Obat Hangover Adalah Tidur Cukup dan Sarapan, Efektifkah?

(0)
24 Oct 2020|Azelia Trifiana
Hangover atau mabuk adalah kondisi saat tubuh kelebihan alkoholHangover atau mabuk adalah kondisi ketika tubuh kelebihan alkohol
Seringkali ada adegan dalam drama Korea menunjukkan efek minum soju yang membuat seseorang mengalami hangover alias mabuk. Hangover adalah reaksi sistem imun ketika mengonsumsi terlalu banyak alkohol. Gejalanya bisa berupa sakit kepala, mual, sensitif terhadap cahaya, hingga diare.Obat mabuk atau cara meredakan hangover pada tiap individu berbeda-beda. Ada beberapa orang yang punya cara unik seperti menggosokkan lemon ke ketiak sebelum minum alkohol. Namun tentu saja, cara itu tidak terbukti secara ilmiah.

Obat hangover yang efektif

Efek minum soju atau alkohol berlebihan akan terasa pada pagi hari setelah hangover. Gejala yang paling umum adalah tubuh terasa lesu, sakit kepala, mual, sensitif terhadap cahaya dan suara, serta merasa sangat haus.Beberapa obat mabuk atau hangover yang berdasar ilmiah dan mudah dilakukan adalah:

1. Tidur cukup

Mengonsumsi alkohol terlalu banyak akan mengganggu siklus tidur seseorang, baik secara kuantitas maupun kualitas. Bagaikan lingkaran setan, kurang tidur justru membuat hangover menjadi kian buruk.Memastikan tidur cukup dapat menghilangkan sakit kepala serta lesu yang merupakan tanda hangover. Tak hanya itu, tidur di malam hari juga memberi waktu bagi tubuh untuk pulih lebih cepat.

2. Perhatikan asupan cairan

Alkohol termasuk jenis minuman diuretik yang meningkatkan produksi urine. Artinya, tubuh akan kehilangan cairan dan elektrolit lebih cepat dibandingkan dengan saat biasa. Selain itu, mengonsumsi alkohol berlebihan juga kerap membuat muntah sehingga rentan mengalami dehidrasi.Obat mabuk untuk kondisi ini adalah dengan banyak minum air. Idealnya, minumlah bergantian antara alkohol dan air putih. Kemudian, pastikan tubuh terhidrasi dengan banyak minum air agar gejala hangover mereda.

3. Sarapan sehat

Terbangun di pagi hari setelah hangover umumnya akan terasa tidak nyaman. Obat hangover yang tepat adalah dengan mengonsumsi sarapan sehat sehingga kadar gula darah terkendali. Semakin rendah kadar gula seseorang, dapat menyebabkan mual serta tubuh terasa lesu.Tak hanya itu, beberapa penelitian menemukan fakta bahwa mengendalikan kadar gula darah dapat mencegah penumpukan asam dalam darah akibat konsumsi alkohol. Pilih sarapan yang kaya vitamin dan mineral untuk mengimbangi dampak alkohol bagi tubuh.

4. Minum alkohol di pagi hari

Banyak yang menyebut obat mabuk dengan cara minum alkohol di pagi hari adalah sebuah mitos. Namun nyatanya, ada beberapa bukti ilmiah yang mendukung.Logikanya adalah ketika seseorang minum alkohol, methanol akan dikonversi menjadi formaldehyde, substansi beracun yang menyebabkan hangover. Meski demikian, minum ethanol atau alkohol saat mengalami hangover dapat menghentikan proses konversi ini serta mencegah terbentuknya formaldehyde. Namun perlu diingat bahwa metode ini bukan untuk dilakukan setiap kali mengalami hangover. Jika ini yang dilakukan, dikhawatirkan justru membangun kebiasaan yang tidak sehat serta kecanduan pada alkohol.

5. Konsumsi suplemen

Beberapa jenis suplemen yang pernah diteliti dapat menjadi obat mabuk di antaranya:
  • Ginseng merah dapat menurunkan kadar alkohol dalam darah
  • Ekstrak prickly pear meredakan hangover lebih cepat
  • Jahe dipadukan dengan gula aren dapat meredakan mual, muntah, dan diare akibat hangover
  • Ginseng Siberia meredakan keluhan saat hangover
Meski demikian perlu diingat bahwa studi terkait manfaat suplemen di atas terhadap hangover masih sangat terbatas. Masih perlu penelitian lebih jauh lagi untuk mengetahui efektivitasnya.

6. Pilah dan pilih alkohol

Bagi yang bermasalah dengan hangover, sebaiknya pilih minuman beralkohol yang mengandung congener rendah. Ini adalah produk turunan dari proses pembuatan alkohol.Menurut beberapa studi, mengonsumsi minuman tinggi congener akan membuat hangover semakin parah. Tak hanya itu, congener juga menghambat metabolisme alkohol sehingga keluhan terasa lebih lama.Minuman beralkohol yang rendah congener di antaranya vodka, gin, dan rum. Sementara minuman lain seperti tequila, whiskey, dan cognac mengandung congener cukup tinggi.

Di antara banyaknya ritual atau aktivitas yang disebut dapat meredakan hangover, sangat sedikit yang terbukti secara ilmiah. Beberapa cara di atas dapat dilakukan untuk meredakan hangover lebih cepat sekaligus meredakan gejala yang membuat tidak nyaman.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana minuman beralkohol dapat menyebabkan hangover serta cara mengatasinya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
alkoholhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/headache/hangover-headache
Diakses pada 8 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-hangover-cures
Diakses pada 8 Oktober 2020
PubMed. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20028364/
Diakses pada 8 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait