logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

12 Obat Biduran Alami yang Aman dan Ampuh

open-summary

Obat biduran alami bisa menggunakan perawatan sederhana dan bahan-bahan yang sering Anda temukan di rumah. Apa saja?


close-summary

16 Agt 2022

| Yanita Nur Indah Sari

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

obat biduran alami

Hindari pemicu biduran untuk mencegahnya kambuh

Table of Content

  • Obat biduran alami paling ampuh
  • Perawatan biduran di rumah
  • Kapan harus ke dokter?

Biduran, disebut juga urtikaria, adalah kondisi ruam atau bentol merah berukuran besar dan banyak yang disertai rasa gatal. Kondisi ini bisa muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas. Sebelum buru-buru ke dokter, ada beberapa obat biduran alami yang bisa Anda coba di rumah. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Advertisement

Obat biduran alami paling ampuh

Pada umumnya, biduran bisa hilang dengan sendirinya. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba obat alami biduran untuk mengurangi atau mengatasi gejalanya. 

Cara alami mengobati biduran bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan alami atau bahan yang mungkin sering Anda temukan di rumah, antara lain:

1. Lidah buaya 

Lidah buaya memiliki sifat anti-peradangan, antimikroba, antivirus, dan antioksidan sehingga memiliki efek penyembuhan pada kulit dan berpotensi menjadi obat biduran alami. 

Sifat anti-peradangan dalam lidah buaya sendiri berasal dari kandungan vitamin A, B12, C, dan E, kalsium, magnesium, zinc, dan asam lemak esensial. Selain itu, efek ini juga dipercaya berasal dari enzim, karbohidrat, dan sterol yang dikandung lidah buaya.

Gel bening dari lidah buaya (aloe vera) dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang gatal dan iritasi pada kondisi biduran. Anda dianjurkan menggunakan lidah buaya segar agar efektivitas manfaatnya tetap terjaga. 

2. Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi obat untuk biduran. Oatmeal mengandung zat antiinflamasi, yaitu minyak linoleat, asam oleat, dan avenanthramide, serta sifat antioksidan yang dapat membantu meredakan kulit gatal, kering, dan kasar. 

Oatmeal dalam bentuk koloid, yakni oatmeal giling halus yang dilarutkan dengan cairan, gel, atau krim, terbukti dapat mengurangi intensitas gatal sekaligus melembutkan kulit yang meradang. 

3. Minyak kelapa

Obat biduran tradisional selanjutnya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki sifat antiseptik, anti-peradangan, antibakteri, dan antivirus. Sifat inilah yang membuat minyak kelapa memiliki efek penyembuhan dan bisa mengatasi gejala biduran. 

Minyak kelapa juga dapat melembapkan dan menghidrasi kulit. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke area tubuh yang gatal, bersisik, atau kering. 

4. Cuka apel 

Sering digunakan untuk masak atau bahan masker kecantikan, cuka sari apel juga bisa menjadi obat biduran alami yang mungkin ada di dapur Anda. Ini berasal dari sifat antimikroba di dalam cuka apel. 

Anda bisa mengoleskan cuka apel langsung ke area kulit yang gatal. 

5. Baking soda

Siapa sangka, salah satu komponen pembuat kue ini bisa menjadi obat biduran alami. Bahan ini bahkan sudah sejak lama digunakan untuk meredakan kulit yang gatal dan ruam.

Baking soda atau soda kue bisa menenangkan dan menyeimbangkan pH sehingga memberi efek penyembuhan pada kondisi biduran. 

Anda bisa membuat pasta soda kue dengan campuran air, lalu oleskan ke area yang gatal atau biduran. 

BACA JUGA: Hindari Makanan Pantangan Biduran Ini agar Gatal Cepat Reda

Perawatan biduran di rumah

Selain menggunakan bahan-bahan alami, cara mengatasi biduran secara alami juga bisa Anda lakukan dengan menerapkan metode sederhana di rumah, antara lain:

1. Menghindari pemicu

Biduran bisa muncul tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas. Jika ini sering terjadi pada Anda, cobalah untuk mengenali pemicunya. Dengan mengenali pemicunya, Anda bisa dengan mudah menghindari dan mencegah biduran datang kembali. 

Anda bisa mulai mengingat atau mencatat kapan, di mana, atau saat apa biasanya biduran muncul. Pemicu ini mungkin bisa berbeda pada tiap individu. 

Dikutip dari World Allergy Organization Journal, beberapa hal yang bisa memicu respons kekebalan yang menyebabkan gatal antara lain makanan, obat-obatan, serbuk sari, gigitan serangga, bahan lateks, kondisi panas, dingin, perubahan tekanan udara, sinar matahari, olahraga, dan getaran. 

2. Kompres basah dan dingin 

Obat alami biduran yang paling sederhana adalah menggunakan kompres basah dan dingin. Anda bisa merendam kain atau waslap ke dalam semangkuk air es dan mengompreskannya ke kulit yang gatal atau kemerahan. 

3. Rutin mandi 

Selain kompres, mandi air dingin juga bisa membantu mengurangi gejala biduran. Anda juga dianjurkan mandi secara teratur atau saat cuaca panas dan setelah berolahraga untuk menjaga tubuh tetap sejuk. Dengan begitu, Anda dapat mencegah sekaligus mengurangi gejala yang muncul. 

4. Gunakan AC saat kondisi panas

Kondisi panas bisa menjadi salah satu pemicu biduran muncul. Cobalah menjaga suhu tubuh dan ruangan tetap sejuk dengan menggunakan AC, terutama saat cuaca panas. 

5. Gunakan pakaian berbahan lembut dan longgar 

Cara sederhana untuk mengatasi sekaligus mencegah biduran adalah dengan menggunakan pakaian berbahan lembut dan longgar. Pilihlah pakaian atau kain yang terbuat dari bahan katun atau sintetis halus dan ringan, seperti rayon. 

Hindari menggunakan kain bertekstur seperti wol, linen, atau denim. Bahan-bahan ini bisa mengiritasi kulit dan membuat gejala biduran memburuk. 

Selain itu, Anda juga dianjurkan menggunakan pakaian yang longgar. Pakaian longgar memungkinkan aliran udara lebih baik dan mengurangi gesekan pada kulit. 

6. Jangan menggaruk 

Biduran memang terasa sangat gatal. Anda mungkin tergoda untuk menggaruk atau tanpa sadar menggaruknya. Meski begitu, hindari menggaruk biduran pada kulit. Menggaruk kulit hanya akan memperburuk kondisi gatal-gatal dan biduran yang Anda alami. 

7. Terapi pikiran dan tubuh

Stres bisa menjadi salah satu penyebab urtikaria. Untuk itu, terapi pikiran dan tubuh bisa membantu Anda tetap rileks, serta terhindar dari stres dan cemas. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menenangkan pikiran antara lain:

  • Meditasi
  • Latihan pernapasan dalam 
  • Teknik relaksasi  

BACA JUGA: Penyebab Biduran di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Kapan harus ke dokter?

Jika dengan menggunakan obat alami gejala biduran tak kunjung sembuh atau semakin parah, Anda bisa menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan obat-obatan medis. 

Beberapa orang mungkin memerlukan obat-obatan, seperti antihistamin, antiinflamasi, kortikosteroid, atau antibodi monoklonal. Biasanya, dokter akan meresepkan obat sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. 

Segera hubungi dokter jika biduran yang Anda alami disertai dengan kondisi berikut ini:

  • Tak kunjung sembuh dalam beberapa hari atau minggu 
  • Gejala semakin parah 
  • Sesak napas
  • Detak jantung cepat
  • Muntah
  • Bengkak di wajah, lidah, atau tenggorokan

Itulah beberapa obat biduran alami dengan perawatan sederhana dan bahan-bahan yang mungkin sering Anda temukan di rumah. 

Meski ampuh dan beberapa telah terbukti ilmiah, penggunaan bahan-bahan alami tetap memiliki risiko efek samping. Belum lagi, reaksi individu terhadap bahan-bahan tertentu bisa berbeda. Hentikan pemakaian jika gejala semakin parah dan segera hubungi dokter. 

Anda juga bisa berkonsultasi melalui fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!

Advertisement

urtikariabiduran

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved