14 Jenis Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi


Obat flu untuk ibu menyusui guna meredakan gejala batuk pilek tidak boleh dikonsumsi sembarangan karena bisa berbahaya untuk bayi. Jika ragu dengan jenis obat yang ada di pasaran, langkah terbijak adalah dengan memeriksakan diri ke dokter.

0,0
28 Jul 2020|Azelia Trifiana
obat flu untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsiObat flu untuk ibu menyusui tidak boleh dikonsumsi sembarangan
Menjadi ibu menyusui berarti harus memperhitungkan matang-matang apapun yang masuk ke dalam tubuh. Termasuk ketika sedang pilek, obat flu untuk ibu menyusui harus dipilih yang benar-benar aman. Selain itu, beberapa penanganan di rumah tanpa harus konsumsi obat mungkin bisa membantu meredakan gejala flu.
Ini penting karena apa yang dikonsumsi ibu menyusui bisa berdampak pada produksi ASI. Jika memutuskan mengonsumsi obat flu untuk ibu menyusui yang ada di pasaran, pastikan kandungannya benar-benar aman untuk suplai ASI.

Penyebab mengapa ibu menyusui rentan terkena flu

Berada pada fase ibu baru membuat seorang perempuan harus beradaptasi dengan segala situasi serba baru. Mulai dari menyusui setiap dua jam sekali, waktu tidur berantakan, hingga melewatkan waktu makan.Belum lagi ketika sedang menyusui, ibu bisa jadi tak selektif seperti halnya saat sedang mengandung ketika berurusan dengan pola makan. Konsekuensinya, virus bisa jadi lebih mudah menginfeksi dan menyebabkan penyakit seperti flu.Ketika mengalami flu, segera konsultasikan dengan dokter. Obat flu untuk ibu menyusui yang direkomendasikan dokter nantinya akan bergantung pada berapa usia bayi dan seberapa parah flu yang dialami. Dokter akan meresepkan obat untuk mengatasi gejala yang paling efektif dikonsumsi dalam periode 48 jam setelah gejala pertama kali muncul.

Obat flu untuk ibu menyusui yang aman

Sebelum mengonsumsi obat flu untuk ibu menyusui, ada baiknya bertanya kepada dokter spesialis anak. Jangan tunda pula mengonsumsi obat karena bayi baru lahir berisiko mengalami komplikasi jika tertular virus influenza. Utamanya, pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan karena belum memungkinkan mendapat vaksinasi influenza.Ibu menyusui boleh mengonsumsi obat flu, setidaknya 2 minggu setelah persalinan. Beberapa jenis obat pilek untuk ibu menyusui yang aman dan direkomendasikan dokter adalah:
  • Oseltamivir
  • Zanamivir
  • Peramivir
  • Dextromethorpan
  • Dekongestan bentuk obat semprot hidung
  • Acetaminophen (paracetamol)
  • Doxylamine succinate
  • Ibuprofen
  • Dipehnhydramine
  • Chloropheniramine
  • Doxylamine
  • Guaifenesin
  • Ozymetazoine
  • Pseudoephedrine
Minum obat flu saat menyusui memang memiliki risiko kandungan obat dapat masuk ke dalam ASI, seperti Dextromethorpan. Obat flu ini dinyatakan aman untuk ibu menyusui, tapi akan ada sedikit kandungannya yang bisa masuk ke ASI. Meski begitu, jumlahnya sedikit sehingga tidak berpengaruh terhadap bayi.Sama halnya dengan kandungan Pseudoephedrine yang biasa dikonsumsi untuk mengatasi demam dan batuk pilek pada ibu menyusui. Kandungan obat bisa masuk ke ASI meski hanya sedikit. Jadi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya.Kandungan obat flu untuk ibu menyusui seperti acetaminophen (paracetamol) yang berfungsi  meredakan demam dan nyeri juga boleh dikonsumsi asal sesuai dengan dosis yang ditentukan.Jika ragu dengan jenis obat yang ada di pasaran, langkah terbijak adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Sampaikan bahwa sedang dalam fase menyusui, baik langsung maupun memerah ASI sehingga perlu lebih selektif memilih obat flu yang aman untuk ibu menyusui.

Obat flu alami untuk ibu menyusui

Obat-obatan berbahan kimia bukanlah satu-satunya cara untuk mengatasi flu saat menyusui. Anda bisa mengonsumsi obat flu tradisional untuk ibu menyusui yang telah lama dipercaya berkhasiat untuk meredakan gejala pilek dan batuk. Berikut tips mengobati flu saat menyusui dengan cara alami yang bisa dijadikan alternatif: 
  • Perbanyak konsumsi cairan, misalnya sup hangat, teh bebas kafein, jus, atau air dengan perasan lemon atau madu dapat menjadi obat flu ibu menyusui yang alami dan efektif
  • Konsumsi sup ayam untuk meredakan hidung tersumbat. Kehangatan dari sup, baik untuk membuat tenggorokan lebih nyaman.
  • Buat obat kumur sendiri dengan mencampurkan ¼-½ sdt garam dalam 240 ml air hangat.
  • Beristirahat lebih banyak dan kurangi aktivitas yang menguras tenaga demi meningkatkan imunitas tubuh.
  • Anda juga boleh mengonsumsi obat herbal dan suplemen vitamin C, zat besi, atau echinacea untuk memperpendek durasi flu. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumi obat-obatan dan suplemen untuk ibu menyusui.
  • Banyak minum air putih
  • Menghindari kontak langsung dengan orang dewasa yang sedang sakit
  • Menutup mulut saat batuk dan pilek
  • Jika menggunakan tisu, segera membuangnya setelah digunakan
  • Memberikan disinfektan pada permukaan benda yang kerap disentuh
  • Mendapatkan vaksinasi influenza
  • Konsumsi makanan yang bantu tingkatkan imunitas
Kondisi flu yang serius ditandai dengan gejala, seperti sulit bernapas, sakit telinga, batuk hebat, dan sakit di bagian wajah. Gejala-gejala ini dapat mengindikasikan penyakit-penyakit tertentu yang lebih parah, seperti:Dapatkan diagnosis akurat dari dokter untuk memastikan pengobatan yang efektif, dan Anda pun bisa kembali menyusui buah hati tanpa cemas.

Bolehkah tetap menyusui bayi saat flu dan mengonsumsi obat?

Tidak masalah jika busui yang sedang flu tetap menyusui bayinya. Justru, ketika sedang flu tubuh ibu menyusui akan membentuk antibodi yang bisa terserap ke bayi lewat ASI. Artinya, bayi yang menyusu langsung akan mendapatkan antibodi melawan flu sekaligus suplai nutrisi dari ASI.Lantas apakah saat sedang mengonsumsi obat, ibu menyusui tetap boleh memberikan ASInya? Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), umumnya hanya sekitar 1% dari dosis obat yang dikonsumsi ibu akan sampai ke bayi melalui ASI.Hanya terdapat sejumlah obat yang benar-benar dilarang untuk dikonsumsi selama menyusui. Ini karena Obat-obatan tersebut mempunyai efek buruk pada bayi atau produksi ASI. Untuk itu penting memilih obat flu ibu menyusui yang aman dan efektif.Meski diperbolehkan minum obat, Anda juga harus memperhatikan hal lain saat mengonsumsi obat seperti:
  • Konsumsi herbal dan jamu tidak dianjurkan.
  • Mengupayakan dahulu penanganan alami yang tidak menggunakan obat.
  • Jika harus konsumsi obat, pilih dosis minimal yang efektif.
  • Untuk sementara hentikan ASI jika ibu memerlukan obat-obatan yang mempunyai pengaruh tidak baik pada bayi.
Selain itu, tetap perhatikan cara aman menyusui seperti mengenakan masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah menyusui, termasuk saat memerah ASI. Ini penting untuk memastikan tidak ada penularan virus.

Catatan dari SehatQ

Berkonsultasi dengan dokter terkait obat flu untuk ibu menyusui adalah langkah yang paling tepat. Sampaikan pula dengan detil berapa usia bayi serta seberapa parah gejala flu yang dialami, sehingga dosis dan jenis obat yang direkomendasikan pun bisa tepat sasaran.
bayi & menyusuifluhidup sehat
Today’s parent. https://www.todaysparent.com/baby/breastfeeding/cold-medicine-while-breastfeeding/
Diakses pada 10 Juli 2020
CDC. https://www.cdc.gov/breastfeeding/breastfeeding-special-circumstances/maternal-or-infant-illnesses/influenza.html#:~:text=While%20data%20on%20the%20effect,high%20risk%20of%20flu%20complications.
Diakses pada 10 Juli 2020
Infant Risk. https://www.infantrisk.com/content/cold-and-flu-medications-while-breastfeeding
Diakses pada 10 Juli 2020
Kelly Mom. https://kellymom.com/bf/can-i-breastfeed/meds/cold-remedy/
Diakses pada 10 Juli 2020
IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/amankah-tetap-menyusui-saat-ibu-perlu-konsumsi-obat Diakses 23 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait