10 Obat Herbal Asam Urat yang Dipercaya Ampuh, Sudahkah Anda Mencobanya?

Obat herbal asam urat memang jarang terdengar, namun ketahui dulu efektivitasnya.
Ternyata, jahe dan bunga dandelion bisa jadi obat herbal asam urat.

Obat herbal asam urat mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mencoba pengobatan alternatif. Beberapa rempah-rempah yang bisa ditemukan di sekitar tempat tinggal atau di swalayan ini, dipercaya menjadi obat herbal asam urat yang mampu meredakan gejala penyakit itu.

Beragam obat herbal asam urat, apakah terbukti secara medis?

Perlu diingat, efektivitas obat herbal asam urat perlu dikaji lebih lanjut. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda tetap harus meminta persetujuan dari dokter sebelum mengonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa obat herbal asam urat yang bisa dicoba:

1. Lemon rempah

Lemon rempah yang mengandung vitamin C itu ternyata bisa meredakan peradangan di dalam tubuh, dengan meningkatkan pembentukan kalsium karbonat.

Perasan jus lemon mengandung asam sitrat, zat organik yang bisa melarutkan kristal asam urat, sehingga nyeri sendi bisa ditangani. Minumlah satu gelas perasan lemon setiap hari untuk membantu mengobati asam urat.

2. Devil's claw (Harpagophytum procumbens)

Devil's claw adalah herbal yang terbukti efektif meredakan berbagai macam radang sendi, termasuk asam urat. Devil's claw dipercaya ampuh menurunkan kadar asam urat dalam darah. Bahkan, devil's claw juga direkomendasikan untuk penderia ostearthritis.

Obat herbal ini dapat dibeli dalam bentuk ekstrak, kapsul, atau bubuk.

3. Akar gobo (Arctium lappa)

Akar gobo seringkali dijadikan obat herbal asam urat karena dipercaya bisa membantu tubuh membuang asam urat lewat urine. Obat herbal ini juga diklaim bisa membersihkan racun dalam darah, dan mencegah peradangan dalam tubuh.

Akar gobo dapat dibeli dalam bentuk teh, akarnya saja, bubuk, atau minyaknya.

4. Buah ceri

Menurut sebuah beberapa waktu lalu, segala jenis buah ceri bisa menjadi obat herbal dari banyak penyakit. Pernyataan ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa buah ceri dapat mencegah serangan asam urat.

Dalam penelitian itu, pada responden mengonsumsi tiga porsi buah ceri yang dimakan dalam waktu dua hari untuk mendapatkan hasil optimal.

5. Kecambah Alfalfa

Kecambah Alfalfa dipercaya menjadi obat herbal asam urat karena bisa meningkatkan kadar pH dalam tubuh. Otomatis, kristal asam urat pun larut.

Kecambah Alfalfa dapat dikonsumsi sebagai salad atau topping tambahan dalam sandwich.

6. Jahe

Selain menjadi rempah-rempahan wajib di dapur, jahe bisa menjadi obat herbal asam urat, lho.
Sebuah riset membuktikan, jahe dalam bentuk krim bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan asam urat.

Studi lain menunjukkan, kadar asam urat dalam tubuh bisa berkurang karena jahe. Namun sayangnya, penelitian ini menggunakan hewan uji, dan belum melibatkan manusia sebagai subjek riset.

7. Teh jelatang

Teh jelatang (Urtica dioica) adalah obat herbal asam urat yang ternyata bisa membantu meredakan peradangan dan nyeri sendi.

Sejauh ini, penelitian menunjukkan bahwa teh jelatang bisa menjaga kesehatan ginjal. Namun lagi-lagi, yang menjadi subjek penelitian adalah kelinci sebagai hewan uji, bukan manusia.

Jika Anda ingin mencobanya, seduhlah teh jelatang di dalam air panas. Minumlah 3 cangkir teh jelatang dalam sehari.

8. Dandelion

Dandelion
Teh dandelion

Selama ini, dandelion dalam bentuk ekstrak, teh, atau suplemen dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan hati dan ginjal. Dandelion memang banyak manfaatnya!

Penelitian pada hewan uji membuktikan, dandelion dapat menurunkan kadar asam urat. Maka dari itu, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk menunjukkan efektivitas dandelion sebagai obat herbal asam urat pada manusia.

9. Biji milk thistle

Milk thistle (Silybum marianus) sering digunakan sebagai obat herbal untuk meningkatkan kesehatan hati.
Sebuah penelitian menunjukkan, biji milk thistle dapat menurunkan kadar asam urat. Riset beberapa waktu lalu memperlihatkan hasil serupa. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai keamanan dan dosis konsumsi biji milk thistle.

10. Kembang sepatu

Kembang sepatu
Teh kembang sepatu

Dikenal sebagai tanaman hias, ternyata kembang sepatu (Hibiscus) dipercaya menjadi obat herbal asam urat. Sebab berdasarkan penelitian, kembang sepatu bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, walau studi ini masih dilakukan pada hewan uji.

Catatan dari SehatQ:

Persetujuan dan pengawasan dokter sangat diperlukan saat Anda mengonsumsi obat herbal. Sebab, bisa saja ada efek samping yang muncul akibat mengonsumsi beberapa obat herbal asam urat di atas.

Untuk hasil yang optimal, mintalah rekomendasi obat-obatan yang telah terbukti ampuh mengobati asam urat, kepada dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/gout/home-remedies#bottom-line
Diakses pada 25 Februari 2020

Doctor NDTV. https://doctor.ndtv.com/living-healthy/5-herbs-which-can-help-in-dissolving-uric-acid-1903732
Diakses pada 25 Februari 2020

Artikel Terkait