9 Obat Biang Keringat Alami yang Ampuh Usir Ruam di Kulit

Obat biang keringat alami ada berbagai macam, salah satunya lidah buaya.
Obat biang keringat alami tidak bisa jadi pengobatan utama.

Obat biang keringat alami sangatlah beragam, mulai dari lidah buaya hingga soda kue. Meski demikian, obat biang keringat ini tidak disarankan sebagai pengganti dari terapi dokter. Obat resep dari dokter tetap diperlukan untuk hasil yang maksimal.

Obat biang keringat alami

Biang keringat memang dapat muncul di bagian kulit mana saja, tapi paling sering menyerang lipatan kulit seperti area leher, dekat pangkal paha, hingga di bawah lengan.

Biang keringat muncul ketika pori-pori keringat, tertutup oleh keringat yang berlebihan. Itulah sebabnya, masyarakat yang tinggal di tempat panas dan lembap, lebih cenderung terserang biang keringat.

Maka dari itu, cobalah beberapa obat biang keringat alami yang dianggap ampuh dan aman digunakan ini.

1. Garam epsom

Garam epsom atau magnesium sulfat adalah obat biang keringat alami yang pertama. Garam epsom memang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya menghilangkan biang keringat membandel di kulit.

Biasanya, garam epsom dicampurkan ke dalam bak mandi berisikan air. Setelah itu, penderita biang keringat tinggal berendam di dalamnya.

Namun, pastikan Anda atau siapapun yang berendam di dalam bak mandi berisikan garam epsom, tidak meminumnya. Dengan demikian, efek samping seperti diare tidak muncul.

2. Daun mimba

Neem atau daun mimba juga dipercaya sebagai obat biang keringat alami. Daun mimba merupakan obat herbal yang digunakan untuk berbagai macam kondisi medis.

Ternyata, daun mimba bisa mengobati ruam kulit yang diakibatkan biang keringat, lho. Beberapa studi membuktikan kalau daun mimba memiliki efek antimikroba dan antiperadangan. Namun sayangnya penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Campurkan bubuk daun mimba dengan air, kemudian oleskan saja ke bagian biang keringat di tubuh Anda.

3. Bedak talk tanpa aroma

Bedak talk tanpa pewangi juga bisa menjadi obat biang keringat alami. Sebab, bedak talk dipercaya bisa mengurangi keringat dengan menyerapnya. Hal ini menyebabkan pori-pori di kulit tidak terhalang.

Ingat, ya, jangan gunakan bedak talk yang memiliki wangi-wangian. Sebab, pewangi bisa mengiritasi kulit Anda.

4. Lidah buaya

Lidah buaya
Lidah buaya sebagai obat biang keringat alami

Lidah buaya menjadi obat herbal yang telah digunakan selama ribuan tahun lamanya. Namun, aloe vera paling populer dalam menyembuhkan kondisi kulit.

Lidah buaya menjadi obat alami untuk banyak penyakit kulit. Biang keringat pun menjadi salah satunya. Sebab, lidah buaya dipercaya memiliki zat antiperadangan dan antiseptik yang bisa mencegah kulit dari infeksi.

Bagi Anda yang mengalami rasa nyeri akibat biang keringat, oleskan lidah buaya di bagian kulit yang terdampak. Lidah buaya dipercaya bisa meredakan rasa nyeri akibat biang keringat itu.

5. Soda kue

Soda kue
Soda kue sebagai obat biang keringat alami

Soda kue dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk menjadi obat biang keringat alami.

Biasanya, biang keringat akan menimbulkan rasa gatal di bagian kulit yang terdampak. Soda kue dianggap bisa meredakan rasa gatal itu.

Tuangkan saja 3-5 sendok soda kue ke dalam bak mandi, kemudian berendamlah di dalamnya selama 20 menit.

6. Cendana

Cendana adalah pohon penghasil minyak atau bubuk cendana. Biasanya, cendana dijadikan sebagai bahan alami minyak wangi atau aromaterapi.

Ternyata, cendana juga dipercaya sebagai obat biang keringat alami karena bersifat antiperadangan dan analgesik (obat pereda nyeri). Karena itulah cendana dianggap mampu meredakan rasa nyeri akibat biang keringat.

Campurkan bubuk cendana dengan sedikit air, kemudian oleskan di bagian biang keringat.

7. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya menjadi makanan yang lezat, tapi juga obat biang keringat alami. Sebab, oatmeal dipercaya sangat efektif dalam meredakan gatal dan peradangan pada kulit.

Tuangkan 1-2 cangkir oatmeal ke dalam bak mandi dan berendamlah selama 20 menit. Pastikan air tidak bersuhu panas, untuk mencegah iritasi kulit.

Anda juga bisa mencampurkan oatmeal dengan sedikit air, kemudian mengoleskannya pada biang keringat.

8. Kompres dingin

Kompres dingin sangatlah efektif dalam meredakan kulit yang teriritasi. Bahkan, kompres dingin juga dianggap bisa meredakan nyeri dan iritasi yang diakibatkan biang keringat. Taruhlah kompres dingin di bagian biang keringat, dan tunggulah hasilnya.

9. Mandi air dingin

Saat kulit sudah terasa sejuk, biang keringat biasanya akan mulai mereda. Itulah sebabnya, mandi dengan air dingin bisa menjadi obat biang keringat alami yang patut Anda coba.

Sebab, mandi air dingin bisa menghilangkan penyumbatan pori-pori, sehingga biang keringat dapat dicegah.
Namun, pastikan Anda mengeringkan kulit dengan benar setelah mandi. Sebab, kulit bisa teriritasi kalau tidak dikeringkan secara menyeluruh.

Catatan dari SehatQ:

Ingatlah, obat biang keringat alami di atas tidak bisa dijadikan pengobatan utama. Obat-obatan resep medis dari dokter tetap diperlukan untuk hasil penyembuhan yang optimal.

Healthline. https://www.healthline.com/health/heat-rash-home-remedies#overview
Diakses pada 30 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325048
Diakses pada 30 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318591
Diakses pada 30 April 2020

Artikel Terkait