Anda pada permukaan kaki pecah-pecah.Bungkus dengan kaus kaki dan biarkan kandungan pelembap alami menyerap semalaman.Lakukan langkah ini secara rutin setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan hasil tumit yang halus maksimal.

2. Minyak zaitun

Cara menghilangkan kaki pecah-pecah adalah dengan obat kaki pecah alami minyak zaitun
Minyak zaitun dapat melembapkan tumit kaki pecah-pecah
Obat kaki pecah-pecah dari bahan alami berikutnya adalah minyak zaitun.Cara menghilangkan kaki pecah-pecah dengan minyak zaitun adalah mengoleskannya pada permukaan tumit kaki pecah-pecah seraya memijatnya dengan lembut selama 10-15 menit.Memijat permukaan kaki pecah-pecah dengan minyak zaitun dapat membantu melembapkan kulit serta merangsang sirkulasi darah sehingga mempercepat proses penyembuhan.Selanjutnya, bungkus menggunakan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman untuk hasil penyerapan maksimal.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan obat kaki pecah alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kaki pecah-pecah
Minyak kepala mengandung antimikroba dan antiradang
Minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai obat alami kaki pecah-pecah.Tak hanya melembapkan, minyak kelapa memiliki kandungan antimikroba dan antiradang yang dipercaya dapat menghaluskan tumit kaki pecah-pecah yang rentan berdarah atau mengalami infeksi.Setelah merendam kaki ke dalam air hangat selama beberapa menit, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa pada permukaan kaki pecah-pecah seraya memijatnya dengan lembut.Selain minyak zaitun dan minyak kelapa, Anda bisa menggunakan minyak almond atau minyak wijen sebagai obat untuk kaki pecah-pecah dari bahan alami lainnya.

4. Madu

Madu adalah salah satu obat kaki pecah alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan kaki pecah-pecah
Madu bisa menghaluskan tumit kaki pecah-pecah secara alami
Madu adalah obat kaki pecah-pecah yang juga dapat membantu mengatasi tumit kaki pecah-pecah secara alami.Menurut sebuah hasil studi, kandungan antibakteri dan antimikroba di dalamnya dapat membantu melembapkan kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah.Caranya, Anda cukup mencampurkan 1 gelas madu dengan air hangat secukupnya dalam sebuah wadah besar atau baskom.Rendam kedua kaki ke dalam baskom berisi air madu hangat tersebut selama 15-20 menit, lalu gosok permukaan kulit kaki pecah-pecah.Anda juga bisa menggunakan madu sebagai masker obat untuk kaki pecah-pecah yang dioleskan pada kaki dan mendiamkannya selama semalaman.

5. Lulur oatmeal

Lulur oatmeal bisa digunakan untuk menghilangkan kaki pecah-pecah
Gunakan oat kering untuk mengatasi kaki pecah-pecah
Obat kaki pecah-pecah dari bahan alami lainnya adalah lulur oatmeal.Lulur oatmeal telah digunakan selama ratusan tahun untuk menyembuhkan kulit iritasi dan meradang.Anda bisa mencampurkan oatmeal dan minyak zaitun sebagai cara merawat kaki pecah-pecah secara alami.Caranya, campurkan 1 sendok makan oat kering dan 1 sendok makan minyak zaitun (atau jenis minyak sayur lainnya). Aduk merata hingga membentuk pasta.Oleskan masker tersebut pada permukaan kulit kaki yang pecah-pecah.Diamkan hingga meresap ke dalam kulit selama 30 menit. Jika sudah, bilas menggunakan air hingga bersih.Gunakan obat untuk kaki pecah-pecah ini beberapa kali dalam seminggu sampai kulit kaki pecah-pecah Anda menjadi halus kembali.

6. Masker pisang dan alpukat

Obat kaki pecah-pecah alami yang dapat ditemukan dengan mudah di rumah adalah pisang.Anda bisa mencampurkan 1 buah pisang matang dengan ½ buah alpukat sebagai obat alami kaki pecah-pecah. Haluskan keduanya dan campur merata hingga menjadi pasta.Oleskan pasta masker ini dengan tebal pada area kaki yang bermasalah dan biarkan selama 15-20 menit.Kemudian, bilas kaki menggunakan air hangat sampai bersih.Pisang dapat membantu melembapkan kulit, termasuk kulit kaki kering dan pecah-pecah.Sedangkan, alpukat mengandung vitamin A, vitamin E, asam lemak omega, dan berbagai nutrisi yang dapat digunakan untuk mengusir kaki pecah-pecah.

7. Petroleum jelly dan air lemon

Pasta campuran petroleum jelly dan air lemon diyakini ampuh sebagai obat untuk kaki pecah-pecah secara alami.Berikut cara membuat dan menggunakan petroleum jelly dan air lemon untuk menghaluskan tumit kaki pecah-pecah.
  • Pertama, rendam kaki dalam air hangat terlebih dahulu selama sekitar 20 menit.
  • Jika sudah, keringkan kaki menggunakan handuk bersih.
  • Lalu, campurkan 1 sendok teh petroleum jelly dan 3 sendok teh air lemon dalam sebuah mangkuk, aduk merata.
  • Oleskan pasta tersebut pada permukaan kaki yang pecah-pecah.
  • Diamkan selama sekitar 1 jam.
  • Anda juga dapat membungkus kaki dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman.
  • Lakukan cara ini secara rutin agar tumit kaki jadi lebih lembut dan halus.
Setelah mengoleskan petroleum jelly pada kaki, kenakan kaus kaki berbahan katun. Bahan katun akan membantu mejaga kelembapan kaki sekaligus memungkinkan kaki untuk tetap mendapatkan sirkulasi udara yang baik.Dengan memakai kaus kaki, Anda juga bisa mencegah noda petroleum jelly agar tidak mengenai seprai maupun permukaan perabotan lainnya. 

8. Tepung beras

Tepung beras menjadi pilihan obat kaki pecah-pecah lainnya yang bisa Anda coba di rumah.Tekstur tepung beras yang bergerinjil kasar berfungsi mengelupas, membersihkan, dan menutrisi kulit kaki sehingga membuatnya lebih halus dan lembut.Cara membuatnya sebagai berikut:
  • Ambil 2-3 sendok makan tepung beras, tambahkan beberapa tetes madu dan cuka sari apel untuk meracik pasta kental.
  • Jika kaki Anda sangat kering dan pecah-pecah, Anda dapat menambahkan 1 sendok teh minyak zaitun atau minyak almond ke dalam campuran pasta tersebut.
  • Rendam kaki Anda ke dalam air hangat selama 10 menit.
  • Setelah kaki dikeringkan menggunakan handuk bersih, oleskan pasta tersebut pada permukaan kaki yang bermasalah seraya memijatnya dengan lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
Dengan penggunaan obat untuk kaki pecah-pecah alami di atas, tumit pecah-pecah akan membaik dalam waktu beberapa hari. Namun, segera periksakan kondisi tumit ke dokter apabila cara menghilangkan tumit pecah-pecah di atas tak kunjung berhasil serta membuat kulit semakin kering dan pecah-pecah sampai berdarah, mengalami infeksi dan peradangan, atau menimbulkan nyeri.Anda juga dapat konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk bertanya lebih lanjut seputar cara menghilangkan kaki pecah-pecah dan obat kaki pecah-pecah lainnyaCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kakikulit keringkulit dan kecantikanmasalah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/cracked-heel-heal#remedies
Diakses pada 27 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/316572#home-remedies
Diakses pada 27 Mei 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/simple-home-remedies-for-cracked-heels/
Diakses pada 27 Mei 2020
NLDA. https://www.nlda.org/how-to-quickly-heal-cracked-feet-treatment-and-home-remedies/2/
Diakses pada 27 Mei 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3611628/
Diakses pada 27 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait