Jerawat disinyalir dapat diatasi dengan berbagai obat jerawat alami
Jerawat yang tiba-tiba muncul di wajah tentunya sangat menjengkelkan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menggunakan obat jerawat yang beredar di pasaran cukup menguras kantong, apalagi jika obat tersebut malah menyebabkan iritasi karena kandungannya tidak cocok dengan kulit Anda. Atas alasan inilah banyak orang lebih memilih menggunakan obat jerawat alami, yang bahannya bisa didapat di sekitar Anda dan cenderung lebih minim efek samping.

Meski demikian, banyak rekomendasi cara menyembuhkan jerawat secara alami yang beredar di dunia maya dan tidak semuanya terbukti secara ilmiah. Mana yang bisa dipercaya? Yang terpenting, obat alami jerawat seperti apa yang benar-benar efektif menyembuhkan masalah kulit ini?

Obat jerawat alami yang dapat Anda gunakan

Sebelum mencoba berbagai cara menghilangkan jerawat, termasuk menggunakan bahan-bahan alami ini, Anda sebaiknya mengenali penyebab jerawat agar penanganannya tepat. Penyebab jerawat sendiri bermacam-macam, misalnya pola makan, stres, ketidakseimbangan hormon (misalnya saat menstruasi atau hamil), hingga faktor genetik alias keturunan.

Proses terbentuknya jerawat terjadi ketika pori-pori Anda tersumbat oleh minyak (sebum) atau sel kulit mati. Penyumbatan ini dapat menyebabkan perkembangan bakteri bernama Propionibacterium acnes yang kemudian dilawan oleh sel darah putih sehingga mengakibatkan area tersebut meradang dan menimbulkan jerawat.

Oleh karena itu, perawatan untuk mengobati jerawat berkutat untuk mengatasi penyebab di atas hingga meredakan peradangan yang ditimbulkan. Jika Anda tidak ingin menggunakan obat yang dijual bebas di pasaran, berikut beberapa obat jerawat alami yang dapat Anda coba:

  • Air perasan lemon

Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C sehingga dipercaya sebagai obat alami jerawat. Caranya, celupkan kapas ke air perasan lemon dan aplikasikan langsung ke jerawat.

Anda juga dapat mencampur air lemon dengan bubuk kayu manis, lalu aplikasikan ke jerawat dan biarkan semalaman. Cuci area wajah yang dioleskan campuran air lemon dan kayu manis itu pada pagi harinya.

Kandungan pada lemon terbukti bermanfaat sebagai antiseptik, mengurangi kemerahan pada jerawat, dan membantu jerawat cepat kering.

  • Madu murni

Madu murni dapat menjadi obat alami jerawat karena kandungan antibiotik di dalamnya yang terbukti dapat mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Selain itu, madu dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan madu pun mudah,  yakni Anda cukup mengoleskan madu ke jerawat, biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

  • Es batu

Suhu dingin pada es batu dapat melancarkan peredaran darah di sekitar jerawat sekaligus menghilangkan debu dan minyak pada kulit. Namun, jangan aplikasikan langsung es batu ke kulit untuk mencegah iritasi.

Lapisi es batu dengan handuk atau kain tipis, tekan di area yang berjerawat, tahan 3-4 menit, dan ulangi proses tersebut hingga jerawat Anda mengempis.

  • Bawang putih

Bawang putih juga bersifat antivirus, antijamur, antiseptik, dan mengandung antioksidan yang dipercaya ampuh melawan kuman penyebab jerawat.

Caranya, cuci bawang hingga bersih, lalu iris bawah putih dan aplikasikan langsung getahnya pada jerawat. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

  • Baking soda

Baking soda dipercaya menjadi obat jerawat alami karena kemampuannya untuk menyerap minyak berlebih dan mengelupas kulit mati dari wajah Anda. Caranya, campurkan satu sendok teh baking soda dengan sedikit air hingga adonannya menjadi seperti pasta.

Kemudian, aplikasikan langsung pada jerawat dan biarkan selama beberapa menit hingga mengering lalu bilas dengan air. Bila perlu, ulangi langkah ini sebanyak dua kali sehari.

  • Timun

Timun memiliki efek menenangkan bagi kulit sehingga kerap digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Selain itu, timun juga kaya akan vitamin, seperti vitamin A, C, dan E yang bermanfaat bagi peremajaan kulit jika Anda rutin mengonsumsinya.

Selain itu, Anda juga dapat membuat masker timun hanya dengan menghancurkannya menggunakan blender. Oleskan masker ini pada wajah dan biarkan selalam 15 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat.

Bagaimana jika cara di atas tidak ampuh juga?

Obat alami jerawat tidak serta-merta menyembuhkan masalah kulit Anda tersebut. Namun, Anda harus bersabar dan memberi waktu sekitar 4-6 minggu untuk melihat hasilnya. 

Jika kondisi kulit Anda membaik, lanjutkan perawatan tersebut. Jika yang terjadi adalah sebaliknya, bahkan jerawat Anda makin parah, hentikan pemakaian dan segera periksakan diri ke dokter kulit.

Perlu diketahui bahwa beberapa orang meremehkan jerawat hanya sebagai luka kecil yang dapat sembuh dengan sendirinya, namun pada kenyataannya jerawat dapat menjadi pintu masuk bakteri ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, hindari kebiasaan buruk memencet jerawat, selalu cuci muka 2-3 kali sehari, dan konsultasikan ke dokter untuk keluhan jerawat Anda jika memang diperlukan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-acne-remedies
Diakses pada 13 November 2019

Medical Daily. https://www.medicaldaily.com/7-natural-skin-solutions-treat-pimples-quickly-and-effectively-401220
Diakses pada 13 November 2019

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/when-acne-wont-clear
Diakses pada 13 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed