Mengenal Sulfonilurea, Golongan Obat untuk Mengatasi Diabetes Tipe 2


Terdapat beberapa obat diabetes yang kerap diresepkan dokter, salah satunya adalah golongan sulfonilurea. Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan insulin sehingga kadar gula darah terkendali.

0,0
obat diabetes golongan sulfonilureaObat diabetes golongan sulfonilurea membantu meningkatkan produksi insulin
Sulfonilurea adalah golongan obat yang digunakan untuk mengatasi diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 sendiri terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan hormon insulin dengan benar sehingga terjadi peningkatan kadar gula dalam darah. Golongan obat ini sering kali menjadi salah satu dari rencana perawatan pasien diabetes tipe 2.  Simak penjelasan lengkap tentang mekanisme kerja obat golongan sulfonilurea, beserta contoh obat dan kemungkinan efek sampingnya berikut ini. 

Bagaimana mekanisme kerja sulfonilurea?

Peningkatan kadar gula dalam darah pada pasien diabetes tipe 2 terjadi akibat tubuh tidak dapat menggunakan hormon insulin dengan baik atau produksi insulin berkurang. Hormon insulin adalah hormon yang dihasilkan pankreas. Fungsinya, untuk mengontrol gula dalam darah. Hormon insulin bertugas membantu gula untuk diubah menjadi energi.Saat tubuh tidak mampu merespons insulin (resistensi insulin) atau produksinya kurang, gula pun tidak dapat diubah. Kadarnya menjadi tinggi dalam darah.Di sinilah peran sulfomilurea. Cara kerja obat golongan sulfonilurea adalah dengan meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas. Dengan demikian, kadar gula dalam darah bisa dikendalikan.Namun, perlu diingat bahwa obat golongan ini hanyalah salah satu pengobatan diabetes tipe 2Agar hasilnya maksimal, orang diabetes harus menjalani pola makan sehat dan olahraga teratur. Dengan begitu, gula darah dapat terkontrol dan mengurangi risiko komplikasi diabetes

Apa saja contoh obat sulfonilurea?

Obat golongan sulfonilurea adalah obat oral (diminum). Terdapat beberapa obat diabetes yang masuk ke dalam golongan sulfonilurea, yaitu:

Adakah efek samping obat ini?

Merangkum Indian Journal of Endocrinology and Metabolism, obat golongan sulfonilurea cenderung minim efek samping dan aman, bahkan jika dikombinasikan dengan obat lain.Obat ini juga sering dikonsumsi bersama dengan obat lain, metforminMeski demikian, seperti juga berbagai obat lainnya, ada kemungkinan efek samping obat sulfonilurea yang mungkin terjadi, antara lain;
  • Gula darah rendah (hipoglikemia), seperti pusing, berkeringat, kebingungan, dan gugup
  • Lapar
  • Peningkatan berat badan
  • Reaksi pada kulit
  • Sakit perut
  • Urine berwarna gelap

Perhatikan hal berikut sebelum mengonsumsi sulfonilurea

Konsultasi dengan dokter merupakan cara tepat dan aman sebelum mengonsumsi obat golongan sulfonilurea. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang mungkin butuh perhatian ekstra, seperti:
  • Sulfonilurea tidak boleh diminum oleh penderita diabetes tipe 1 dan ketoasidosis diabetes
  • Penyesuaian dosis pada penderita gangguan hati dan ginjal
  • Beberapa jenis sulfonilurea dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari
  • Beberapa jenis obat ini dapat meningkatkan risiko masalah pada jantung
  • Hindari mengonsumsi alkohol karena dapat meningkatkan efek samping yang mungkin  muncul
Seperti obat gula darah lainnya, obat golongan ini bisa membuat gula darah anjlok atau bahkan tak ada perubahan sehingga terus tinggi. Itu sebabnya, Anda perlu konsultasi dengan dokter untuk dosis yang tepat.Pengobatan ini juga memerlukan penyesuaian dosis dan pemantauan berkala.Informasikan seluruh kondisi kesehatan Anda pada dokter sebelum mengonsumsi obat golongan sulfonilurea. Begitu juga dengan obat-obatan lain yang sedang Anda minum.Mengonsumsi dua obat secara bersamaan dapat menyebabkan interaksi obat. Informasikan pula kepada dokter jika Anda sedang hamil dan menyusui. Dokter mungkin akan melakukan penyesuaian dosis atau mengganti obat. Akan tetapi, Anda tidak boleh menghentikan pengobatan tanpa berdiskusi dengan dokter.Anda juga bisa berkonsultasi seputar cara mengatasi diabetes lainnya secara online menggunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
diabetesprediabetesdiabetes melitus tipe 2obat antidiabetes
Indian Journal of Endocrinology and Metabolism. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29535952/
Diakses pada 2 Agustus 2021
Diabetes UK. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/managing-your-diabetes/treating-your-diabetes/tablets-and-medication/sulphonylureas
Diakses pada 2 Agustus 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/sulfonylureas/guide/
Diakses pada 2 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait